Cara Membuat Blog di Blogspot & WordPress Gratis

730
Advertisement

Cara Membuat Blog di Blogspot & WordPress yang gratis dan mudah banyak dicari orang, terutama bagi pemula. Blog banyak dimanfaatkan dalam dunia bisnis untuk meraup keuntungan yang lebih.

Apakah Anda sedang mencari Cara membuat Blog yang gratis dan mudah untuk dilakukan? Jika iya, maka Anda dapat menyimak uraian berikut ini. Blog merupakan sebuah situs online yang memiliki potensi luar biasa dalam dunia bisnis. Banyak orang yang memanfaatkan Blog untuk meraup keuntungan. Banyak blogger yang membuat Blog cantik dan menarik sehingga banyak yang mengunjunginya. Secara umum, Blog memang banyak dimanfaatkan dalam dunia bisnis. Namun bagi Anda yang ingin membuat Blog pribadi, Anda dapat mengisinya dengan hal-hal yang Anda sukai.

Advertisement

Untuk membuat Blog ini, Anda membutuhkan seperangkat komputer dan koneksi internet. Tidak hanya itu saja, pembuatan Blog juga membutuhkan akun email, bisa email Gmail ataupun Email Yahoo. Jadi, pastikan Anda memiliki akun email pribadi yang dapat Anda gunakan untuk membuat Blog tersebut. Sebenarnya cara membuat Blog sendiri tidaklah sulit, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Selain itu, ada beberapa platform Blog yang dapat Anda pilih sesuai keinginan Anda. Diantaranya yaitu Blogger (blogspot), WordPress, Weebly, Tumblr, Webs, Jigsy dan masih banyak lagi lainnya. Namun dari banyaknya pilihan tersebut, WordPress dan Blogger merupakan pilihan terfavorit. (Baca : Cara Membuat Email di Gmail dan Yahoo Mail)

Membuat Blog saat ini memang hal yang sedang marak terjadi, bahkan tidak hanya dalam dunia bisnis saja. Memiliki Blog pribadi merupakan hal yang cukup menyenangkan. Sebagai sarana yang dapat menyajikan tulisan-tulisan yang dipublikasikan pemiliknya, Blog memang memiliki daya tarik tersendiri. Tidak heran jika saat ini Blog banyak dimanfaatkan dalam dunia bisnis. Cara meraup keuntungan menggunakan Blog ini sendiri cukup bervariasi. Ada yang membuat online shop dan ada juga yang meraup keuntungan dengan memasang beberapa iklan. Untuk Anda para pemula, pastikan untuk menyimak cara membuat Blog untuk para pemula berikut ini.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara pembuatan Blog, ketahui terlebih dahulu pengertian Blog. Istilah Blog sendiri merupakan gabungan dari 2 kata yaitu Web dan Log. Blog dapat diartikan kumpulan dari catatan ide, pikiran, tautan, video, foto atau apapun yang berhubungan lainnya. Ada beberapa pendapat yang mengategorikan Blog terdiri dari judul, kerangka, komentar dan tanggal terbit. Secara umum, Blog dapat dikatakan sebagai jejaring sosial yang cukup populer. Karena Blog memiliki potensi yang cukup menjanjikan dalam dunia bisnis, banyak orang yang tertarik menggunakannya. Berikut ini merupakan cara membuat Blog untuk pemula yang mudah dan gratis menggunakan WordPress dan Blogger.

Cara Membuat Blog di WordPress

Walaupun platform penyedia Blog saat ini cukup banyak, WordPress merupakan pilihan favorit para blogger. Untuk membuat Blog menggunakan platform yang satu ini cukup mudah dan sederhana. Oleh sebab itu, banyak orang yang tertarik dan memilih WordPress sebagai platform penyedia Blog. Tidak hanya itu, membuat Blog melalui platform ini juga tidak dipungut biaya alias gratis. Cara membuat akun Blog dengan menggunakan WordPress ini bukanlah suatu perkara yang sulit untuk dilakukan. WordPress menawarkan teknologi baru yang dapat Anda manfaatkan untuk keperluan bisnis. Baik bagi Anda yang ingin membuat website online shop, website statis dan lain sebagainya.

