Batu Pasir Emas

1373
Advertisement

Batu Pasir Emas – Provinsi Bali dikenal banyak orang selaku daerah target wisata nasional dan internasional mewarisi jenis batu akik terbaik sehingga mampu menambah citra daerah bagi pencinta dan juga penggemar batu akik dan benda seni lainnya yang belakangan ini amat digemari masyarakat luas.

Jenis batu akik tersebut terdiri atas batu badar, serawat kawat, batu akik badar emas dan juga batu krishna, ” kata Seorang kolektor batu akik ternama didaerah itu, Haji Imam Bukhari.

Advertisement

Dataran Bali yang dikelilingi oleh pantai, daerah pegunungan dengan panorama alam yang indah nan sejuk menyimpan batu akik mahal yang tidak kalah indahnya dibandingkan dengan daerah lainnya.

Oleh sebab tersebut, Provinsi mungil ini tidak menjadi rahasia lagi dan sekarang termasuk dalam perhitungan para pencinta batu akik, sesudah didapatkan sejumlah Batu Akik Pasir Emas lumayan me-narik kepedulian masyarakat sekitarnya.

H. Imam Bukhari menerangkan bahwa Batu Pasir Emas tersebut disebut Batu Badar yang beraasal dari Desa Pulaki, Kabupaten Buleleng, Bali utara.

Keunikan batu akik permata asal Bali dibandingkan dengan daerah yang lain di Indonesia sebab mengandung kadar emas yang banyak disukai orang banyak.

Wisatawan Lokal dan Wisatawan Manca Negara banyak yang tengah me-nikmati indahnya liburan di Bali, dan yang lebih menyenangkan lagi, batu akik tersebut banyak dipajangkan di toko penjual cinderamata.

Perhiasan berupa gelang batu akik dan juga pernak pernik lainnya selaku perhiasan laki-laki dan juga perhiasan kaum perempuan kini men-jadi mode tersendiri bagi masyarakat Bali ketika melaksanakan kegiatan ritual keagamaan hindunya, sehingga usaha industri skala rumah tangga tersebut mencuat ke permukaan.

Sebut saja Gede Kripa Nadhi, perajin pembuat cinderamata di Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali mengakui bahwa omset penjualan tiap bulannya sudah mencapai puluhan juta rupiah.

Baca Juga : Cara Mengkilapkan Batu Akik dengan Cepat dan Mudah

Batu Akik Pasir Emas khas bali ini di pasaran harganya berkisar 500 ribuan hingga jutaan rupiah. Lebih-lagi ketika berlangsungnya kegiatan ritual keagamaan berskala besar “Betara Turun Kabeh di Pura Besakih Kab. Karangasem, omset penjualannya bisa mencapai Rp50-Rp60 juta / bulannya.

Batu pasir emas adalah batu yang berjenis Pasir Emas (Golden Sand). Menurut legenda, jenis pasir emas inilah yang memiliki energi mudah rezeki yang amat sangat besar. Sehingga banyak para raja jawa jaman dahulu menggunakan batu Pasir Emas

Dibawah ini Cara membedakan batu pasir emas yang asli

  1. Biasanya Batu Pasir Emas yang asli dingin bila ditempelkan ke kulit kita
  2. Bila Batu Pasir Emas ini disenter menggunakan laser warna merah, warna laser bakal dipantulkan menyebar
  3. Kalau Batu Pasir Emas Digosok ke kaca, batu pasir emas tidak bakal akan tergores
  4. Sebaiknya tanyakan kepada yang pakar dibidangnya contohnya tukang Batu Pasir Emas
  5. Batu pasir emas memiliki banyak penggemar dan juga peminat, menurut informasi yang saya dengar kebanyakan orang amat menyenangi batu jenis ini.

Demikian. Terima kasih

Advertisement