Cara Daftar BPJS Online 2018

800

Cara daftar BPJS sangat mudah tak hanya bisa datang langsung menuju kantor BPJS untuk mendaftar BPJS juga bisa dengan menggunakan gadget dan juga PC yang terhubung melalui online di internet.

BPJS adalah sebuah layanan baru yang ditawarkan oleh pemerintah yang digunakan sebagai jaminan hidup untuk masyarakat Indonesia. Sebenarnya BPJS adalah sebuah layanan yang diproyeksikan akan mengganti layanan kartu kesehatan. Namun BPJS ini memberikan banyak kelebihan dibanding kartu kesehatan. Karena bersifat asuransi BPJS tak hanya bisa digunakan untuk berobat tetapi juga bisa dijadikan dana jaminan tua yang kadang dibutuhkan. Cara daftar BPJS Online  sebenarnya cukup mudah dan tidak akan memberatkan para nasabah BPJS. Dengan kartu dan keikutsertaan Anda dalam layanan BPJS Anda bisa lebih mudah berobat bahkan untuk berobat yang mahal sekalipun.

Dalam pelayanan BPJS sendiri terbagi dalam beberapa golongan terutama pada masalah pelayanan yang nantinya diberikan. Dalam keanggotaanya BPJS memberikan penawaran jumlah setoran tiap bulan yang harus dilakukan oleh anggota. Dengan semakin banyaknya setoran yang diberikan maka pelayanan terutama kesehatan juga akan menggunakan fasilitas yang lebih baik. Meski demikian dari setiap nasabah BPJS Kesehatan akan mendapatkan pelayanan yang sama dimana saja oleh para ahli kesehatan. Cara daftar BPJS bisa dilakukan secara langsung atau juga bisa dilakukan secara online. Dengan syarat yang mudah maka orang bisa segera mendapatkan pelayanan BPJS dengan cepat.

Cara Daftar BPJS Dengan Online

Cara daftar BPJS pertama yang akan kita bahas adalah mengenai cara mendaftar online untuk keanggotaan BPJS. Pada masa sekarang dunia IT memang tidak bisa dipisahkan dari manusia ada banyak kemudahan yang bisa didapatkan dengan IT termasuk untuk mendaftar BPJS. Ada beberapa kemudahan yang bisa didapatkan dengan mendaftar online untuk BPJS. Tentunya dengan mendaftar online Anda tidak perlu untuk jauh-jauh datang ke kantor BPJS untuk mendaftar. Selain itu dengan mendaftar BPJS secara online juga tidak akan dikenakan biaya administrasi. Nah, bagaimana cara untuk mendaftar BPJS lewat jalan online tersebut, langsung saja bisa Anda simak ulasannya berikut.

Cara Daftar BPJS

Dalam Berita Terkini, Sebelum Anda daftar BPJS dengan cara online, hal pertama yang harus melengkapi beberapa persyaratan. Dimana persyaratan tersebut adalah menyiapkan KTP yang masih dalam masa aktif. Berikutnya Anda juga harus menyiapkan Kartu Keluarga milik Anda sendiri. Jika Anda seorang karyawan atau pekerja Anda juga perlu menunjukkan kartu NPWP milik Anda. Jangan lupa untuk menyertakan nomor HP atau telepon dan juga Email yang Anda miliki. Terakhir tinggal Anda siapkan nomor rekening dari calon penanggung dana iuran BPJS yang dibuat. Jika semua syarat tersebut telah siap, berikutnya adalah Anda ikuti cara daftar BPJS berikut ini.

Cara daftar BPJS Online tentunya adalah menyiapkan semua berkas dan persyaratan yang diperuntukkan untuk mendaftar BPJS. Setelah itu, Anda siapkan media untuk Anda online dan segera kunjungi web site BPJS di http://BPJS-kesehatan.go.id. Berikutnya tinggal Anda pilih menu untuk mendaftar online BPJS yang biasanya terdapat pada sisi kiri pojok atas halaman web. Setelah itu akan muncul halaman yang berisi syarat dan ketentuan untuk mendaftar dan syarat ketentuan selama menjadi anggota BPJS. Jika Anda sudah paham Anda beri tanda centang pada perintah yang menyatakan persetujuan akan semua syarat dan ketentuan yang diberikan. Setelah itu tinggal Anda klik pendaftaran pada sudut kiri teks persetujuan.