WordPress merupakan pilihan tepat untuk Anda yang tidak hanya ingin membuat Blog saja tetapi juga membuat website yang berkualitas dan bermanfaat. Cara membuat Blog di WordPress ini juga sangat cocok untuk Anda para pemula. Jika selama ini Anda belum pernah membuat Blog, cobalah langkah-langkah berikut ini. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini, Anda dapat membuat Blog pribadi Anda yang menarik dengan mudah dan gratis. Ini dia langkah mudah membuat Blog WordPress yang dapat Anda simak dan ikuti:

1. Kunjungi situs resminya

Kunjungilah situs resminya yaitu www.WordPress.com, kemudian akan muncul tampilan dari halaman depannya. Pada halaman tersebut, Anda akan memilih nama yang akan digunakan pada Blog Anda. Nama tersebut akan menjadi alamat Blog Anda nantinya, jika sudah langsung saja klik Buat Situs Web. Dalam memilih nama, Anda harus memilih nama yang unik dan belum digunakan. Jika nama tersebut sudah digunakan maka WordPress akan menolaknya karena sudah tidak tersedia. Anda hanya boleh menggunakan nama yang masih tersedia atau belum digunakan.

2. Isi informasi

Cara membuat Blog gratis menggunakan WordPress selanjutnya yaitu isilah informasi pada form yang tersedia. Jika Anda sudah mengklik Buat Situs Web, maka akan muncul form isian. Isilah form tersebut sesuai dengan data-data informasi Anda yang sesuai atau yang benar. Perhatikan dan ingatlah semua yang Anda isikan, terutama email, username atau nama pengguna dan juga password. Ketiga hal tersebut akan selalu Anda gunakan kelak ketika Anda ingin masuk pada halaman panel kontrol.

3. Klik Buat Blog

Jika semua isian telah selesai Anda isi sesuai dengan data Anda yang benar, maka Anda dapat segera mengklik Buat Blog. Sebelumnya, pastikan bahwa Alamat Blog yang Anda isikan telah tercentang dengan warna hijau. Jika dicentang dengan warna merah, Anda harus mengganti Alamat Blog tersebut. Selain itu, gunakan juga email yang selalu Anda gunakan. Pada saat pembuatan Blog ini, konfirmasi akan dikirimkan ke alamat email Anda. Jika email tersebut tidak dapat Anda buka, maka konfirmasi pembuatan Blog juga tidak akan dapat dilakukan. Jika semuanya sudah dipastikan, maka cara membuat Blog selanjutnya yaitu dengan mengklik Buat Blog.

4. Pilih Langkah Berikutnya

Jika Anda ingin mempercepat proses pembuatan Blog pada WordPress ini, Anda dapat melewati langkah-langkah yang ada. Setelah mengklik Buat Blog, Anda akan menemukan 4 langkah-langkah yang dapat Anda ikuti. Namun langkah-langkah tersebut tidak harus dilakukan pada saat itu juga. Anda dapat melewatinya dengan cara mengklik Langkah Berikutnya. Setelah itu, Anda akan masuk pada halaman admin panel dalam Blog.

5. Buka email

Cara membuat Blog menggunakan WordPress selanjutnya yaitu buka akun email Anda. Anda akan menemukan pesan untuk melakukan aktivasi pada akun Blog Anda. Jika pesan tersebut tidak ada dalam kotak masuk, carilah di spam. Jika sudah ketemu, dapat langsung mengklik link untuk aktivasi Blog Anda. Selanjutnya akan muncul pesan Blog WordPress yang Anda buat sudah aktif. Jika sudah muncul pemberitahuan atau pesan akun Blog Anda sudah aktif, maka langkah pembuatan Blog sudah selesai.

Yang perlu Anda lakukan selanjutnya yaitu mengisi dan memilih desain yang cantik dan menarik untuk Blog Anda. Pilihlah desain yang Anda sukai agar tampilan Blog Anda menarik untuk dikunjungi. Itulah cara membuat akun Blog WordPress yang mudah dan juga gratis. Perlu Anda perhatikan, Anda wajib melakukan konfirmasi pada email Anda. Jika tidak, maka akun Blog Anda tidak dapat diaktifkan atau bahkan digunakan. Oleh sebab itu, langkah nomor 5 merupakan langkah penting yang harus Anda ingat.

Cara Membuat Blog Menggunakan Blogger (Blogspot)

Blogger juga merupakan salah satu platform Blog gratis yang dapat Anda manfaatkan. Selain WordPress, Blogger merupakan pilihan favorit para pembuat Blog. Sebelum membahas mengenai cara membuat Blog pada Blogger.com ini, pastikan Anda memiliki akun email di Google. Blogger.com sendiri merupakan platform Blog milik Google. Untuk mempermudah pembuatan Blog di Blogger.com ini, pastikan Anda memiliki akun email Gmail (Google Mail). Langsung saja, ini dia langkah pembuatan akun Blog di Blogger.com yang dapat Anda ketahui:

1. Kunjungi situs resminya

Sama halnya dengan cara membuat akun Blog di WordPress, pembuatan akun Blog di Blogger.com ini juga harus mengunjungi situs resminya. Kunjungilah www.Blogger.com, Anda akan masuk pada akun Google.

