Batu Red Borneo

1352
Advertisement

Batu Red Borneo adalah salah satu jenis batu yang unik tapi memesona. Pelajari lebih dalam tentang sejarahnya, karakteristik, dan cara merawatnya

Kehebohan akan batu akik masih hingga detik ini dan Batu Red Borneo sebaiknya tidak dilewatkan karena kalau mengaku sedang demam batu akik, paling tidak kalian mengenalnya lebih dulu sebelum memutuskan untuk mengoleksinya. Dengan batu-batu alam yang beraneka ragam coraknya, batu Red Borneo menjadi salah satu yang menarik.

Advertisement

Sejarah dan Perkiraan Harga Batu Akik Red Borneo

Di antara banyaknya jenis batu akik yang populer di kalangan masyarakat Indonesia selain Batu Kalimaya Banten, batu Red Borneo termasuk yang juga dianggap indah dengan teksture warna hitamnya. Teksturnya yang unik menjadi daya tarik batu satu ini karena teksturnya tidak hanya hitam rupanya, terkadang ada juga yang warnanya pada permukaan batu krem muda tipis atau samar-samar. Kandungan “rodocrosite” juga diketahui terkandung di dalam batu solid yang berasal dari Martapura ini. Kita hanya dapat menemukannya di Kalimantan Selatan dan tidak aka nada di kawasan lainnya; jika ingin mencoba berburu batu ini, kunjungi saja Kabupaten Banjar.

Untuk kisaran harga batu akik Red Borneo, yang paling murah bisa ratusan ribu rupiah, tapi paling mahalnya bisa mencapai puluhan juta rupiah yang tentunya ditentukan oleh kualitas barang. Untuk bongkahan batu ini, diketahui harga yang dibanderol bisa jutaan rupiah terutama yang berada di level standar. Mahal tidaknya tentu juga tergantung dari karakteristik atau keistimewaannya.

Karakteristik Batu Red Borneo

Ada banyak batu Red Borneo yang dijual imitasi, tapi kalau tertarik dengan yang asli, tentu ada ciri-ciri batu akik Red Borneo yang bisa dilihat dan diteliti sebelum memutuskan untuk membelinya, seperti karakteristik yang ada di bawah ini:

  1. Batu yang asli itu lebih keras daripada kaca jadi kalau kalian mencoba menggoreskannya ke kaca maka akan ada bekas yang ditinggalkan.
  2. Mempunyai perpaduan warna merah cerah; sedangkan batu dengan kualitas super, ada campuran warna oranye, merah fanta, dan merah yang bakal nampak. Paduan coraknya pun sangat atraktif dengan campuran warna yang benar-benar rata dan alami.
  3. Kalau menyenternya di salah satu sudut, batu yang asli bisa terlihat transparan. Memang penembusan cahaya tidaklah bisa dikatakan sempurna, tapi, pendaran cahaya tetap bisa terlihat jika kita memosisikan memandang dari sisi sebaliknya.
  4. Karena adalah batuan padat, maka tidak akan retak; bahkan akan tampil mengkilap dan mulus. Pada batu juga terdapat inklusi atau yang kita lihat sebagai serat halus sehingga batu makin indah dipandang.

Khasiat Batu Red Borneo

Ada beberapa khasiat batu akik Red Borneo yang tentu membuat para penggemar batu akik penasaran; ini dia beberapa hal yang dipercaya oleh sebagian pecintanya:

  1. Memberikan rasa damai.
  2. Membuat segala usaha atau bisnis lancar.
  3. Meningkatkan kewibawaan dan karisma pemiliknya.
  4. Membuat pikiran lebih tentram dan tenang.
  5. Mengatasi sakit perut pada bayi serta masuk angin.
  6. Mengatasi bayi yang diganggu makhluk gaib.
  7. Membantu meraih kedudukan yang tidak bisa dikalahkan.
  8. Memancarkan kasih sayang.

Perawatan Batu Red Borneo

Cara merawat batu akik satu ini secara benar adalah dengan langkah-langkah berikut:

  1. Mengenakan cincin batu Red Borneo bakal membantu meningkatkan kualitas kristal karena panas tubuh kitalah yang bakal memengaruhinya.
  2. Olesi dengan minyak zaitun supaya kilaunya bisa terawat dengan baik.
  3. Gunakan air mineral biasa untuk merendam apabila batu belum naik ring.
  4. Kalau teknik penjemuran diperbolehkan dan dianjurkan oleh pedagang, pastikan batu tidak dijemur lama-lama, karena kalau terlalu lama maka akan terjadi keretakan pada batu akik Red Borneo.

Foto Batu Red Borneo :

Cincin Batu Red Borneo Batu Red Borneo Batu Cincin Red Borneo

Batu Red Borneo Asli

Baca Juga : Tanda-tanda & Jenis Batu Kalimaya Asli

Advertisement