Berita Terbaru Alutsista Pada HUT TNI

Inilah Berita Terbaru Alutsista TNI – Tentara Nasional Indonesia menggelar parade dengan mengeluarkan seluruh kekuataan persenjataan (alutsista) dalam rangka HUT TNI. Upacara hari jadi TNI ini bakal akan dipimpin langsung Panglima TNI.

Parade kekuatan persenjataan TNI seluruh angkatan tersebut juga dihadiri Wakil Presiden beserta para pejabat negara.

Panglima TNI menyatakan, parade kali ini mungkin ada kejutan bagi rakyat Indonesia. Sebab, ratusan pesawat tempur Militer Indonesia tersebut dikerahkan memeriahkan HUT TNI tersebut.

“Hari ini, langit di atas kita bisa menjadi hitam. Sebab, lebih dari 200 pesawat tempur kita terbang dilangit, terutama pesawat TNI AU, AL, dan juga AD, ” kata Dia di Dermaga Ujung, Komando Armada RI Kawasan Timur.

Parade alutsista TNI kali ini adalah sejarah baru bagi bangsa Indonesia. Sebab, semenjak beberapa tahun silam, RI belum pernah memiliki kekuatan alutsista sebesar ini.

“Sejak Indonesia merdeka, sekaranglah waktunya kita bangga sebab banyak pesawat tempur kita yang terbang, ” ujarnya.

Sementara hal yang demikian, sebanyak 18.580 personel TNI terlibat dalam kegiatan ini. Sedangkan TNI Angkatan Darat mengerahkan 192 alutsista, di antaranya tank baru Leopard pabrikan Jerman, Tank Marder, Panser Tarantula, Tank Scorpio, dan juga lainnya.

TNI AL mengeluarkan 195 alusista di antaranya, KRI Bung Tomo, KRI Usman Harun, dan juga KRI John-Lie yang baru sampai di tanah air.

Sedangkan TNI AU jua tidak mau kalah. Mereka menampilkan 139 pesawat. Pesawat tersebut, antara yg lain, Sukhoi Su27/30, F5 Tiger, F-16 Fighting Falcon, dan juga Super Tucano.

Indonesia Miliki 5 Pesawat Drone Tanpa Awak Perkuat Pertahanan TNI

Jenderal TNI  memberitahukan kepada khalayak ramai bahwa TNI telah memperoleh (5) lima pesawat tanpa awak (drone). Setidaknya lima buah drone telah didatangkan dari luar negeri dan juga siap memperkuat kekuatan pertahan TNI. Nah?? Apakah Drone Pesawat Tanpa Awak tersebut mirip drone Amerika Serikat ? Sayangnya, Jenderal TNI tersebut enggan menyebut negara asal-asal drone tersebut dan juga spesifikasi pesawat tanpa awak tersebut dengan cara mendetail.

Lebih lanjut, dia menerangkan, kedatangan pesawat drone impor tersebut hendak melengkapi pesawat tanpa awak yang sebelumnya telah dimiliki TNI.

“Dalam waktu dekat Sudah ada drone baru kita, import dari luar. Ada sekitar 5 (lima) buah, ” kata dia di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Panglima TNI mengakui, sebenarnya TNI sebelumnya telah memiliki drone-drone buatan industri pertahanan dalam negeri. Namun, kedatangan drone-drone tersebut dapat menjadi bahan untuk pengembangan teknologi drone-drone buatan dalam negeri.

PT Dirgantara Indonesia, Dislitbang AU, dan juga Badan Pengkajian dan juga Penerapan Teknologi (BPPT) memang sempat membikin dan juga mengembangkan pesawat tanpa awak tersebut.

“Bisa jadi ini bisa menjadi tambahan ilmu, walaupun sebetulnya kita telah mempunyai. Kini, kita dalam tahapan belajar untuk pengendalian tersebut, ” lanjut mantan KSAD tersebut.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan, memang sempat memberitahukan rencana pihaknya untuk mendatangkan drone-drone baru demi memperkuat kekuataan pertahanan TNI.

Video YOUTUBE Tentang Berita Terbaru Alutsista Pada HUT TNI

Nonton Video Lainnya di SINI

Penggunaan Pesawat drone tersebut pun dapat dimaksimalkan untuk menjaga daerah-daerah perbatasan. MENHAN pun menyatakan, pihaknya akan membeli drone yang lebih canggih lagi dan juga nanti-nya teknologi tinggi drone tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut oleh industri pertahanan lokal. Pembelian pesawat drone tersebut pun tetap diikuti dengan skema alih teknologi.

Baca Juga : Kekuatan Alutsista TNI dan Militer Terkuat Di Dunia. Terima Kasih dan Sampai Jumpa

tags: