12 Puncak Gunung Tertinggi di Dunia

424

Ini Dia 12 Puncak Gunung Tertinggi di Dunia yang eksotis dan menakjubkan. Gunung merupakan bagian paling menonjol di antara area sekitarnya, termasuk tempat paling eksotis untuk didaki.

Apa saja Gunung tertinggi di dunia? Sebelum kita membahasnya, kita bahas terlebih dulu pengertian tentang gunung. Gunung merupakan bentuk tanah paling menonjol di antara area sekitarnya. Namun umumnya memerlukan ketinggian hingga 2000 kaki atau 610 meter, agar dapat dikatakan gunung. Ada banyak sekali hamparan gunung yang ada di seluruh dunia, namun yang paling unik adalah ada beberapa jenis gunung tertinggi bahkan sampai disebut sebagai atapnya dunia. Hal ini disebabkan bisa mengundang banyak para travelers sekaligus pendaki hingga di seluruh dunia yang berlomba agar bisa mendaki serta mendapatkan gelar sebagai penakluk puncak gunung tertinggi yang ada di dunia.

12 Puncak Gunung Tertinggi di Dunia

Di antara gunung-gunung lainnya yang ada di dunia, daftar gunung tertinggi di dunia ini memiliki ketinggian paling dalam diukur berdasarkan permukaan laut. Adapun ulasan gunung tertinggi di seluruh dunia ini diantaranya:

1. Gunung Everest

Gunung Everest

Gunung tertinggi di dunia yang pertama adalah Gunung Everest atau Mount Everest. Gunung ini memiliki ketinggian hingga 8.848 meter, termasuk puncak dari gunung tertinggi di bumi. Mount Everest terletak di area perbatasan Tiongkok dan Nepal. Gunung Everest termasuk juga sebagai salah satu dari puncak tertinggi yang ada di area pegunungan Himalaya. Semenjak dulu, puncak gunung yang satu ini memang selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki yang ada di seluruh penjuru dunia. Tak terhitung lagi berapa jumlah pendaki di dunia yang kian mencoba mendaki Mount Everest ini. Di akhir bulan Mei tepatnya tahun 1953, ada 2 pendaki yang berhasil menapaki puncak tertinggi di dunia ini, yakni Edmund Percival Hillary yang berasal di Selandia Baru, dan Sherpa Tenzing Norgay yang berasal di Nepal.

2. Gunung K2 atau Chogori

Gunung K2 atau Chogori

Chogori atau Gunung K2 merupakan gunung tertinggi di urutan ke 2 yang ada di dunia. Bahkan gunung yang satu ini dijuluki juga sebagai pegunungan yang kejam sebab sulitnya medan untuk didaki jika dibandingkan Gunung Everest sebab cuaca di area sekitar gunung ini memang tergolong buruk. Hingga akhirnya di tahun 2004 sendiri, sebanyak 246 orang akhirnya berhasil hingga mendaki sampai puncak gunung. Sedangkan 56 orang lainnya meninggal ketika mendaki Gunung K2 atau Chogori ini. Gunung tertinggi yang ada di dunia ini mempunyai ketinggian hingga 8.611 mdpl yang berada di lokasi perbatasan Pakistan dan China (Tibet).

3. Gunung Kangchenjunga

Gunung Kangchenjunga

Gunung tertinggi di dunia ketiga adalah Gunung Kangchenjunga yang terletak antara perbatasan Nepal dan India. Gunung ini pun termasuk gunung tertinggi di urutan ke 2 yang ada di Nepal. Gunung Kangchenjunga memiliki arti yaitu ‘Lima harta Karun Salju”, sebab memiliki 5 puncak, yang mana 4 di antaranya bisa mencapai sekitar 8.450 meter lebih. Adapun harta karun tersebut melambangkan sebanyak 5 benda kepemilikan dari dewa, di antaranya kitab suci, emas, permata, perak dan biji-bijian. Kangchenjunga biasanya disebut juga Sewalungma jika menurut bahasa Limbu lalu disucikan pada tradisi agama yang dinamakan Kirant.

Adapun 3 di antara 5 puncak gunung ini, yakni bagian selatan, tengah dan utama membatasi area Sikkim Utara di distrik Sikkim, yakni India juga Distrik Taplejung yang ada di Nepal. Sementara 2 lainnya terletak di Distrik Taplejung. Tak hanya itu saja, kawasan di sini pun dijadikan sebagai Kangchenjunga Cinservation Area Project menurut World Wildlife Fund sebab melindungi tanaman khas dari Nepal, burung dan Panda Merah. Di bagian India pun mempunyai wilayah yang telah di lindungi oleh Taman Nasional di Khangchendzonga.

