Batu Akik Hitam

2190
Advertisement

Idjoel.com – Batu akik hitam bisa dikenali yang palsu dan yang asli. Cara mengenalinya salah satunya dengan mengetes tingkat kedinginan batu dan membakar batu akik ini.

Batu akik adalah salah satu jenis batu alami yang sejak dulu sudah dipercaya mempunyai khasiat yang baik untuk tubuh. Jenis bebatuan ini sebenarnya bukan batu yang asing lagi dan bisa dijumpai diberbagai daerah yang ada di Indonesia. Bebatuan ini juga mempunyai jenisnya masing-masing dan digolongkan berdasarkan warnanya. Batu akik hitam merupakan salah satu jenis batu akik yang sangat mudah dijumpai selain batu akik tapak jalak tentunya. Akik ini dipercaya mempunyai banyak sekali manfaat untuk jiwa dan raga orang yang mengenakannya.

Advertisement

Dalam pembahasan kali ini, penulis tidak akan membahas apa saja khasiat dari batu akik hitam ataupun Batu Akik Bertuah, melainkan akan membahas bagaimana cara untuk membedakan batu akik hitam pekat asli dan yang palsu. Untuk mengetahui apakah batu akik yang Anda miliki asli atau tidak bisa dilakukan dengan berbagai cara sederhana. Cara yang pertama yaitu dengan menempelkan batu pada salah satu bagian tubuh Anda. Batu akik yang asli akan terasa dingin dan tidak mudah terpengaruh panas dari tubuh Anda. Untuk yang palsu batu akan cepat panas walaupun awalnya terasa dingin. Hal ini disebabkan oleh panas tubuh yang merambat pada benda yang sedang digenggam atau diletakkan pada salah satu bagian tubuh.

Cara lain untuk mengetahui batu akik hitam itu asli bisa dilakukan dengan cara membakar atau menyulut batu dengan bantuan korek api ataupun puntung rokok. Untuk batu akik yang asli tidak akan terjadi perubahan warna sedikitpun pada batu, baik bercak ataupun bekas gosong terbakar. Sebaliknya yang palsu akan meninggalkan bekas. Batu akik hitam pekat yang dipanaskan akan menghasilkan sebuah cairan berwarna coklat, cairan ini walaupun dibiarkan sangat lama tidak akan mengering dan langsung bisa dihilangkan. Tapi jika batu akik palsu cairan ini akan menempel dan sulit untuk dibersihkan. Selain itu, walaupun terkena panas batu akik asli juga akan cepat kembali dingin.

Untuk mengetes batu akik hitam asli juga bisa dengan cara menerawang isi dari bagian dalam batu. Biasanya yang bisa menggunakan cara ini adalah para profesional yang sudah biasa mengecek keaslian batu akik. Dengan cara diterawang ini akan terlihat serat yang ada didalam batu akik. Jika seratnya masih alami, bisa dipastikan bahwa batu tersebut asli, namun jika tidak berserat maka bisa dikatakan batu tersebut hanya imitasi saja. Cara yang paling mudah yaitu dengan membawanya ke laboratorium untuk diuji coba oleh ahli bebatuan. Berikut Gambar Batu Akik Hitam :

Foto batu akik hitam Cincin batu akik hitam Batu akik hitam termahal Batu akik hitam asli

Baca juga : Batu Akik Pirus dan Batu Akik Darah

Advertisement