5 Jenis Batu Cincin Paling Populer di Masyarakat

1247
Advertisement

Jenis Batu Cincin memang selalu menjadi pembicaraan hangat bagi para pencinta batu cincin atau batu akik dalam tatanan Masyarakat Indonesia. Idjoel News bilang Batu akik merupakan sejenis batu permata yang terbilang langka. Maka tak heran nilai jual batu cincin dibanderol dengan harga yang fantastis. Tak heran pula rasanya jika banyak orang yang mulai beralih bisnisnya dengan melakukan usaha jual beli batu cincin. Di dunia ini sebenarnya ada banyak macam jenis batu akik yang dijumpai dengan harga yang bervariasi. Sebenarnya, ciri khas yang menarik dari batu akik ini bukan hanya terdapat pada keindahannya saja melainkan juga sangat lekat sekali dengan khasiatnya yang berkaitan dengan dunia spiritual dan ada juga jenis batu akik masih berupa batu.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara penyumbang batu akik yang diincar kolektor mancanegara. Karena Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Sehingga potensi ditemukannya bebatuan langka sangat besar. Selain itu, negara lainnya yang menyumbang penemuan batu akik yang populer adalah Australia. Nah, ingin tahu apa saja jenis batu cincin yang kini sedang populer di masyarakat? Simak penjelasannya di bawah ini terkait 5 Jenis Batu Cincin Paling Populer di Masyarakat Indonesia:

Advertisement

1. Batu Cincin Kalsedon

Sejenis batu permata ini banyak dijumpai di provinsi Sulawesi Tenggara dan Jawa Barat, Indonesia. Batu akik yang satu ini memiliki aneka macam warna menarik, seperti jingga, merah, biru, hijau hingga warna kuning. Ciri khas yang paling mendasar dari batu permata ini adalah tekstur Cincin batu akik yang seperti diselimuti kabut sehingga mempunyai cahaya yang kusam.

Batu Cincin Kalsedon

2. Batu Cincin Bacan

Jenis batu cincin Bacan merupakan salah satu jenis paling populer di Indonesia khususnya. Batu bacan sendiri banyak dijumpai di provinsi Maluku Utara tepatnya di Pulai Kasitura. Batu bacan ada dua yaitu, Batu bacan palamea dan bacan doko. Kepopuleran batu bacan ini memang tak hanya sampai dalam negeri saja, melainkan juga hingga mancanegara. Batu bacan ini memiliki julukan tersendiri yang sangat familiar di negara kita, yakni julukan sebagai “Batu Hidu”. Hal ini dikarenakan batu bacan memiliki ciri khas yang sangat langka dibandingkan jenis batu akik lainnya, yaitu mengalami metamorfosis warna yang terdapat di dalamnya. Jadi, selain memiliki variasi warna batu cincin Bacan ini juga bisa melakukan perubahan warna hingga menjadi lebih indah. Hal inilah yang membuatnya menjadi salah satu batu akik yang paling banyak dicari, tentunya bisa didapat dengan harga yang fantastis.

Batu Cincin Bacan

3. Batu Cincin Kalimaya

Jenis Batu Cincin Paling Populer berikutnya yang juga berasal dari Indonesia adalah batu Kalimaya. Batu Kalimaya biasa disebut juga sebagai batu Black Opal yang memiliki nilai jual fantastis karena keindahan dan kelangkaannya. Jenis batu akik Kalimaya ini memiliki warna yang begitu menarik. Di Indonesia sendiri, batu Kalimaya ini banyak dijumpai di provinsi Banten. Sedangkan di berbagai negara batu ini dijumpai di Meksiko, India, Australia hingga Mesir. Dengan keindahan yang dimilikinya, batu akik Kalimaya sering disebut juga sebagai jenis bebatuan terindah yang ada di dunia.

Batu Cincin Kalimaya

4. Batu Cincin Kecubung

Batu Kecubung biasa disebut juga sebagai bebatuan jenis Amethyst yang kian digemari pencinta batu akik karena keindahan bentuknya. Batu akik Indonesia ini memiliki warna yang begitu khas, yakni warna ungu yang begitu memesona. Tak hanya keindahannya, pasalnya batu kecubung juga memiliki khasiat yang sangat positif bagi pemakainya.

Batu Cincin Kecubung

5. Batu Cincin Lavender

Batu yang memiliki keindahan memesona lainnya adalah batu lavender. Batu yang berwarna lebih bening ini menjadi banyak incaran pencinta batu akik. Batu ini juga banyak dijumpai di Indonesia, seperti di provinsi Sumatera Selatan.

Batu Akik Lavender

Nah, itulah beberapa 5 Jenis Batu Cincin Paling Populer di Masyarakat saat ini dengan ciri khasnya masing-masing. Semoga bermanfaat!

Advertisement