Batu Merah Delima

1533
Advertisement

Batu Merah Delima adalah salah satu batu mulia yang paling indah di dunia dan juga sebagai batu yang paling banyak diminati. Batu ini memiliki warna merah yang bervariasi mulai dari merah muda hingga merah gelap ataupun banyak juga orang menyebutnya dengan batu merah darah.

Nilai jual dari batu merah delima dapat mencapai miliaran rupiah perbatunya sama halnya juga seperti batu akik termahal yang mencapai 2 Milyar rupiah. Hal ini dikarenakan kelangkaan dan keberadaannya yang amat sulit didapatkan. Untuk menemukan batu merah delima dibutuhkan ilmu yang benar- betul mampu mengusai kekuatan yang menyelubunginya.

Advertisement

Batu merah delima mempunyai keunikan yang tidak dimiliki oleh jenis batu akik lainnya. Batu ini Kalau dimasukkan ke dalam air bakal berubah warna men-jadi merah darah. Ada batu sejenis merah delima yang dapat mengubah warna air men-jadi merah, yaitu batu merah siam.

Ciri Ciri Batu Merah Delima

  1. Bentuk Batu Merah Delima adalah kecil seukuran biji delima. Tidak terlalu besar. Kalau besar, dapat dipastikan palsu.
  2. Warna merah dari batu ini tanpa gelembung dan mengkristal.
  3. Asli atau palsu, Letakkan Batu Merah Delima dalam segelas air. Rendamkanlah dalam segelas air. Kalau bias menembus 7 (tujuh) gelas hingga 21 gelas dan tidak hilang dalam waktu 1 (satu) bulan. Berarti batu tersebut adalah asli. Sebab dapat saja penjual batu MD ini menggunakan fosfor. Kalau direndam lama pasti kandunganya bakal lemah.
  4. Tembak rendaman gelas dengan sebutir peluru. Kalau gelas tersebut tidak jadi pecah. Berarti batu tersebut adalah asli. Bila menggunakan silet, perhatikan dua sisinya, sebab dapat saja satu bagian tumpul, satu bagiannya lagi tajam.
  5. Keaslian daripada sebuah Batu Merah Delima juga terdapat pada kekuatannya. Pihak yang berwenang untuk menguji keaslian dari Batu merah delima ini umumnya memiliki peralatan yang khusus untuk me-ngetahui kekuatannya. Kalau batu MD tersebut tidak pecah bila dipukul dengan kekuatan tertentu, dapat dijamin keasliannya.
  6. Harga Batu Merah Delima yang asli amat sangat mahal, dari ratusan juta perbatunya sampai milyaran rupiah. Oleh karena itu, bila ada pedagang yang menjual batu permata jenis ini dengan harga yang murah, maka patut dipertanyakan keasliannya.

Baca juga : Misteri batu akik combong

Advertisement