Pentingnya Asuransi dan Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

199

Mencari Asuransi Mobil Terbaik memang merupakan hal yang harus dilakukan bagi Anda yang memiliki mobil. Setelah Anda membeli mobil, asuransi merupakan hal berikutnya yang harus Anda pikirkan. Hal ini merupakan hal yang sangat wajar bahkan disarankan bagi Anda yang memiliki kendaraan beroda empat ini. Mengingat risiko yang mungkin Anda alami ketika memiliki atau menggunakan mobil, asuransi adalah pengalih risiko terbaik. Seperti yang Anda ketahui, kecelakaan adalah hal yang sulit dihindari. Bahkan orang yang sudah sangat berhati-hati saja masih dapat mengalami kecelakaan.

Pentingnya Asuransi Mobil

Jika Anda mengalami kecelakaan menggunakan mobil Anda tersebut, Anda harus menanggung semua biaya perbaikan sendiri. Bayangkan berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk perbaikan mobil tersebut. Belum lagi jika Anda mengalami luka-luka, baik luka parah ataupun hanya luka-luka ringan. Tentunya Anda akan mengeluarkan banyak uang untuk menanggung risiko yang terjadi akibat kecelakaan tersebut. Untuk itu Anda membutuhkan asuransi mobil untuk memindahkan risiko penanggungan biaya-biaya tersebut. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi pemilik mobil untuk memiliki asuransi mobil ataupun Asuransi Jiwa. Namun pastikan memilih asuransi mobil terbaik agar memberikan kepuasan.

Asuransi Mobil sendiri terdiri dari 2 tipe, di antaranya yaitu Asuransi Mobil All Risk dan tipe TLO (Total Loss Only). Asuransi tipe All Risk yaitu asuransi gabungan atau Comprehensive yang menjamin kerugian yang diakibatkan kecelakaan besar dan juga kecil. Termasuk kehilangan perlengkapan mobil, kerusakan atau bahkan kendaraan yang hilang. Sementara asuransi TLO merupakan asuransi yang menjamin kerugian yang diakibatkan kecelakaan dan minimum kerusakan adalah 75 persen dari harga pertanggungan ataupun kendaraan hilang. Itulah kedua tipe asuransi mobil, Anda dapat memilih salah satu di antara kedua tipe asuransi tersebut.

Bagi Anda yang belum tahu, syarat membeli di antaranya, yaitu usia harus di atas 17 tahun dan memiliki SIM dan juga STNK mobil. Sementara dokumen yang harus dipersiapkan di antaranya yaitu fotokopi SIM, STNK dan juga KTP. Anda juga harus menyerahkan foto asli dari kendaraan mobil Anda. Besar kecil premi dipengaruhi oleh 3 hal, di antaranya yaitu tipe asuransi yang dibeli, jenis kendaraan dan juga harga kendaraan. Semakin mahal mobil yang Anda miliki maka preminya akan semakin tinggi. Untungnya premi asuransi mobil dibayarkan hanya satu kali per tahun.

Premi sendiri merupakan uang yang harus dibayar oleh pemilik asuransi mobil tersebut. Uang ini merupakan kewajiban dari pemilik asuransi atas keikutsertaannya membeli asuransi tersebut. Namun tenang saja, setiap perusahaan asuransi menawarkan tarif premi masing-masing sesuai dengan kebijakan perusahaannya. Ada yang menggunakan tarif bawah dan ada juga yang menggunakan tarif yang sudah ditentukan oleh perusahaan itu sendiri. Setiap premi yang ditawarkan tentu dilengkapi dengan fasilitas yang berbeda-beda. Umumnya, premi yang tinggi atau mahal akan dilengkapi dengan fasilitas yang lebih lengkap.

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Jika Anda berniat ingin mencari Asuransi Mobil Terbaru 2016, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Memilih asuransi kendaraan memang tidak boleh sembarang, jika tidak Anda akan mendapatkan pelayanan yang kurang memuaskan. Terlebih lagi saat ini perusahaan asuransi semakin banyak, Anda mungkin mengalami kebingungan ketika memilih. Dari banyaknya pilihan asuransi yang ada, ada harus memilih yang terbaik demi keuntungan Anda sendiri. Tujuan Anda membeli asuransi sendiri adalah untuk mengalihkan risiko ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tentunya Anda tidak ingin merugi karena salah memilih asuransi mobil yang Anda beli.

