11 Negara Paling Aman di Dunia

Negara Paling Aman di Dunia adalah Turki dengan indeks kekerasan terendah dibawah Erdogan. Sementara Indonesia menempati urutan ke-46, jauh lebih baik dibanding tahun lalu.

Apakah Anda tahu ada 11 Negara Paling Aman di Dunia ? Membahas mengenai negara yang aman tentu merupakan hal yang menyenangkan. Negara yang aman adalah idaman semua orang di dunia. Saat ini kasus terorisme memang semakin merajalela, peperangan antar negara juga terjadi di beberapa belahan dunia. Contohnya saja seperti negara Palestina yang diserang oleh Israel, peperangan terjadi hingga merenggut jutaan jiwa. Saat ini, negara yang dianggap sebagai negara paling tidak aman di dunia adalah Suriah. Negara ini terus diserang dan terdapat banyak korban jiwa akibat penyerangan tersebut.

Melihat peperangan yang terjadi antara satu negara dengan negara yang lain tentu bukan hal yang dianggap sepele. Bayangkan jika Anda adalah salah satu warga dari negara tersebut, tentu keselamatan jiwa Anda sangatlah terancam. Peperangan yang terjadi memang membuat banyak orang khawatir dan juga takut jikalau dirinya akan menjadi salah satu korbannya. Indonesia sendiri memang tidak sedang berperang melawan negara lain, namun ada banyak kejahatan yang terjadi. Mulai dari pemerkosaan, pembegalan, pembunuhan dan kejahatan lain sebagainya. Dengan kata lain, Indonesia adalah salah satu negara yang kurang aman.

11 Negara Paling Aman di Dunia Tahun Ini

Betapa menyenangkan bagi warga yang hidup di negara paling aman di dunia, rasa khawatir dan takut akan kejahatan tentu tidak begitu dirasakan. Berikut ini akan disampaikan beberapa negara yang paling aman di dunia menurut IEP (Institute for Economics and Peace). IEP sendiri merupakan organisasi yang setiap tahunnya menilai negara-negara perihal keamanan dan juga kondisi ekonominya. Langsung saja, berikut adalah 11 Negara Paling Aman di Dunia tahun ini menurut IEP:

11. Norway

Walaupun pernah terjadi kasus pengeboman di tahun 2011, tidak menjadikan negara ini sebagai negara yang berbahaya. Bahkan saat ini Norway menempati urutan ke-11 sebagai negara yang paling aman di dunia.

10. Australia

Australia termasuk Negara aman di dunia dan menempati urutan ke-10. Negara ini tidak hanya aman tetapi juga makmur dan didukung dengan sumber daya alam yang cukup memadai.

9. Jepang

Jepang juga termasuk salah satu negara yang teraman di dunia, menempati urutan ke-9. Jepang memang negara yang sangat rentan terhadap bencana alam seperti gempa bumi. Namun karena kondisi tersebut Jepang mampu menciptakan pencegahan yang sangat baik. Untuk kasus kejahatan sendiri, Jepang termasuk negara dengan kasus-kasus kejahatan yang cukup rendah.

8. Kanada

Kanada menempati urutan ke-8 sebagai negara paling aman di dunia menurut IEP. Negara ini 1 tingkat lebih baik dibandingkan Jepang berdasarkan tingkat keamanannya.

7. Finlandia

Walaupun Finlandia sedikit lambat dalam melaksanakan sistem industrinya, namun negara ini menjaga negara yang berjaya. Bahkan Finlandia termasuk negara dengan pendapatan tertinggi di dunia. Negara ini lebih memfokuskan pada prestasi negara, seperti pendidikan, kebebasan awam, daya saing ekonomi dan kualitas hidup. Yang lebih penting, Finlandia termasuk negara paling aman di dunia dan menempati urutan ke-7.

6. Swiss

Menurut IEP, Swiss termasuk negara yang teraman di dunia dan menempati urutan ke-6. Swiss dianggap sebagai negara yang memelihara sistem pemerintahan dan juga budayanya. Swiss merupakan negara yang memiliki markah tertinggi dalam hal kestabilan politik. Selain itu Swiss juga memiliki catatan rendah mengenai kasus-kasus kejahatan.

5. Selandia Baru

Negara ini terletak di Barat Daya Lautan Pasifik, memang cukup terpencil namun ternyata menjadi negara yang paling aman di dunia. Selandia Baru menjadi negara yang teraman di dunia menempati urutan ke-5.