4. Gunung Lhotse

Gunung Lhotse

Gunung Lhotse termasuk salah satu gunung tertinggi yang ada di dunia yang berlokasi antara Nepal dan Tibet China. Gunung ini mempunyai ketinggian hingga mencapai 27.940 kaki. Selain sebagai gunung keempat terbesar yang ada di dunia serta termasuk ke dalam salah satu dari puncak tertinggi membentuk kelompok di antara Gunung Everest.

5. Gunung Makalu

Gunung Makalu

Gunung tertinggi di dunia berikutnya adalah gunung Makalu yang memiliki ketinggian hingga 8.463 mdpl yang terletak di Nepal dan China Tibet. Makalu termasuk gunung tertinggi yang mempunyai bentuk unik, yakni seperti piramida berbentuk 4 sisi dan berlokasi hanya sekitar 19 km saja dari tenggara puncak tertinggi Gunung Everest.

6. Gunung Cho Oyu

Gunung Cho Oyu

Cho Oyu termasuk salah satu gunung tertinggi yang ada di dunia, di mana lokasinya sendiri bisa dibilang tidak begitu jauh di bagian barat Mount Everest dan juga Lotse, di area Khumbu. Termasuk Nepal bagian timur serta sepanjang perbatasan di Tibet, China. Adapun puncaknya sendiri tepat berdiri bersamaan Mount Everest beserta gunung-gunung yang ada di sekitarnya. Hal tersebut tentunya sebagai Landmark yang begitu populer di antara para pendaki di Mount Everest di sebelah utara. Di bagian barat kawasan gunung Cho Oyu sendiri ada Nagpa La, termasuk glacier yang memiliki ketinggian hingga 19.000 kaki. Lokasi ini pun termasuk rute perdagangan dalam hal barter di antara Tibet dan Khumbu Sherpa.

7. Gunung Dhaulagiri

Gunung Dhaulagiri

Gunung Dhaulagiri termasuk gunung tertinggi di dunia ke tujuh. Gunung ini membentuk sebuah timur jangkat di Himal Dhaulagiri, yakni sebuah subrange di area Himalaya yakni di zona Dhawalagiri bagian Nepal Utara. Lokasinya terletak di Pokhara Barat Laut, yakni kota regional penting sebagai pusat wisata.

8. Gunung Manaslu

Gunung Manaslu

Gunung tertinggi berikutnya adalah Gunung Manaslu yang berlokasi di Mansiri Himal, dimana kawasan pegunungan Himalaya yang ada di Nepal. Adapun nama Manaslu sendiri diadopsi berdasarkan bahasa Sansketera, yakni Manasa yang berarti “Gunung Jiwa”. Gunung Manaslu sendiri merupakan puncak gunung tertinggi yang ada di Gurkha dan berlokasi di 40 mil Annapurna sebelah timur. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 8.163 meter.

9. Gunung Nanga Parbat

Gunung Nanga Parbat

Termasuk gunung tertinggi yang ada di dunia sekaligus gunung kebanggaan warga Pakistan. Gunung Nanga Parbat sendiri berlokasi di Pakistan bagian utara. Termasuk gunung terbesar di urutan ke-9. Menurut tingkat kesulitannya sendiri, medan di gunung ini termasuk sama beratnya seperti Gunung K2. Bahkan tingkat kesulitan medan yang ditempuh menuju gunung ini, menjadikannya dijuluki sebagai “The Man Eater”.

10. Gunung Annapurna

Gunung Annapurna

Sebagai gunung tertinggi yang ada di kawasan pegunungan Himalaya tepatnya di Nepal ini mempunyai beberapa puncak tertinggi. Ketinggian puncak utama gunung ini sekitar 8.091 mdpl. Tak hanya itu, gunung ini pun memiliki beberapa nama, di antaranya Morshiadi dan Annporna.

11. Gasherbrum I

Gasherbrum I

Merupakan puncak tertinggi di urutan ke-11 yang berlokasi di perbatasan antara Pakistan dan China, tepatnya di Karakoram dari pegunungan Himalaya. Puncak gunung ini memiliki ketinggian hingga 8.068 mdpl.

12. Puncak Broad

Puncak Broad

Puncak Gunung tertinggi berikutnya yaitu Puncak Broad, masih di area pegunungan Karakoram tepatnya di perbatasan antara Pakistan dan China. Adapun ketinggian dari puncak gunung tertinggi Puncak Brad ini yaitu sekitar 8.047 mdpl.

Baca Juga : 10 Wanita Tercantik di Dunia

Demikianlah ulasan mengenai 12 Puncak Gunung Tertinggi di Dunia yang menakjubkan dan sebagai destinasi pendakian menarik bagi para pendaki di seluruh dunia!