Batu Bacan Doko

2471
Advertisement

Batu Bacan Doko – Salah satu batu akik yang saat ini tengah menjadi primadona adalah Batu bacan. Batu akik bacan ini menjadi pilihan bagi para penggemar batu akik dan para kolektor dikarenakan keunikan dan khasiat batu akik bacan yang sudah terkenal di kalangan masyarakat. Batu bacan sudah mulai terkenal cukup lama pada masa kesultanan Maluku Utara. Namun, akhir-akhir ini dengan semakin maraknya peminat batu akik, batu bacan juga menjadi lebih dikenal di masyarakat. Batu ini memiliki ciri khas khusus warna hijau. Walaupun ada juga warna lain seperti kuning tua, hijau cincau, dan sembilan warna lainnya.

Batu Bacan yang dikenal di masyarakat saat ini terdiri dari dua jenis, yaitu Batu bacan palamea dan Batu bacan doko. Batu bacan palamea cenderung lebih sulit untuk di dapatkan sehingga semakin terbatas juga persediaannya di pasaran. Begitu halnya dengan khasiat batu bacan palamea. Masyarakat percaya bahwa khasiat batu bacan jenis palamea lebih banyak dibandingkan dengan khasiat batu bacan tipe doko. Khasiat batu akik bacan jenis palamea ini diantaranya adalah untuk meningkatkan kinerja otak, memperkuat jantung dan organ penting lain dalam tubuh, menyembuhkan dan menyehatkan jiwa, serta dipercaya sebagai penjaga keselamatan, memperlancar usaha, dan meningkatkan aura diri.

Advertisement

Batu Bacan Doko merupakan sebuah jenis batu yang terbilang sangat unik dan cantik, baik dari segi tekstur batu dan juga warnanya yang identik berwarna ijo, membuat yang memandangnya bakal ada ketenangan jiwa. Batu Bacan ini disebut juga sebagai jenis batu Halmahera Maluku utara.

Batu Bacan Doko ini banyak terdapat di Desa Doko Pulau Kasiruta, Kecamatan Bacan Barat Kabupaten Halmahera Provinsi Maluku Utara, Begitulah sebabnya batu bacan maluku ini akhirnya diberi nama sesuai dengan asal muasal dari batu tersebut. Batu Bacan Doko mempunyai warna hujau yang bening hingga hijau gelap, ciri-ciri yang lain untuk me-ngetahui batu bacan doko ialah disenter, kalau tembus maka tersebut adlaah batu bacan doko asli.

Warna dan juga kebeningan batu bacan doko ini ada juga yang mirip dengan batu bacan palamea namun sulit didapatkan. Batu bacan doko kini ini men-jadi incaran kolektor batu permata, sebab prosedur perubahan men-jadi kristal / bening amat cepat. Makin cerah warna yang dimiliki maka harganya bakal akan semakin mahal.

Banyak orang yang memiliki Cincin batu bacan doko cincau yang tadinya penampakan warna luarnya kehitaman, disimpan ataupun dipakai selama 3-4 bulan, warna Batu Bacan Doko ini berubah warnanya men-jadi hijau tua.

Selain khasiat batu bacan yang cukup spektakuler yang menjadi daya tarik batu ini, ternyata batu akik ini juga memiliki beberapa keunikan dibandingkan dengan jenis batu akik lain. Batu bacan dapat menyerap zat mineral yang ada di sekitarnya. Zat mineral tersebut seperti emas. Apabila Anda menempatkan batu bacan ini berdekatan dengan emas, atau menjadikan batu bacan sebagai batu cincin yang terbuat dari emas, maka semakin lama batu tersebut akan memiliki unsur warna kekuningan atau bintik kuning emas. Selain itu, batu bacan juga dapat mengubah warnanya. Sehingga tidak heran beberapa orang menyebutnya sebagai batu hidup. Misalnya pada awalnya batu ini berwarna hijau maka semakin lama akan berubah menjadi ada warna lain seperti warna hitam atau warna lain pada batu itu secara sendirinya.

Khasiat Batu Bacan Doko
Batu asal Halmahera ini sering disebut juga sebagai batu bernyawa, sebab memiliki keunikan yang tidak dimiliki batuan  lain, khasiat Batu Bacan Doko diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Batu Bacan Doko dipercaya Untuk kesehatan jiwa ataupun psikis
  2. Ada juga bacan doko berkhasiat untuk Menyeimbangkan dan juga mengatasi kelelahan jiwa pemakainya
  3. Batu Bacan Doko ini Dipercaya sebagai batu sakti
  4. Batu Akik Bacan Doko ini disebut-sebut Meningkatkan daya pikir yang berkaitan dengan kinerja otak
  5. Memperkuat kerja jantung, mata dan juga membikin tubuh lebih enerjik

Percaya ataupun tidak kekuatan cuma milik Allah SWT yang Maha Kuasa.

Nah!!! Untuk mendapatkan Batu bacan yang berkhasiat seperti diatas, Anda mungkin membutuhkan anggaran dana yang sedikit lebih banyak daripada untuk mendapatkan batu akik yang lain. Batu bacan terkenal dengan harga yang cukup tinggi juga di antara Batu Akik lainnya. Harga batu bacan termahal bisa mencapai ratusan juga rupiah. Tentunya selain khasiat yang akan Anda dapatkan juga akan ada keindahan dan keunikan yang akan Anda dapatkan dan membuat Anda tampil lebih dari yang lain.

Baca Juga : Batu Cincin Termahal di Indonesia

Advertisement