4. Austria

Setelah merdeka pada tahun 1955, Austria semakin berkembang dan menjadi negara yang maju secara keseluruhan. Bahkan Austria disebut-sebut sebagai negara paling kaya di dunia, menempati urutan ke-13. Berkat kejayaannya tersebut, tidak heran jika Austria termasuk 4 besar negara paling aman di dunia.

3. Denmark

Denmark dinobatkan sebagai negara yang paling aman di dunia urutan ke-3. Negara ini sangat aman dan nyaman untuk didiami, warganya tidak suka melakukan kejahatan atau kekerasan. Warga Denmark lebih suka melakukan hal-hal dalam bidang ekonomi.

2. Islandia

Negara ini menempati urutan kedua sebagai negara paling aman di dunia. Warga-warganya berusaha untuk menjauhkan diri dari berbagai konflik dunia.

1. Turki

Turki Negara Paling aman di dunia urutan pertama. Turki bisa dikatakan sebagai Negara yang super aman di dunia ini. Kenapa?? Ini disebabkan hukumnya yang digunakannya berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits dibawah pimpinan Erdogan.

Itulah 11 negara yang dinobatkan sebagai negara-negara yang teraman di dunia. Indonesia sendiri memang tidak masuk 10 besar negara teraman di dunia, namun masuk dalam 50 besar. Di mana Indonesia menempati peringkat ke-46 dan ternyata lebih baik dibandingkan Amerika Serikat. Amerika Serikat sendiri menempati urutan peringkat ke-94, jauh lebih buruk dibandingkan Indonesia. Hal ini tentu sangat dipengaruhi oleh budaya dan juga kebiasaan dari negara-negara tersebut. Jika Anda ingin berkunjung ke negara yang aman, kunjungilah 10 negara teraman di dunia tersebut.

Islandia Sebagai Negara Kedua Paling Aman di Dunia

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, negara yang teraman di dunia adalah Islandia. Negara ini menempati posisi peringkat kedua sebagai negara yang teraman di dunia menurut IEP. Sementara Suriah merupakan negara yang paling tidak aman di dunia karena perang saudara yang terjadi. Beberapa tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2008 Suriah merupakan salah satu dari 88 negara teraman di dunia. Namun sejak perang saudara yang terjadi mulai tahun 2011 silam hingga sekarang, Suriah menempati posisi tertinggi mengenai aksi kekerasan. Suriah saat ini disebut-sebut sebagai negara yang jauh dari perdamaian.

Indonesia sendiri memiliki kemajuan yang cukup bagus dalam hal ini. Di mana tahun lalu Indonesia menempati urutan ke-54 dan tahun ini Indonesia menempati urutan ke-46. Indonesia bahkan menempati urutan ke-10 di tingkat Asia. Berkat kemajuannya tersebut, Indonesia disebut sebagai negara dengan kemajuan terpesat dalam kawasan Asia. Lalu apa yang menyebabkan Islandia menjadi negara paling aman di dunia? Negara ini memang sangat aman, bahkan polisi di negara ini tidak sering bengong karena tidak bertugas. Hal tersebut dapat dianggap lucu tapi pada kenyataannya adalah sebuah kebanggaan.

Islandia dapat menjadi negara yang teraman karena warga-warganya yang tidak suka melakukan kekerasan. Di Islandia, warganya tidak memandang hak orang lain berdasarkan jenis kelamin ataupun agama. Selain itu, kesenjangan sosial di negara ini sangatlah rendah sehingga tercipta rasa yang lebih nyaman. Banyak orang yang kaya raya tinggal di lingkungan yang didominasi oleh orang-orang dengan ekonomi menengah. Hal ini tentu mencerminkan perdamaian yang sangat didambakan oleh banyak orang. Jika Anda ingin merasakan negara yang aman, indah, nyaman dan juga tenteram maka Islandia adalah jawabannya.

Warga Islandia bukan berarti tidak melakukan beberapa bentrokan antar sesama warganya. Beberapa kali bentrokan tetap dilakukan antar beberapa warganya, namun tidak sampai membahayakan. Biasanya bentrokan terjadi akibat kebencian terhadap golongan tertentu, namun pada dasarnya tidak begitu membahayakan. Bentrokan banyak terjadi di media-media sosial, hal ini dianggap sebagai hal yang wajar. Bagaimanapun Islandia merupakan negara yang paling aman di dunia dengan indeks kekerasan yang sangat rendah. Sebagai warga Indonesia, tentu kita sangat berharap Indonesia dapat menempati urutan yang lebih baik lagi sebagai negara paling aman di dunia.

tags: , , , ,