Harga Batu Akik Garut Hijau Termahal Rp200 Juta

2147
Advertisement

Batu Akik Garut Hijau – Siapa sangka batu akik yang asalnya dari bongkahan batu kotor ini dapat men-jadi batu permata yang harganya mencapai bisa ratusan juta rupiah.

Bongkahan batu akik hasil tambang para kolektor, Jawa Barat di Gunung Bungbulang, ternyata memiliki nilai jual tinggi, sesudah Batu Akik Garut Hijau tersebut diproses sesuai standar.

Advertisement

Sepintas mata memandang, bongkahan Batu Akik ini memang tidaklah me-narik. Namun, sesudah dilakukan prosedur pembersihan, pemotongan, hingga prosedur diamond wheel, bongkahan batu mulia tersebut menjadi bernilai tinggi.

Pembuatan batu cincin tersebut cuma memerlukan waktu sekitar 15 menit saja. Fase kesatu prosedur pembuatan, pada umumnya ialah pemotongan dan juga pembentukan diameter batu yang diingini.

Menggunakan pisau batu yang dibantu diputar dinamo, para Pengrajin Batu Akik dengan mesin tersebut dapat cepat mencetak bentuk batunya. Pembuat harus hati-hati, sebab pisau batu dapat saja memutuskan jari tangan, apabila pergelangan tangan terpeleset ketika mencetak batu.

Setelah dipotong dan juga dicetak, Pengrajin Batu Akik pindah ke mesin rakitan yang dilengkapi lima diamond wheel khusus. Dari fase diamond wheel ini lalu dilanjutkan dengan proses manual. Para pembuat dapat menciptakan batu yang mengkilap dengan bentuk dan juga warna yang orisinal.

Batu Akik Garut Hijau memiliki harga jual termahal hingga Rp200 juta, biasanya berwarna hijau asal Gunung Bungbulang.

Selain Batu Akik Hijau, batu asal Garut tersebut ternyata banyak jenisnya, seperti batu panca warna yang memiliki 5 (lima) warna yang indah, batu hijau lumut yang tampak seperti lumut di dalam batu dan juga batu lainnya yang berasal dari gunung yang ada di Garut.

Batu Akik Garut Hijau dengan warna hijau khas yang tidak ada duanya ini juga dapat memancarkan cahaya yang terang, apabila disorot cahaya dari bawah cincinnya. Serat batu Akik hijau yang tampak di dalam nampak indah seolah awan yang terbentuk dimasukkan ke dalam batu.

Baca Juga : Cara Mengetahui Batu akik asli dengan yang Palsu

Advertisement