Batu Akik Raflesia

1050
Advertisement

Batu akik Raflesia yang namanya persis dengan nama bunga ini tersedia dalam beberapa varian warna di pasaran. Lihat juga khasiat apa saja yang terkandung.

Beberapa saat ini masyarakat Indonesia dihebohkan dengan batu akik, lalu sudah tahukah soal Batu akik Raflesia? Nama batu mulia atau Batu akik tampaknya belum surut dan popularitasnya malah makin naik saja, dan topik yang akan kita bahas dan pelajari lebih dalam kali ini adalah batu Raflesia yang dari namanya saja, kita bisa tahu bahwa kemungkinan batu ini pasti ada kemiripan dengan bunga Raflesia, atau tempat asalnya yang sama. Batu yang asalnya asli dari Bengkulu ini benar-benar batu alam. Fakta lain menyebutkan bahwa batu ini dikategorikan dalam Red Carnelian Chalcedony sehingga makin membuat para kolektor berlomba-lomba membeli dan memilikinya.

Advertisement

Asal dan Kisaran Harga Batu Akik Raflesia

Batu yang satu ini rupanya sudah mulai susah ditemukan, alias menjadi semakin langka meski warnanya sangat memesona dan kecantikannya tidak terbantahkan. Jadi, bisa kita tebak bahwa kalaupun batu aslinya ada di pasaran, tidaklah heran kalau harga yang dipasang sangatlah tinggi, tapi hati-hati juga penipuan yang menyatakan bahwa batu tersebut adalah batu Raflesia dengan corak dan warna sama tapi harga rendah. Ukuran standar dari sebuah perhiasan cincin batu ini saja bisa dihargai jutaan rupiah per bijinya, jadi bisa dibayangkan kalau lebih besar ukurannya.

Sebenarnya, batu jenis ini sudah terkenal di Indonesia apalagi di tengah kalangan para penggemar dan kolektor batu mustika atau batu mulia dan karena warna batu Raflesia yang hampir sama dengan bunga Raflesia, nama Raflesia pun diambil sebagai nama batu tersebut. Selain itu, batu ini pun juga disebut dengan “Red Raflesia.” Ada beberapa varian warna yang sebenarnya tidak banyak diekspos; tidak hanya warna merah atau merah muda saja yang bisa kita temui, tapi ada juga warna putih atau “White Rafflesia,” batu berwarna kuning atau “Yellow Rafflesia,” serta yang berwarna keoranyean atau “Orange Rafflesia” yang kesemuanya itu berasal dari Bengkulu juga. Penamaan batu tentu karena warnanya yang memiliki kemiripan dengan bunga aslinya.

Khasiat Batu Raflesia Merah

Tidak menarik lagi kalau batu akik tidak ada khasiatnya, dan tidak salah lagi, ada beberapa khasiat batu akik Raflesia juga yang dimiliki dan bahkan dipercayai, terutama yang berwarna merah. Untuk khasiat yang dipersembahkan oleh batu Raflesia yang berwarna merah atau yang kita juga kenal dengan sebutan “Red Rafflesia,” antara lain:

  1. Membantu mengurangi depresi dan stres.
  2. Sebagai jimat melindungi pemiliknya dari badai, pencurian, kebakaran, dan malapetaka lainnya.
  3. Membuat suara jernih dan tambah bagus.
  4. Sebagai jimat untuk sukses dalam bisnis atau usaha.
  5. Mengatasi masalah atau penyakit neuralgia, arthritis, dan rematik.
  6. Menyembuhkan masalah pada punggung bagian bawah.
  7. Mempercepat penyembuhan pada tulang.
  8. Meningkatkan daya tarik, cinta dan kasih sayang.

Perawatan Batu Raflesia

Cara merawat batu akik Raflesia juga menjadi topik yang banyak dicari karena setelah memilikinya, tentu hal paling penting berikutnya adalah menjaganya agar tetap berkualitas tinggi dan memukau. Menjaga kilau dari batu ini tidaklah sulit karena hanya perlu menggosoknya saja dengan kain jenis katun secara teratur, kemudian batu bisa direndam di dalam air oksigen sebelum akhirnya dijemur pada siang hari sekitar jam 3. Belum selesai, setelah dijemur, rendamlah kembali dan sementara simpan di dalam freezer. Foto-Foto Batu Raflesia

Batu Raflesia

Batu Akik Raflesia

Batu Akik Raflesia

Baca Juga : Batu Red Borneo

Setelah mengetahui segala detil tentang batu akik satu ini, tertarikkah untuk membeli dan melengkapi koleksi Anda? Pastikan mendapatkan yang asli dan bukan imitasi, serta ketahui cara merawatnya dengan benar sehingga keindahan batu akik Raflesia dapat terjaga dengan baik.

Advertisement