Cara Membedakan Batu Bacan Asli Dengan Yang Palsu

1472
Advertisement

Cara Membedakan Batu Bacan Asli Dengan Yang Palsu – Batu bacan saat ini menjadi salah satu jenis batu mulia favorit para kolektor di dunia. Pada awalnya, batu bacan dihasilkan di Pulau Kasiruta. Tetapi, batu ini lebih dikenal dengan sebutan batu bacan karena Pulau Bacan lah tempat batu ini diperdagangkan.

Berbeda dengan batu merah delima, Batu bacan disebut sebut mampu untuk menyerap senyawa lain di dekatnya. Misal, batu bacan dilekatkan dengan tali pengikat berbahan emas, maka lama kelamaan bahan emas tersebut bakal diserap oleh batu bacan sehingga bagian dalam batu akan ada bintik-bintik emas.

Advertisement

Dengan keistimeswaan tersebut, batu bacan amat banyak disukai masyarakat dan juga harganya terbilang amat mahal, yaitu ada yang mencapai ratusan juta rupiah. Untuk itu, kalau mau mem-beli batu bacan, Kamu mesti berhati-hati. Tidak boleh hingga batu bacan yang dibeli tersebut palsu. Lantas Cara Membedakan Batu Bacan Asli Dengan Yang Palsu?

Cara yang paling gampang untuk Membedakan Batu Bacan Asli Dengan Yang Palsu adalah batu bacan yang telah diproses dengan cara alami bakal nampak mengkilat dan juga keras ketika telah diasah. Selain tersebut, usahakan juga jauhi batu bacan “mati”, yaitu batu bacan yang telah dibentuk men-jadi mata kalung ataupun bola mata cincin. Sebab, kalau telah dibentuk dikhawatirkan prosedur alami pada batu tidak akan lagi berjalan.

Ada juga sejumlah cara yang lain untuk Membedakan Batu Bacan Asli Dengan Yang Palsu adalah sebagai berikut:

  1. Gesekkanlah pada kaca. Batu bacan asli dapat menggores kaca ketika digesekkan.
  2. Bakar. Ketika dibakar, permukaan batu bacan asli bakal nampak seperti minyak dan juga akan hilang ketika dibersihkan. Sedangkan untuk batu bacan palsu bakal meninggalkan bekas yang tidak dapat dihilangkan.
  3. Ditimbang. Timbangkanlah dua batu bacan dengan ukuran yang sama. Batu bacan yang lebih ringan kemungkinan besar ialah batu bacan palsu.
  4. Disenter. Ketika disenter, batu bacan yang terkena cahaya akan menampakkan serat-serat khas yang tidak bisa jadi ada pada batu bacan palsu.
  5. Perhatikanlah perubahan batu. Batu bacan yang asli lama kelamaan bakal berubah warna. Dari hitam, batu bacan bakal berubah men-jadi hijau dan juga seterusnya hingga men-jadi batu yang berwarna bening.

Itulah Cara Membedakan Batu Bacan Asli Dengan Yang Palsu. Sampai jumpa diartikel lainnya

Advertisement