14 Tips Sukses Bisnis Waralaba Bagi Pemula

Tips Sukses Bisnis Waralaba – Bisnis waralaba atau biasa dikenal dengan bisnis Franchise ini memang mempunyai resiko lebih kecil daripada usaha yang lainnya. Kelebihan usaha waralaba ini yaitu biasanya mempunyai merek yang telah familiar dan dikenal oleh banyak masyarakat yang cocok bagi Pemula. Tak sedikit masyarakat yang kian tertarik terjun langsung untuk mencoba bisnis yang satu ini. Demi mencapai kesuksesan berbisnis ini, ada beberapa tips penting yang harus dilakukan terutama bagi para pemula yang baru memulai Bisnis ini. Satu hal yang pasti yang namanya kesuksesan tentu membutuhkan proses yang tidak sebentar.

Kiat Sukses Menjalani Usaha Waralaba Bagi Pemula

Bagi Anda yang benar-benar memiliki tekad kuat dalam berbisnis waralaba dan ingin sukses menjalankan bisnis tersebut, Berikut Blog Idjoel menjelaskan ada 14 Tips Sukses Bisnis Waralaba Bagi Pemula ini diantaranya:

1. Ciptakan Merek Unik Tidak Mudah di Tiru

Hal yang paling penting agar sukses menjalankan Bisnis waralaba adalah menciptakan merek produk unik serta tak mudah ditiru. Hal ini dikarenakan dalam berbisnis waralaba akan ada banyak sekali kompetitor yang Anda hadapi. Selain itu, jika Anda menjual sebuah produk yang biasa saja dan mudah ditiru, tentu akan ada banyak kompetitor yang juga mengambil peluang tersebut untuk memanfaatkan produk yang Anda ciptakan tadi. Dengan begitu, tak menutup kemungkinan tak sedikit konsumen pun akan berpindah ke kompetitor Anda tersebut. Melalui produk yang unik dengan merek terbaru dan tak mudah ditiru maka kemungkinan persaingan pun semakin kecil.

2. Konsisten Terhadap Produk yang Dijual

Tips sukses bisnis waralaba bagi masyarakat pemula yang kedua adalah konsisten terhadap produk yang dijual. Misalnya saja, jika Anda menjalankan sebuah bisnis makanan yang siap saji Anda pun harus konsisten terhadap konsep produk makanan siap saji itu sendiri. Adapun tujuannya yaitu supaya Anda tetap fokus serta bisa mencapai efisiensi kebutuhan pemenuhan bahan baku. Jika Anda tetap fokus dalam suatu bidang, maka bisa mempercepat proses penetrasi pasar.

3. Menciptakan Produk Sesuai Kebutuhan Konsumen

Untuk menunjang kesuksesan dalam berbisnis, Anda harus menciptakan sebuah produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan para konsumen. Hal ini merupakan faktor penentu kesuksesan sebuah bisnis waralaba. Anda bisa membuat sebuah merek produk di mana menyatu dengan benak para konsumen serta mudah diucapkan. Melalui produk yang mampu menarik hati konsumen, membuat mereka tertarik membeli kembali produk tersebut dari Anda. (Baca : Pengertian Bisnis)

4. Memilih Jenis Waralaba Dengan Harga Terjangkau

Bagaimana pun faktor harga memberi peranan penting ketika berbisnis. Jika Anda menjual produk waralaba dengan harga terjangkau yang berkualitas prima pastinya akan menjadi primadona para konsumen. Dengan begitu, Anda harus membangun sebuah Bisnis waralaba yang produknya bisa dijual dengan harga murah bagi semua kalangan.

5. Peran Pemilik Bisnis Waralaba

Salah satu tips sukses bisnis waralaba yang paling menentukan kesuksesan bisnis tersebut sebenarnya kembali pada peran pemilik bisnis waralaba itu sendiri. Sebuah usaha waralaba bisa dikatakan berhasil bila pemilik merek dapat pula turut menyukseskan mitra usahanya. Selain itu, seorang franchise pun harus mempunyai jiwa kepemimpinan baik dengan semangat tinggi serta pantang menyerah.

6. Bertukar Pikiran Antar Setiap Pemilik Serta Penggerak Bisnis Waralaba

Seorang Franchise yang sukses tentu tak pernah malu ataupun ragu bertanya dengan pemilik franchise itu sendiri atau Franchise berpengalaman. Anda bisa bertanya ataupun berbagi mengenai ilmu waralaba yang dimilikinya. Berbagi pengalaman dan saling bertukar pikiran tentu memberikan peranan yang sangat penting khususnya dalam upaya menyukseskan usaha waralaba itu sendiri.

