Batu Termahal di Dunia 2017 Jenis Safir Rp 214 miliar

Batu Termahal di Dunia – Batu Safir asal dari Negara Sri Lanka bernama “Blue Belle of Asia” berhasil dijual dengan US$ 17,6 juta atau dengan mata uang rupiah Rp 214 miliar adalah rekor harga batu termahal di dunia saat ini.

Rumah lelang Christie’s menyatakan bahwa batu safir berbentuk bantal ini adalah batu safir dengan kadar 392, 52 karat dibeli harga 2 (dua) kali lipat dari harga perkiraan.

Ketika lelang sedang berlangsung, Kolektor dan Penjual perhiasan profesional dari Timur Tengah disebutkan berlomba-lomba untuk mengajukan penawaran atas batu safir tersebut.

“Kami amat bangga Blue Belle of Asia berhasil mencatat rekor baru untuk penjualan batu safir di pelelangan, ” ujar Rahul Kadakia, Kepala Departemen Perhiasan Christie’s.

“Koleksi batu safir untuk pribadi, yang hadir di acara lelang ini, men-jadikannya pemilik baru Batu Termahal di Dunia saat ini, ” Ujarnya.

Belum diketahui dengan jelas apa-kah batu permata ini dimiliki oleh kolektor asal Arab Saudi.

Sama halnya dengan Batu Kalimaya banten, Pelelangan Batu safir yang dilaksanakan di kota Jenewa ini sudah menjual satu blok perhiasan yang seluruhnya terjual dengan harga US$ 152, 67 juta, melebihi hasil penjualan koleksi berlian Elizabeth Taylor yang meraup uang sekitar US$116 juta 3 tahun lalu.

Laurence Graff adalah Penjual batu permata asal Inggris yang dikenal dengan nama ‘Kings of Diamonds’, mem-beli anting-anting Bulgari dengan harga US$16,1 juta.

Sementara itu disisi lain, gelang emas buatan Joel Arthur Rosenthal, terjual dengan harga US$ 3,6 juta, sangat jauh di atas perkiraan harga se-belum dilelang, yaitu sebesar US$ 300.599.

Rumah lelang Christie’s menyebutkan bahwa, gelang emas yang diberi nama Parrot Tulip tersebut adalah karya Joel Arthur Rosenthal termahal ke-2 yang pernah dijualnya.

“Benda berharga ini adalah tanda bahwa uang hanya untuk benda-benda istimewa, ” kata Eric Valdieu Mantan pekerja rumah lelang Christie’s ke-pada kantor kabar Reuters.

Lelang di Kota Jenewa dilakukan setahun 2 (dua) kali semenjak tahun permulaannya tahun 1969.

“Semudah apapun menerangkan bahwa mengapa Graff membayar dengan harga pasar untuk anting berlian, tetap sangat sulit menjelaskan bahwa harganya adalah US$ 3,6 juta. Hal ini tetap sulit untuk dijelaskan,” ujar Valdieu. (Reuters)

Baca juga : Cara Mengetahui Batu bacan asli dengan Layar Ponsel

tags: