Batu Akik Fosfor

925
Advertisement

IDJOEL.COMBatu akik fosfor merupakan jenis batu bercahaya dalam gelap, lalu saking uniknya berapa harga yang dibanderol? Simak juga beberapa khasiat dari batu ini.

Ada banyak sekali Jenis Batu Akik yang tengah digemari masyarakat Indonesia dan juga luar negeri, termasuk batu akik fosfor yang mungkin bagi beberapa orang masih terasa asing ketika mendengarnya. Memang tidak sepopuler Batu Bacan Palamea dan Batu Bacan Doko, tapi batu fosfor ini juga mulai meraih popularitasnya dan istimewanya, batu ini mampu mengeluarkan cahaya saat gelap. Karena mengandung fosforlah mengapa batu ini dinamakan batu fosfor dan jenis ini pun ternyata dicari banyak orang karena memang visualnya cukup menggoda meski sedikit unik. Untuk mengetahui lebih banyak keunikan dan sisi spesial dari batu akik ini, kita akan membahasnya satu per satu berikut dengan khasiatnya.

Advertisement

Karakteristik Batu Akik Fosfor

Batu fosfor adalah salah satu jenis batu yang sering dimanfaatkan untuk membuat aksesoris dan perhiasan, seperti misalnya tasbih atau cincin dan bahkan aksesoris lainnya yang memang menarik baik bagi pria maupun wanita. Tidak salah mengapa batu ini dapat begitu menarik perhatian, tidak lain dan tidak bukan adalah karena cahaya dari luar mampu diserap batu ini, entah itu sinar dari lampu senter atau cahaya matahari dan dipantulkan kalau batu diletakkan di suatu ruangan yang gelap tidak ada cahaya. Selain dijadikan perhiasan atau aksesoris, batu akik fosfor digemari karena bagi para petualang, batu ini bisa untuk menerangi jalan; intinya, sangat bermanfaat bagi para pecinta alam yang demen naik gunung atau mengeksplor hutan yang kurang penerangan.

Ciri-ciri batu akik fosfor lainnya adalah tingkat kekerasannya yang dapat mencapai 6 skala mohs dan ini artinya, batu tidaklah begitu keras sehingga pemilik batu ini wajib berhati-hati sebab kerapuhan dan strukturnya yang lunak. Dengan fakta tersebut, kita dapat menyimpulkan secara langsung bahwa pemilik kudu berhati-hati ketika menggunakannya karena mudah sekali pecah apabila terjepit di antara benda keras. Dikatakan bahwa batu ini mampu menyala di tempat gelap, tapi sayangnya hal ini tidak akan berlangsung lama, cahayanya bisa bertahan hanya beberapa menit saja.

Batu Akik Fosfor

Khasiat Batu Fosfor

Batu akik tidak hanya menarik karena corak dan warna luarnya, tapi khasiatnya jugalah yang membuat batu akik populer dan banyak diminati. Batu akik tidaklah sekeren itu tanpa adanya beberapa khasiat yang dipercaya bisa membawa hal positif bagi si pemilik. Ini dia khasiat batu akik fosfor yang dapat meleleh bila disulut rokok dan akan terasa adem jika ditempelkan di pipi:

  1. Membantu pemiliknya untuk lebih mawas diri dan mengendalikan emosi.
  2. Memberikan keberuntungan.
  3. Mendamaikan dua pihak yang sedang berseteru.
  4. Menenangkan pemilik supaya tidak ceroboh dan gegabah waktu harus mengambil sebuah keputusan.

Perawatan Batu Fosfor

Setelah membeli batu akik, tentu kita perlu tahu cara merawatnya sehingga kualitas tetap sama seperti waktu kita mendapatkannya pertama kali. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang perawatan batu akik fosfor, seperti yang bisa diikuti berikut ini:

  1. Coba gunakan baby oil atau minyak kayu putih dan oleskan ke batu agar kilaunya tetap terjaga dan visualnya tetap terlihat indah.
  2. Simpan batu di tempat yang sangat aman karena kelunakannya yang membuatnya bisa mudah pecah bila ditaruh di sembarang tempat. Selain jangan sampai pecah, simpan di tempat yang tepat dengan barang-barang yang juga aman agar tidak tergores.
  3. Jangan merendam batu fosfor di dalam air karena unsure mineralnya bakal menjadi lemah dan cahaya tidak lagi bisa diserap olehnya.

Baca Juga : Ciri-Ciri Batu Kalimaya Yang Asli

Sungguh mengagetkan karena harga yang dibanderol untuk batu akik fosfor ini tidak tergolong tinggi, hanya ratusan ribu rupiah saja dan itu pun yang ukuran besarnya se-batu cincin standar.

Advertisement