4 Batu Bacan Maluku Ini Akan Segera dipatenkan

1106
Advertisement

Idjoel.com – Nama batu bacan di Provinsi Maluku sudah semakin meredup. Hal tersebut diakibatkan oleh menyusulnya batu seram yang masuk kategori batu permata yang sangat bernilai tinggi. Lebih-lagi, batu yang memiliki 4 Batu Bacan Maluku terbaik, seperti; green opal, marmer, blue opal dan juga rijan ini telah men-jadi sovenir Pemerintah Maluku pada 34 perwakilan provinsi dalam Rakernas Asosiasi Pemerintah Provinvi seluruh Indonesia (APPSI).

Untuk itulah, Pemerintah Daerah (Pemda) setempat berencana mempantenkan batu seram men-jadi batu mulia dari Provinsi Maluku.

Advertisement

“Pertama-tama kita harus melakukan identifikasi, mengdiskripsikan jenis batuannya, hingga lokasinya. Mesti ditentukan dimana titik koordinatnya, lalu prosedur pengambilannya bagaimana. Sesudah seluruh dideskripsikan, baru dibuat sertifikat hak paten kepada 4 Batu Bacan Maluku ini beserta peraturan daerah (Perda), ” terang Kepala Dinas Energi dan juga Suber Daya Mineral (ESDM) Maluku, Martha Nanlohy kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya, prospek batu akik lumayan baik. Cuma saja, pengembangannya mesti dibuat lebih inovatif. Misalkan, menjadikannya cendramata ataupun sovenir yang me-narik. Dengan begitu bakal akan men-jadikan bisnis usaha kecil yang amat menjanjikan.

Disisi lain Martha Nanlohy juga menyatakan bahwa Batu Bacan Maluku ini sebenarnya dikategorikan selaku batu akik setengah permata. Batu ini mengalami prosedur pengkristalan yang belum sempurna, butuh fase alami hingga men-jadi benar-benar permata. Sebab tersebut, batu ini masih sebatas batu akik.

“Namun keindahannya amat sangat terjamin, untuk mencegah pengambilan dengan cara ilegal, maka kita akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat, agar lekas memboikot lokasi tambang. Hingga nanti batu ini benar-benar dipatenkan, ” ungkap Martha.

Baca Juga : Batu Cincin Termahal di Indonesia dan Batu Akik Bulu Macan. Terima kasih

Advertisement