Batu Akik Marjan

1235
Advertisement

Batu Akik Marjan dikenal dengan keindahan warnanya yang berwarna pink ke merah. Mau tahu apa saja khasiat serta manfaat dari batu Marjan yang unik ini?

Batu Akik Marjan juga dikenal dengan sebutan corralium rubrum atau red coral yang termasuk ke dalam batuan karang di laut. Batu ini sangat sering dipakai untuk permata perhiasan dengan warna yang cenderung dari pink ke merah. Batu ini berwarna merah disebabkan oleh kandungan senyawa karbonat yang memiliki pigmen carotenoid di dalamnya.

Advertisement

Jika dilihat dari habitat aslinya, yaitu di dalam laut maka batu ini merupakan batuan karang seperti semak belukar tanpa daun dimana dapat tumbuh mencapai 1 meter atau bahkan lebih. Batu akik ini merupakan salah satu batuan yang unik dengan banyak khasiat sehingga banyak juga yang memalsukannya.

Sejarah dan 9 Khasiat Batu Akik Marjan

Rupanya batu Marjan sudah lama ada dan dipakai sejak jaman Nabi Musa AS dan juga disebutkan di dalam salah satu ayat Al-Qur’an, yaitu QS Ar-Rahman, 55:22. Bahkan ada kisah Nabi Sulaiman AS yang memiliki batu Marjan ini sebagai salah satu mujizat yang diberikan Allah SWT. Batu mustika milik Nabi Sulaiman ini bertuliskan namanya serta nama Allah SWT.

Mengenai khasiat batu Akik Marjan, ada 9 manfaat yang bisa didapatkan oleh siapa saja yang memakainya, tidak heran batu ini banyak dicari oleh orang. Khasiat-khasiatnya antara lain:

  1. Meningkatkan rasa percaya diri
  2. Meningkatkan kemampuan memimpin dan administrasi
  3. Menguatkan diri serta memberikan kemampuan teknik maupun mekanik
  4. Menghindarkan pemakainya dari efek-efek negatif seperti pengaruh kosmik planet mars.
  5. Mengurangi serta meredakan penyakit yang ada di dalam perut
  6. Membantu pemakainya dalam menghadapi segalam macam tantangan serta rintangan di dalam hidup
  7. Cocok dipakai oleh mereka yang bekerja dalam bidang operasi, engineer, serta pembangunan
  8. Menghindarkan pemakai dari gangguan yang dilakukan oleh iblis dan setan sebab mengingatkan akan ayat dalam Al-Qur’an
  9. Membantu pemakai untuk menyeimbangkan pengeluaran dengan pemasukan

Selain beberapa manfaat atau khasiat di atas, batu Marjan ini juga populer dipakai sebagai perhiasan bagi kaum pria dan wanita yang dapat membuat pemakainya semakin terlihat tampan dan cantik. Bahkan ada juga yang meyakini bahwa batu akik Marjan ini dapat membuat pemakainya untuk bertutur kata yang manis sehingga disukai banyak orang dan mendapatkan banyak sahabat. Selain di bidang pembangunan, rupanya batu ini berkhasiat di bidang perdagangan dan bisnis karena akan membuat omongan si pemakai semakin dipercaya dan akhirnya mendatangkan keuntungan.

Jenis Batu Akik Marjan yang Asli

Aslinya, batu ini memiliki permukaan yang kasar dengan warna yang cenderung pink ke merah. Kalau sudah dipoles untuk permata perhiasan, permukaannya akan halus dan kelihatan lebih mengkilat. Sayang, diluaran sana banyak sekali pedagang yang memalsukan batu cincin ini. Lalu bagaimana cara membedakan yang mana batu Marjan asli dengan yang bukan? Berikut tipsnya:

  1. Tes susu: Rendam batu Marjan ke dalam susu murni putih dan tunggu beberapa saat. Bila susu berubah warna menjadi merah karena terpengaruh batu tersebut, berarti batu akik Anda palsu.
  2. Mendeting/digesek: Coba dentingkan batu Marjannya, jika berbunyi seperti kaca berarti palsu.
  3. Rasakan khasiatnya: Boleh percaya atau tidak, tetapi batu Marjan yang asli akan berubah warnanya menjadi merah agak pucat jika si pemakai sedang sakit.
  4. Tes kunyit: Gosokkan batu ke kunyit, jika kunyit berwarna merah akibat gosokan tersebut, maka batu itu palsu.
  5. Kaca pembesar: Coba pakai kaca pembesar untuk melihat batu Marjan lebih dekat, yang asli akan terlihat halus dan mulus. Sedangkan yang palsu akan terlihat ada bintik atau benjolan kecil-kecil.

Berikut Foto-Foto Batu Akik Marjan

Khasiat Batu Marjan Gambar Batu Marjan Foto Batu Marjan Batu Marjan Terbaik

Mengenai harga batu Akik Marjan, bisa sangat tinggi karena termasuk jarang atau langka.

Advertisement