7. Meningkatkan Kreativitas

Dalam berbisnis, kreativitas merupakan hal yang paling diperlukan terlebih lagi ketika berbisnis waralaba. Dalam berbisnis waralaba tentu sudah mempunyai keseragaman. Misalnya saja mulai dari segi dekorasi, merk produk yang dijual, serta seragam untuk para karyawan. Adapun tugas dari seorang pebisnis waralaba ini yaitu menggali serta mengembangkan setiap kreativitasnya supaya usaha tersebut yang dijalankan pun dapat maju terus.

8. Memaksimalkan Lokasi Usaha

Cara sukses bisnis waralaba bagi Pemula lainnya yaitu memaksimalkan lokasi usaha untuk tempat bisnis tersebut dijalankan. Anda harus memilih lokasi yang benar-benar strategis. Seperti kita ketahui, kini tak sedikit kita menjumpai usaha waralaba yang jaraknya berdekatan satu dan yang lainnya.

9. Memaksimalkan Tahap Promosi

Hal yang tak kalah pentingnya dalam berbisnis waralaba yaitu memaksimalkan tahap promosi demi menarik banyak pelanggan atau konsumen agar membeli produk yang Anda tawarkan. Anda pun kini tak hanya bisa memanfaatkan beragam media cetak seperti spanduk, banner, pamflet atau brosur saja melainkan juga bisa melakukan promosi lewat media digital. Melakukan promosi melalui media digital itu sendiri dapat melalui media jejaring sosial yang kini semakin populer seperti Blog, Website, Twitter, dan Facebook. Anda bisa memaksimalkan promosi baik melalui media cetak maupun media digital supaya bisnis waralaba pun berkembang dan bisa mencapai kesuksesan.

10. Mengenal Lokasi Usaha Lebih Detail

Lokasi merupakan faktor paling penting dalam setiap berbisnis waralaba. Jadi, seorang franchise atau yang menjalankan bisnis waralaba ini harus benar-benar hafal betul bagaimana lingkungan di sekitar lokasi usaha tersebut. Ha ini demi menunjang kemudahan Anda agar mendapatkan calon konsumen yang semakin banyak untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

11. Semangat dan Pantang Menyerah

Setiap orang yang menjalani Bisnis, tentu tak pernah terlepas dari yang namanya kegagalan. Pasang surut dalam berbisnis ini bisa jadi akibat banyaknya kompetitor yang ditambah dengan minimnya tingkat promosi. Maka dari itu, Anda harus selalu menumbuhkan semangat secara maksimal dengan jiwa yang tak pernah pantang untuk menyerah. Modal utama ini memang paling menunjang dalam kesuksesan seseorang ketika berbisnis. Maka dari itu, Anda harus benar-benar menanamkan mental yang kuat sebelum menjalankan bisnis agar siap menghadang segala resiko yang terjadi.

12. Jalin Komunikasi Baik

Menjalin komunikasi yang benar-benar baik begitu dibutuhkan di dunia bisnis. Entah itu komunikasi pada pelanggan maupun komunikasi antar karyawan. Adapun komunikasi kepada pelanggan sendiri dapat dilakukan dengan cara melayani setiap pelanggan secara “welcome” dan bersahabat. Sementara komunikasi yang dilakukan pada para karyawan bertujuan supaya di tiap karyawan pun tak terjadi kesalahpahaman ketika menjalankan tugas-tugasnya.

13. Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif merupakan hal terpenting dalam tips sukses bisnis waralaba. Usaha Waralaba termasuk kedalam Peluang Bisnis Yang Menjanjikan. Sikap atau pikiran yang positif ini bertujuan supaya usaha yang dijalankan bisa menghasilkan kesuksesan. Supaya bisa sukses menjalankan bisnis franchise ini dibutuhkan sikap positif dengan tidak mempercayai mitos dimana bisnis waralaba merupakan jaminan kesuksesan yang tak memerlukan pengorbanan atau tak perlu repot. Kita harus berpikir bahwa bisnis waralaba pun tak jauh dengan bisnis lainnya yang memiliki resiko kegagalan.

14. Mengembangkan Bisnis Waralaba

Jika bisnis waralaba yang dijalankan sudah sukses dan banyak digemari para konsumen, langkah selanjutnya Anda harus mengembangkan bisnis waralaba itu sendiri. Hal ini agar Anda bisa melipatgandakan keuntungan yang Anda dapatkan dari bisnis waralaba yang dijalankan. Dengan begitu, bisnis Anda pun bisa tersebar hingga ke berbagai daerah.

Baca Juga : Apa Itu Asuransi Mobil All Risk?

Demikianlah  14 Tips Sukses Bisnis Waralaba Bagi Pemula demi menghasilkan keuntungan yang besar untuk Anda!

tags: