Batu Giok Aceh Jadi Cincin Perhiasan Kaum Wanita

1353
Advertisement

Batu Giok Aceh Jadi Cincin Perhiasan Kaum Wanita – Tren batu giok di Aceh mulai merambah kepada kalangan wanita. Sekarang ini, Kebanyakan wanita aceh telah dapat memperoleh beragam aksesori yang terbuat dari batu giok, seperti cincin, gelang, liontin, hingga kerabu. Perhiasan tersebut dijual di hampir seluruh kios gem’stone yang berada di Ulee Lheue, Kota Banda Aceh.

“Permintaan dari konsumen yang tinggi akan Batu giok untuk kali ini adalah bentuk liontion kalung dan juga cincin, ” ungkap pemilik kios, Aidil. Persoalan tentang harga, Batu giok tersebut tergantung pada jenis batu giok yang dipakai. Untuk liontin solar madu contohnya, Aidil menyebutkan bahwa harga jualnya dapat mencapai Rp 1. 500. 000 Rupiah. Lebih-lagi 2 yang hari lalu dia baru saja menjual liontin giok idocrase dan juga solar dengan harga masing-masing Rp 18 juta dan juga Rp 15 juta. “Itu orderan dari pemiliknya, katanya mau dihadiahkan buat istrinya, ” imbuh Aidil.

Advertisement

Sementara kalau untuk cincin kata Aidil, kebanyakan wanita aceh memilih batu jenis nefrit. Cincin batu nefrit tersebut ditaksir mulai dari Rp 250 ribu rupiah, sementara dari jenis solar dapat dijual mulai dari Rp 1, 5 juta hingga Rp 2 juta / cincin.

Pemilik kios Gem’stone lainnya, Mbak Amna, juga mengakui akan hal yang sama. Cuma saja, pihaknya hanya melayani jasa mengasah batu, sedangkan pemasangan gagangnya di toko yg lain. Permintaan ter banyak adalah untuk pembuatan bola mata liontin, cincin, dan juga kerabu.

Disisi lain, Bang Pon, pemilik salah satu toko emas di Jalan Chik Pante Kulu, Banda Aceh, menambah, selama demam Batu Giok Aceh, banyak yang datang ke tempatnya para kaum wanita yang memintakan batu gioknya diikat dengan emas 70 persen.

“Ya Rata-rata dijadikan liontin, cincin dan juga ada yang minta dibuat kerabu. Tetapi kalau kali ini dominannya cincin, baru liontin, ” Tutur Bang Poen.

Baca juga : Foto foto batu akik dan Khasiat Batu Akik

Advertisement