Batu Akik Indonesia

1318
Advertisement

Batu Akik Indonesia mempunyai keindahan warna yang memukau. Disamping itu, batu akik saat ini juga mempunyai harga yang mahal di dunia internasional.

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam, baik yang dapat diperbaharui maupun yang tidak diperbaharui. Tidak ketinggalan pula bahwa Indonesia merupakan negara penghasil beberapa batu akik yang terkenal di seluruh dunia. Beberapa Batu Akik Indonesia bahkan ada yang menjadi jajaran batu akik termahal di dunia. Para pencinta batu mulia ini pasti sudah banyak yang mengenal mengenai batu akik yang ada di Indonesia. Namun, bagi Anda yang masih awam mengenai jenis batu-batuan ini, maka pada artikel ini akan membantu Anda memberikan pemahaman mengenai batu akik yang ada di Indonesia sebagai batu yang saat ini popularitasnya sedang melambung tinggi.

Advertisement

Batu akik Indonesia termahal yang pertama ada batu bacan. Batu ini memiliki warna hijau yang sangat natural, indah, dan sejuk apabila dipandang. Batu bacan ini berasal dari Pulau Bacan, Halmahera Selatan, Maluku Utara, Indonesia. Batu akik Indonesia yang satu ini banyak disukai oleh pencinta batu akik di seluruh dunia. Jenis batu ini ada batu bacan palamea dan batu bacan doko. Meskipun kedua jenis batu ini memiliki warna yang sama yaitu hijau, namun tetap dapat dibedakan, yaitu apabila batu bacan palamea berwarna hijau kebiruan sedangkan batu bacan doko hijau gelap. Nah, apakah Anda penasaran dengan batu bacan ini?

Kemudian batu akik Indonesia yang juga memiliki harga mahal adalah batu cincin zamrud atau akik zamrud. Warnanya hijau bening sampai hijau tua. Banyak cincin yang dihiasi dengan batu akik yang satu ini. Harga batu akik ruby juga dapat melambung tinggi tergantung kualitas dan keunikan dari batu ini. Batu ruby juga disebut batu delima. Nah, ada lagi Batu akik safir yaitu batu akik dengan variasi warna biru, kuning, jingga, hijau, ungu, dan merah muda. Batu ini juga biasa diaplikasikan untuk cincin dan berbagai perhiasan lainnya. Hanya kalangan premium yang biasanya mau membeli batu king safir karena memang harganya yang sangat mahal di dunia.

Di daerah Banten dihasilkan batu akik Indonesia yaitu Batu kalimaya. Batu ini juga disebut batu opal. Keindahan batu yang satu ini membuat para kolektor biasanya mewajibkan dirinya untuk memiliki batu ini. Mengapa demikian? Karena batu ini sangat spesial, di dalam satu batu dapat memancarkan berbagai warna. Nah, ada lagi batu akik asal Indonesia tepatnya dari Sumatera Selatan. Namanya batu sungai Dareh. Konon, presiden Republik Indonesia SBY dan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama pernah memakai batu jenis ini.

Batu Akik yang mahal saat ini sangat dipengaruhi oleh warna, bentuk, berat dan juga khasiat yang dipercaya banyak orang memiliki kekuatan mistis setiap jenisnya.

Harga batu akik yang kita dengar akhir-akhir ini semakin melonjak dan melambung tinggi. Hal ini tentu saja banyak faktor yang menjadi pengaruh dari lonjakan harga sebuah batu ini. Dengan akal sehat terkadang kita tidak bisa berpikir dengan jernih, bagaimana sebuah batu bisa bernilai begitu tinggi dan sangat di agungkan, bahkan banyak masyarakat kita yang menjadi pelaku syirik.

Dengan mempercayai kekuatan sebuah batu, bukankah ini sebuah tindakan menyekutukan Tuahannya? Namun demikian, tidak semua pemilik batu percaya dengan hal itu, karena banyak juga di antara mereka yang memakainya sekedar untuk perhiasan belaka. Sebenarnya tidak semua harga batu akik mahal, karena batu akik murah juga bisa kita temukan. Hanya saja, ukuran yang akan kita dapatkan memang tergolong kecil.

Batu Bacan merupakan salah satu batu akik yang memiliki harga termahal dan nama tenar di negara kita. Batu Bacan ini merupakan hasil pertambangan dari Maluku, memiliki warna tenar hijau seperti zamrud yang indah berkilau dan segar dipandang mata. Batu ini mulai berharga tinggi semenjak mantan presiden SBY memberikannya pada presiden Amerika Barack Obama.

Batu Bacan memang memiliki warna hijau yang indah, namun kualitas batu ini sebenarnya masih kalah jika dibandingkan dengan giok atau zamrud. Sebelum sampai ke tangan Barack Obama, untuk mendapatkan batu ini kita bisa membelinya dengan harga beberapa puluh ribu saja, namun sekarang bahkan harga batu akik Bacan bisa kita dapatkan hingga jutaan rupiah.

Batu akik lain yang juga memiliki harga mahal adalah Kalimaya atau yang biasa disebut dengan Black opal. Kalimaya sendiri memiliki warna yang sangat beragam, dan masing-masing warna memiliki harga yang berbeda. Ini juga merupakan salah satu batu akik yang paling dicari oleh banyak kolektor atau orang yang berkepentingan dengan batu ini.

Kalimaya memiliki warna yang sangat indah dan warna-warni, sehingga sangat cocok untuk dijadikan perhiasan. Kalimaya jenis Black opal ini banyak ditemukan di daerah Banten. Harga batu akik kalimaya Black opal ini bisa kita dapatkan dari 400 ribu hingga jutaan rupiah. Hal utama yang mempengaruhi harga adalah keindahan warna dan besarnya batu.

Harga batu akik untuk jenis safir, di Indonesia juga sangat tinggi, sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang mampu membelinya. Sedangkan untuk kolektor kelas menengah bawah, safir biasanya tidak termasuk salah satu cincin koleksinya.

Safir sendiri memiliki warna yang berbeda-beda dengan pesona yang sangat memukau pada setiap warnanya. Aneka warna dari batu ini antara lain biru, merah muda, ungu, hijau, kuning dan juga jingga. Harga mustika ini antara puluhan dan bahkan mencapai ratusan juta rupiah.

Batu Akik dengan kekerasan yang lebih padat dengan keindahan warna yang indah, sudah bisa dipastikan memiliki nilai jual tinggi. Karena batu akik yang memiliki kekerasan yang baik ini tidak akan mudah kusam dan tidak mudah rusak. Sehingga keawetannya bisa mencapai puluhan tahun.

Meskipun mahal, namun bagi para kolektor ini bukan menjadi persoalan untuk menghalangi niatnya untuk membeli batu akik. Bahkan saat ini, tidak hanya para kolektor saja yang ingin memiliki batu akik ini namun bahkan semua kalangan ingin memiliki batu mulia yang memang memiliki daya pikat tersendiri ini. Harga Batu Akik yang kini melambung ini tidak hanya diburu oleh orang Indonesia saja, namun juga orang luar negeri ingin memiliki batu yang berasal dari Indonesia.

Baca Juga : Batu Akik Black Jade

Advertisement