Batu Giok Super

1444
Advertisement

Batu Giok Super – Giok super dengan kualitas tinggi saat ini sudah mulai sulit untuk didapatkan di pasar-pasar di Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, meskipun Gayo terkenal sebagai daerah penghasil batu akik di Aceh. 2 (Dua) kawasan perburuan batu permata yaitu, Jagong Jeged dan juga Linge tetap ramai dengan orang-orang yang mencari batu tersebut.

Salah Seorang Pencari Batu Giok Aceh menyatakan bahwa untuk mencari batu giok yang bermutu tinggi seperti Giok solar dan bio solar sekarang ini mulai sulit belakangan ini.

Advertisement

“Kalau 2 bulan lalu, untuk mencari batu giok super tidaklah terlalu sulit, namun akhir-akhir ini amat sulit didapatkan, kalaupun ada dipastikan Giok tersebut tidak bermutu baik, ” beber Heri. Disebutkan, harga batu giok bermutu baik seperti solar dan bio solar lebih tinggi dibandingkan jenis batu permata lainnya.

“Kalaupun Batu Giok Super harganya mahal, tetapi kualitasnya baik, maka pasti pembeli tetap ada. Masalahnya, ada yang berani beli mahal tetapi barangnya sulit untuk di-cari, ” sebutnya. Dia mengaku potensi harga jual batu giok aceh sangat tinggi, Akan tetapi masyarakat saat ini sudah mulai berhati-hati ketika mencari batu, sebab pemerintah telah mengeluarkan aturan terkait penambangan batu tersebut.

Berlandaskan lansiran dari Tribunnews, seiring dengan populernya batu giok dalam beberapa bulan terakhir ini, banyak masyarakat di Aceh yang beralih profesi men-jadi pencari batu giok. Lebih-lagi, memasuki musim kemarau ada tahun ini, Masyarakat berduyun-duyun berburu batu giok ke aliran sungai yang diduga banyak menyimpan bongkahan batu mulia. Seperti di sejumlah aliran sungai di daerah Lumut, Kec. Linge, Sungai Gerpa Kec. Bintang dan juga di sejumlah anak sungai di kawasan Gemboyah, Jagong Jeged.

Omzet penjualan batu giok asal Gayo dan daerah lainnya termasuk Giok Tiro Aceh sudah mencapai jutaan rupiah / harinya. Pecinta batu mulia, bukanlah saja melanda kaum adam, tetapi juga melanda kaum Hawa.

Ucok Rangkuti, Seorang orang penjual batu alam Leuser Gemstone di Kutacane menyatakan bahwa omzet gagang cincin titanium dan juga batu akik terus meningkat. Disebutkan gagang cincin titanium ukuran 7-8 ter laris dan juga jenis batu akik yang diburu warga jenis idocrase, black jade, bio solar, kecubung, lavender dan juga cempaka.

Baca juga : Cara Membedakan Giok Asli dengan Yang Palsu

Advertisement