Cara daftar BPJS dengan langkah online yang terakhir adalah mengisi formulir yang akan muncul setelah Anda mengeklik pendaftaran. Pada pengisian form ini Anda harus benar-bena mengisi data dengan sebenar-benarnya dan sesuai dengan data yang ada di KTP atau juga KK. Anda perlu mengisikan alamat, nomor telepon, tempat lahir, tanggal lahir, email serta kantor terdekat yang bisa Anda datangi. Dengan mengisi data dengan benar maka Anda akan langsung mendapatkan konfirmasi mengenai pendaftaran. Selain itu, penting untuk mengetahui kantor BPJS yang paling dekat karena akan lebih mudah ketika Anda mengambil kartu BPJS milik Anda di kantor BPJS tersebut.

Cara Daftar BPJS Lewat Kantor

Selain dengan cara daftar BPJS melalui media online, Anda juga bisa datang langsung ke kantor BPJS untuk mendaftarkan diri menjadi anggota BPJS. Untuk pendaftarannya sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mendaftar BPJS melalui cara online. Hanya saja dengan datang langsung menuju kantor BPJS mungkin waktu Anda akan lebih banyak tersita karena tak jarang Anda harus mengantri untuk mendaftar. Meski demikian, ketika mendaftar langsung ke kantor BPJS Anda akan mendapatkan penjelasan secara rinci mengenai pelayanan BPJS dari para pelayan. Dengan demikian Anda tidak akan merasa bingung ketika mendaftar.

Cara Daftar BPJS di Kantor

Sama seperti cara daftar BPJS online sebelum Anda mendaftar langsung BPJS menuju kantor, Anda juga perlu menyiapkan beberapa berkas persyaratan. Dimana beberapa persyaratan tersebut adalah KK, dan juga KTP. Selain dua hal tersebut Anda juga perlu menyiapkan pas foto ukuran 3×4 yang berwarna sebanyak dua lembar. Lengkapi semua berkas tersebut sebelum Anda datang menuju kantor BPJS untuk mendaftar. Karena posisi kantor BPJS yang biasanya hanya di kabupaten kota maka akan menyulitkan jika Anda sampai tidak membawa salah satu persyaratan. Jika semua persyaratan siap maka Anda bisa datangi kantor BPJS terdekat di kota Anda.

Cara daftar BPJS lewat kantor berikutnya setelah Anda sampai di kantor BPJS maka Anda harus melakukan pengisian berkas formulir pendaftaran. Namun biasanya Anda akan terlebih dahulu mendapatkan penjelasan mengenai BPJS dan pelayanannya serta hak dan kewajiban anggota yang harus dipenuhi. Jika Anda sudah paham, maka Anda akan diberikan berkas formulir untuk diisi. Untuk isi dari formulir ini sendiri sama dengan apa yang harus diisi pada formulir pendaftaran yang ada pada cara online. Setelah selesai melakukan pengisian, maka Anda akan diminta untuk melakukan penyetoran menuju nomor rekening milik BPJS dan Anda resmi menjadi anggota BPJS.

Perlu diperhatikan agar setelah Anda mendapatkan nomor kode untuk pembayaran BPJS, segeralah Anda melakukan transfer untuk menyetor uang bulanan yang menjadi syarat keanggotaan BPJS. Cara daftar BPJS ini sangat penting agar Anda bisa segera mendapatkan kartu BPJS milik Anda sendiri. Jika Anda tidak memiliki kartu BPJS maka pelayanan BPJS tidak akan berlaku dan diberikan ketika Anda sedang dirawat atau mengalami keadaan darurat. Untuk besaran pembiayaan BPJS sendiri ada beberapa kelas yang tentu jumlah iuran bulannya berbeda. Untuk kelas satu iuran yang dikenakan adalah 60 ribu. Sedangkan untuk anggota kelas dua iuran yang diberikan adalah 42 ribu lima ratus. Dan terakhir untuk kelas 3 iuran yang diberikan adalah 25 ribu lima ratus.

Baca Juga : Orang Terkaya di Asia dan Pengertian Pendidikan

Itulah beberapa cara daftar BPJS yang sangat mudah. Dengan menjadi anggota BPJS maka Anda akan mendapatkan pelayanan lebih memuaskan dari rumah sakit dari uang yang Anda setorkan melalui bank. Dengan menjadi anggota BPJS pula Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan untuk melakukan perawatan untuk kesembuhan penyakit Anda. Penyakit bisa datang kapan saja baik saat kita memiliki uang atau juga tidak memiliki. Dengan mendaftar BPJS maka Anda akan lebih siap untuk menghadapi kemungkinan kesialan yang mungkin terjadi untuk mendapatkan penyembuhan dengan pelayanan terbaik dan gratis.