Batu Akik Kalimaya & Harga Termahal Di Indonesia

2239
Advertisement

Batu Kalimaya termasuk ke dalam kategori batu dengan harga paling mahal di dunia ini harus diketahui bagaimana ciri batu kalimaya yang asli.

Siapa yang tak kenal batu akik kalimaya? Batu yang disebut juga dengan nama black opal ini kian menjadi primadona masyarakat Indonesia. Batu kalimaya termasuk salah satu batu termahal yang ada di dunia. Batu kalimaya mempunyai pancaran warna yang begitu indah sehingga banyak yang mengincar jenis bebatuan ini. Bahkan banyak masyarakat dari mancanegara yang memburu keunikan batu kalimaya kristal ini. Kalimaya memiliki keindahan dan struktur yang berkarakter, dengan keunikannya inilah, maka batu ini disejajarkan dengan jenis batu permata termahal yang ada di Indonesia.

Advertisement

Batu akik kalimaya sendiri bisa mencapai harga puluhan bahkan ratusan juta rupiah, tergantung dari jenisnya dan ciri khasnya tersendiri. Batu kalimaya di Indonesia sendiri berasal dari Provinsi Banten, tepatnya di kecamatan Cimarga, Maja dan juga Sajira. Bahkan batu yang kian populer di masyarakat dunia ini juga bisa dijumpai di Kalimantan. Kualitas batu akik ini sebenarnya bisa disamakan dengan kualitas batu akik opal di Australia. Penamaan batu opal sebagai nama lain Kalimaya ini tak lain berasal dari sebuah bahasa Romawi, yakni Opalus.

Lihat Juga : Karakteristik Batu Kalimaya Asli

Demam batu akik tampaknya masih saja tampak terjadi di berbagai daerah, terlebih daerah yang menghasilkan batu mulia yang unik dan berkualitas. Salah satunya adalah daerah Banten yang terkenal dengan batu kalimaya. Batu kalimaya ini sendiri merupakan salah satu jenis batu mulia yang memiliki kualitas terbaik di dunia. Harga batu kalimaya ini dipatok cukup tinggi, karena termasuk salah satu jenis batu yang langka dan tidak semua daerah memiliki batu jenis kalimaya. Selain Banten daerah yang memiliki batu kalimaya adalah Australia juga Afrika.

Advertisement