Batu Akik Pirus

3166
Advertisement

Idjoel.com – Batu akik pirus asli harus dikenali agar Anda tidak tertipu dengan membeli yang palsu. Salah satu caranya yaitu dengan cara menempel batu di lidah atau di bibir.

Salah satu jenis batu akik yang sangat banyak dicari adalah batu akik pirus. Batu akik jenis ini memang mempunyai daya tarik sendiri. Akik jenis pirus ini bias dikenal juga dengan batu akik turquoise. Batu ini mempunyai ciri khas sendiri dalam hal warna dan juga jenis ukiran yang ada didalam batu ini. Berbeda dengan Batu akik madu, Jenis batu pirus ini mempunyai warna hijau sampai kebiruan, tergantung dari tingkat kandungan tembaga yang ada didalam batu ini. Semakin tinggi tembaga yang ada didalamnya, warna batu ini akan semakin biru. Jika kandungan tembaganya sedikit dan kandungan besinya yang tinggi, warna batu akik ini lebih cenderung hijau.

Advertisement

Jenis batu akik pirus ini memang tergolong batu akik yang cukup mahal dan banyak diburu oleh kolektor disamping batu akik sulaiman. Namun sayangnya, keberadaan batu akik jenis ini sekarang ini diragukan keasliannya. Hal ini dikarenakan semakin banyak batu akik imitasi yang beredar, termasuk juga jenis pirus. Tapi tenang saja, batu pirus asli bisa dikenali dengan mudah dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling mudah yaitu dengan menempelkan batu pirus ini pada bibir. Cara ini sudah dilakukan sejak zaman dulu di luar negeri. Jika bibir menjadi tertarik maka bisa dipastikan bahwa batu pirus ini asli.

Selain dengan menempelkan pada bibir, agar lebih akurat cara mengenali batu akik pirus yang asli yaitu dengan cara menempelkan batu ini pada lidah. Biasanya cara ini dilakukan oleh para pekerja tambang pencari batu pirus di luar negeri. Jika lidah Anda terasa tertarik dan kaku, bisa dipastikan batu pirus asli bukan imitasi. Lebih mudahnya lagi dengan mengenali baunya. Bau batu pirus yang asli sangat menyengat dan menusuk hidung. Hal ini dikarenakan kandungan logam yang ada didalamnya cukup tinggi. Terlebih jika Anda menggosoknya dengan gergaji, bau itu akan sangat menyengat.

Cara lainnya untuk membuktikan bahwa batu akik pirus asli yaitu dengan menggunakan jarum panas. Cara melakukan tesnya cukup sederhana, yaitu dengan menempelkan jarum panas batu pirus. Jika jarum panas berubah warna menjadi coklat, bisa dipastikan jika pirus tersebut asli. Namun cara ini masih kurang bisa dipercaya karena batu akik lainnya juga mengandung zat tembaga yang cukup tinggi. Cara yang paling mudah yaitu dengan membelah batu pirus. Batu pirus yang palsu warna biru atau hijaunya hanya diatasnya saja. Berikut Foto foto Batu Akik Pirus

Batu akik pirus Asli Foto batu akik pirus Gambar batu akik pirus Harga batu akik pirus

Advertisement