Apa Sih Pengertian E-Government?

1646
Advertisement

Apa Sih Pengertian E-Government? E-Government sendiri merupakan kependekan yang berasal dari kata elektronik Government atau pemerintah, biasa disebut sebagai pemerintah digital. E-Government sendiri merupakan upaya pemerintah untuk menyelenggarakan semua urusan kepemerintahan dengan basis elektronik. Dimana, segala sesuatu yang berhubungan dengan kinerja pemerintah dan sistem manajemen pemerintahan dengan memanfaatkan sistem teknologi informatika sekaligus juga komunikasi.

Arti dari E-Government itu sendiri merupakan sebuah penggunaan sistem teknologi informasi yang dilakukan pemerintah demi melayani warganya. Adapun pelayanan yang dimaksudkan dalam E-Government ini menyangkut segala sesuatu urusan kepemerintahan hingga urusan berbisnis. Dalam mengaplikasikan elektronik Government ini biasanya diaplikasikan pada administrasi publik, yudikatif hingga legislatif. Hal ini bertujuan demi meningkatkan efisiensi secara internal untuk menyampaikan sebuah pelayanan publik.

Advertisement

Dalam pengertian E-Government sendiri, terdapat 3 jenis penyampaian dari E-Government adalah sebagai berikut:

  1. Government to Business

Dalam pelayanan E-Goverment sendiri terdapat pelayanan Government to Business yang bertujuan untuk menyediakan beragam informasi lengkap untuk pebisnis ketika melakukan transaksi dengan kepemerintahan. Maksud dari E-Government ini sendiri lebih mengacu kepada kegiatan pemasaran baik jasa maupun produk kepada pemerintah demi membantu kegiatan kepemerintahan agar lebih efisien. Contohnya adalah peluang bisnis, peraturan pemerintah, pajak perseroan dan lain sebagainya.

  1. Government to Citizen

Government to Citizen merupakan sebuah layanan informasi maupun publik dari pemerintah kepada masyarakat. Sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran berupa informasi maupun komunikasi antara keduanya. Adapun contoh dari jenis pelayanan ini berupa mencari pekerjaan, pajak online, layanan imigrasi, beasiswa dan lain sebagainya.

  1. Government to Government

Government to Government merupakan bentuk layanan yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi maupun komunikasi secara online yang terjadi antara lembaga kepemerintahan maupun departemen. Adapun contohnya adalah dengan konsultasi online, pendidikan online, blog yang dikhususkan di kalangan legislatif dan lain sebagainya.

Adanya layanan E-Government ini sendiri memiliki keuntungan yang bisa didapat, seperti pelayanan yang lebih efektif dan lebih baik untuk masyarakat, meningkatkan hubungan baik antar pemerintah maupun dengan masyarakat umum. Ya, itulah pengertian E-Goverment, tujuan dan jenisnya secara singkat!

Advertisement