2. Masukkan alamat email dan password

Langkah selanjutnya yaitu dengan memasukkan alamat akun Gmail dan juga password pada kolom yang telah disediakan. Pastikan untuk mengisinya sesuai dengan akun Gmail yang Anda miliki, jangan sampai salah memasukkan alamat email. Jika sudah, Anda dapat mengklik tombol Masuk yang ada pada halaman tersebut.

3. Klik Lanjutkan ke Blogger

Jika langkah nomor 2 telah Anda lakukan, maka Anda akan masuk pada halaman yang berisi profil akun Gmail Anda. Termasuk juga foto profil dan lain sebagainya, Anda dapat langsung mengklik Lanjutkan ke Blogger.

4. Pilih Blog Baru

Langkah Cara membuat Blog di Blogspot berikutnya yaitu pilih atau klik Blog Baru pada halaman selanjutnya. Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan tema, pilih tema yang Anda inginkan. Tema default yang disediakan Blogger.com cukup banyak, pilih saja yang paling Anda sukai. Selain itu, isilah kolom yang telah tersedia. Isilah judul, alamat, kemudian pilih Template dan selanjutnya klik Buat Blog!

Sampai pada langkah tersebut, Anda sudah selesai membuat Blog menggunakan Blogger.com. Jika diperhatikan, langkah pembuatan Blog menggunakan WordPress dan Blogger memang sama-sama mudah. Namun lebih mudah menggunakan Blogger karena lebih praktis dan lebih singkat. Walaupun begitu, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk Anda para user, pilih saja yang menurut Anda paling mudah atau yang Anda sukai. Keduanya sama-sama mudah dan gratis serta menawarkan fitur-fitur yang tentunya berbeda.

Untuk cara membuat Blog menggunakan Blogger.com tersebut dapat dilanjutkan dengan pengaturan desain dan juga cara postingnya. Pengaturan pada Blogger.com ini tidak sama dengan pengaturan pada WordPress. Pada Blogger.com ini, pengaturan dapat dilakukan dengan mengklik Opsi Lainnya. Untuk pengaturan dan juga desain Blog di Blogger.com, ini dia beberapa menu dan juga navigasi dashboard yang ada pada Blogger:

# Ikhtisar

Pada menu ini berisi data statistik mengenai Blog Anda tersebut. Isinya antara lain yaitu jumlah pengunjung, jumlah artikel dan jumlah postingan Anda.

# Pos

Isi dari menu ini yaitu berisi daftar artikel yang telah Anda tulis, diterbitkan dan juga yang masih berupa draft.

# Laman

Halaman statis ini tampak seperti halaman yang ada pada WordPress. Biasanya halaman ini berisi About, TOS dan lain sebagainya.

# Komentar

Pada Komentar, Anda dapat melihat semua komentar yang masuk. Bahkan Anda juga dapat mengedit dan juga menghapus komentar yang menurut Anda perlu dihapus.

# Template

Pada menu Template inilah Anda akan memilih desain untuk Blog Anda. Pada dasarnya, Blogger.com menyediakan beberapa template default yang dapat Anda pilih dan gunakan. Namun jika Anda ingin mengaturnya dengan template lain, Anda dapat mengubahnya sesuai keinginan Anda. Ini merupakan salah satu layanan Blogger.com yang cukup banyak disukai. Dengan template yang dapat diatur sesuai keinginan, Blog menjadi terlihat lebih cantik dan juga menarik. Cara membuat Blog yang cantik dan menarik dapat dilakukan dengan mudah pada Blogger.com.

# Setelan

Pada halaman ini, Anda dapat mengatur beberapa hal mulai dari tampilan di halaman utama sampai pengaturan komentar. Pengaturan ini dapat dilakukan sesuai keinginan Anda, atur sebaik mungkin agar Blog Anda terlihat bagus.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, Blog Anda akan terlihat berbeda. Langkah terakhir yang harus Anda lakukan yaitu menggunakan Blog tersebut. Atau isilah Blog tersebut dengan tulisan, gambar atau hal-hal lain yang ingin Anda posting. Tujuan Anda membuat Blog adalah untuk memposting atau memublikasikan sesuatu. Untuk langkah-langkahnya, ini dia cara membuat postingan di Blog Anda pada Blogger.com:

* Buat judul

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk membuat postingan di Blog yaitu buatlah judul. Tentukan judul postingan Anda, dalam hal ini judul memiliki batasan dalam jumlah karakter yang digunakan. Pilihlah judul yang menurut Anda menarik dengan jumlah karakter yang tidak terlalu banyak.