Untuk membantu Anda menentukan asuransi mobil yang terbaik, simak uraian Blog Idjoel berikut. Berikut merupakan 5 hal yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih produk asuransi mobil:

1. Harga premi

Harga premi menjadi hal pertama yang harus Anda pertimbangkan ketika Anda berniat membeli asuransi. Premi asuransi semakin hari semakin bersaing secara ketat dan juga sehat. Seperti yang sudah disebutkan bahwa tarif premi saat ini berbeda-beda tergantung dari kebijakan perusahaan asuransi tersebut. Tugas Anda adalah mencari tahu apakah tarif premi yang ditawarkan sesuai dengan fasilitas dan layanan yang akan diberikan. Untuk mencari tahu pantas tidaknya, Anda dapat membandingkan beberapa produk asuransi yang ada saat ini.

2. Fasilitas

Selain harga premi, fasilitas juga merupakan hal penting yang harus diperhitungkan ketika Anda berniat membeli asuransi mobil terbaik. Perusahaan asuransi yang ada saat ini tidak hanya bersaing pada tarif premi yang ditawarkan tetapi juga pada fasilitas yang ditawarkan. Banyak perusahaan asuransi yang berlomba menawarkan fasilitas yang lengkap demi memberikan kepuasan bagi para pelanggan. Dengan membandingkan produk asuransi satu dengan lainnya, Anda akan melihat perbedaan fasilitas yang ditawarkan.

3. Kredibilitas perusahaan

Hal penting lainnya yang juga harus Anda perhatikan sebelum membeli produk asuransi adalah melihat kredibilitas dari perusahaan asuransi tersebut. Lihatlah apakah perusahaan asuransi tersebut memiliki reputasi yang baik. Kredibilitas suatu perusahaan asuransi akan terlihat jelas ketika pelanggan melakukan klaim. Jika klaim pelanggan dipersulit, sudah dapat dipastikan kredibilitas perusahaan tersebut buruk. Untuk itu, jangan hanya tergiur dengan harga premi yang rendah tetapi perhatikan juga kredibilitas perusahaan asuransi tersebut.

4. Bengkel rekanan

Tips memilih asuransi mobil terbaik yaitu dengan melihat apakah perusahaan asuransi memiliki bengkel rekanan yang baik. Perusahaan asuransi mobil yang baik biasanya memiliki bengkel rekanan dalam jumlah yang banyak. Semakin banyak jumlah bengkel dan lokasinya strategis tentu klaim para pelanggan akan segera dilayani. Bayangkan saja jika Anda harus menunggu perbaikan mobil dalam waktu yang cukup lama hanya karena lokasinya yang jauh dan jumlah bengkelnya terbatas. Bahkan jika Anda memiliki bengkel langganan yang sesuai dengan keinginan Anda, Anda dapat menggunakannya jika bengkel tersebut menjadi rekanan perusahaan asuransi.

5. Layanan ekstra

Hal terakhir yang juga harus Anda pertimbangkan yaitu layanan tambahan atau layanan ekstra dari produk asuransi yang Anda beli. Siapa yang tidak ingin dilayani dengan baik, ramah dan cepat? Tentunya semua orang ingin mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Untuk itu, pilihlah perusahaan asuransi mobil terbaik yang menawarkan pelayanan yang maksimal.

Sebagai calon nasabah, Anda jangan mudah tergiur dengan harga premi yang rendah. Perhatikan ke-5 hal penting tersebut dan apakah sesuai dengan keinginan Anda. Saat ini ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan harga premi yang sangat rendah, namun tidak dilengkapi dengan pelayanan yang maksimal. Akibatnya para pelanggan terus-menerus melakukan komplain dan bahkan menyesal telah membeli produk asuransi tersebut. Jika Anda tidak ingin menjadi salah satu pelanggan asuransi yang menyesal karena telah salah memilih, telitilah sebelum membeli.

Baca Juga : Peluang Bisnis Yang Menjanjikan

Selain yang sudah disebutkan, masih ada beberapa hal lagi yang cukup penting untuk dipertimbangkan. Namun yang paling penting adalah ke-5 hal tersebut sehingga jangan ada satu poin yang Anda lewatkan. Membeli atau memiliki asuransi mobil memang sangat penting, terlebih saat ini ada banyak hal-hal buruk yang terjadi. Bahkan tingkat kecelakaan mobil semakin hari semakin tinggi, begitu juga perusakan dan pencurian mobil. Namun dalam memilih asuransi sebaiknya dilakukan secara hati-hati agar mendapatkan produk asuransi mobil terbaik.