* Masukkan artikel

Cara membuat Blog pribadi selanjutnya yaitu masukkan artikel yang ingin Anda publikasikan. Anda dapat membuat tulisan, bahkan menyertakan gambar dan juga video. Tidak hanya itu, Anda juga dapat melampirkan link yang menuju pada halaman lainnya. Yang menarik pada pembuatan artikel ini, Anda dapat mengatur artikel Anda sesuai selera. Mulai dari format teks, peletakan, ukuran dan lain sebagainya dapat disesuaikan dengan selera. Pengaturan tersebut dapat dilakukan dengan adanya bantuan menu formating.

* Isi label

Isilah label atau kategori untuk membuat tampilan Blog Anda menjadi lebih rapi. Setelah itu Anda dapat mengklik tombol Selesai yang ada pada bagian bawah kolom.

* Klik Publikasikan

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan yaitu klik tombol Publikasikan. Jika Anda sudah benar-benar yakin dengan artikel atau postingan Anda, klik Publikasikan. Setelah mengklik tombol tersebut, artikel Anda dapat dibaca oleh semua pengguna internet.

Jika terdapat kesalahan atau Anda ingin mengganti sesuatu, Anda dapat mengganti postingan Anda. Pelayanan Blogger.com memang sangat memuaskan, tidak heran jika platform Blog yang satu ini selalu menjadi pilihan favorit. Jika Anda ingin menambah postingan, lakukan dan ulangi langkah-langkah tersebut. Pastikan untuk menyimpan alamat email dan juga passwordnya agar dapat masuk atau login ke akun Blogger.com Anda. Itulah cara membuat Blog di Blogger.com mulai dari langkah-langkah dasar, pengaturan desain bahkan cara membuat postingan.

Cara Membuat Blog Yang Menarik

Untuk Anda yang ingin membuat Blog, pilihlah salah satu cara pembuatan Blog gratis tersebut. Manfaatkan layanan Blog gratis ini untuk memasarkan usaha Anda dan meraup keuntungan. Jika Anda ingin Blog Anda ramai dikunjungi oleh para pengunjung, buatlah Blog Anda terlihat cantik dan menarik. Ini dia langkah-langkahnya:

1. Tentukan konsep

Hal penting yang harus Anda lakukan adalah menentukan konsep dari Blog yang Anda buat. Contohnya, jika Anda ingin membuat Blog untuk toko online maka konsep Blog Anda adalah online shop. Dalam hal ini, Anda dapat memilih tema yang berhubungan dengan online shop.

2. Tulis artikel yang sesuai

Cara membuat Blog yang menarik selanjutnya yaitu tulislah artikel yang sesuai. Jika Anda membuat Blog Online shop, publikasikan produk yang Anda tawarkan. Anda juga dapat memublikasikan hal-hal yang berhubungan dengan usaha Anda. Dengan begitu orang-orang tertarik untuk membacanya bahkan membeli produk Anda.

3. Posting secara rutin

Hal yang dapat membuat Blog Anda terlihat cantik dan menarik selanjutnya yaitu postingan yang teratur. Jangan memposting beberapa artikel dengan jarak yang kurang teratur, akibatnya orang-orang malas membacanya. Buatkan jadwal pasti, apakah ingin memublikasikan artikel sebulan sekali atau sehari sekali.

4. Tulis artikel yang menarik

Untuk membuat Blog Anda terlihat menarik, tulislah artikel yang menarik. Tulis artikel yang sedang tren saat ini dan bahkan mampu membuat orang penasaran serta berdebat pendapat. Dalam hal ini, Anda dapat menyertakan foto atau video yang mengundang minat para pengunjung.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat Blog Anda terlihat menarik. Untuk Anda para pemula yang selama ini belum pernah membuat Blog, pastikan untuk menyimak uraian ini dengan baik. Simak setiap langkah-langkah yang dibagikan untuk membuat Blog. Seperti yang telah disebutkan, Blog memiliki potensi yang cukup bagus dalam dunia bisnis. Jika Anda ingin memublikasikan usaha Anda dengan mudah dan gratis, cobalah dan praktekkan cara membuat Blog yang telah dibagikan tersebut.

Advertisement