Cara Membuat Makalah

IDJOEL.COM – Pengertian dan Cara membuat makalah yang baik dan juga benar bisa dilakukan dengan memperhatikan jenis makalah apa yang hendak kamu buat serta memperhatikan susunan makalah yang sistematis.

Siapa yang tidak pernah mendengar soal Makalah? Makalah merupakan salah satu bentuk tugas yang seringkali harus kamu kerjakan bagi kamu pelajar atau mahasiswa. Ketika mendapatkan sebuah makalah seringkali kita merasa malas dan sungkan untuk mengerjakannya. Hal ini bisa jadi disebabkan karena kamu menganggap makalah merupakan sebuah tugas dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Jika kamu mengalaminya, itu berarti kamu belum begitu memahami Cara membuat makalah dengan mudah.

Membuat makalah kan lebih mudah jika kamu sudah memahami apa itu makalah. Meskipun makalah seringkali kita persepsikan sebagai satuan lembaran-lembaran kertas berisi karya tulis, pengertian seperti itu saja masih belum cukup untuk dapat membantu mu membuat makalah dengan baik dan juga benar. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengerti pemahaman mengenai makalah terlebih dahulu.

Pengertian Makalah

Ada beberapa ahli di bidangnya yang memiliki pendapat masing-masing mengenai pengertian makalah. Namun dari semuanya, makalah bisa kita simpulkan sebagai sebuah karya tulis yang bersifat akademis yang biasanya dimuat di dalam sebuah jurnal ilmiah. Cara membuat makalah biasanya akan sangat sering dicari oleh mahasiswa-mahasiswa yang sedang serius dalam melakukan studinya.

Adapula pendapat lain mengenai Makalah yang mengatakan bahwa makalah adalah sebuah karya tulis yang didalamnya membahas secara fokus mengenai sebuah pokok masalah hingga tuntas. Bisa juga diartikan sebagai karya tulis yang berisi pembahasan masalah dari awal hingga penyelesaiannya dari berbagai sisi. Tak hanya itu, mengenai penyusunan makalah juga tak bisa dibuat dengan mudah dan sembarangan. Jika kamu ingin membuat sebuah makalah yang baik maka pertama-tama kamu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana susunannya yang sistematis. Selain itu kamu juga harus mengetahui jenis makalah apa yang ingin kamu buat nantinya.

Macam-Macam Jenis Makalah

Untuk dapat membuat sebuah makalah yang baik, maka Anda harus mengetahui sistematisnya terlebih dahulu secara tepat supaya makalah yang Anda buat nantinya juga bisa dikategorikan sebagai makalah yang benar. Selain itu cara membuat makalah lainnya yang harus Anda perhatikan adalah mengetahui terlebih dahulu jenis makalah yang akan Anda buat.

Makalah dibedakan dalam 3 jenis atau tiga macam makalah. Berikut ini jenis-jenis makalah dan penjelasannya:

1. Makalah jenis Deduktif

Jika makalah yang kan kamu buat bersifat deduktif, tandanya kamu harus mengumpulkan teori sebanyak mungkin sebagai bahan makalah kamu. Hal ini karena makalah deduktif bersifat teoritis.

2. Makalah Induktif

Makalah yang satu ini akan membantu kamu yang senang melakukan observasi dan terjun langsung kepada pokok permasalahan dalam makalah yang nantinya akan kamu buat. Disini kamu bisa membahas makalah mu secara objektif. Namun bahasannya harus tetap relevan dengan topik atau pokok permasalahan yang dibahas.

3. Makalah Deduktif Induktif

Cara membuat makalah ini tidak jauh berbeda dari membuat makalah deduktif dan juga makalah jenis Indukti. Dalam makalah ini kamu akan membutuhkan dua macam bahan atau materi. Yaitu berupa teori-teori seputar pokok bahasan serta data yang bersifat empiris. Makalah yang satu ini juga biasa disebut juga dengan makalah jenis campuran.

Namun tak hanya ketiga jenis makalah tadi, adapun jenis-jenis makalah lainnya yang masuk kedalam cara membuat makalah deduktif Induktif atau disebut juga makalah campuran dan perhatikan juga mana yang termasuk kedalam Paragraf Analogi. Berikut ini adalah macam-macam jenis makalah campuran yang bisa kamu pelajari:

1. Makalah Posisi

Jenis makalah ini merupakan sebuah makalah yang dibuat khusus atas posisi tertentu atau pihak tertentu. Makalah ini juga masih berkutat dalam pembahasan sebuah pokok masalah hingga penyelesaiannya.

2. Makalah analisis

Makalah analisis dikatakan sebagai jenis makalah campuran yang paling mendekati dengan pengertian deduktif dan makalah induktif. Dalam makalah ini bahasannya didasari dengan data empiris dan juga opini objektif penulis.

3. Makalah Tanggapan

Jenis makalah selanjutnya adalah makalah tanggapan yang merupakan salah satu jenis makalah yang sering dikerjakan oleh mahasiswa. Cara membuat makalah ini adalah dengan menentukan sebuah bacaan tertentu dan mengulasnya dalam sebuah respon atau tanggapan berupa susunan makalah yang sistematis.

4. Makalah kerja

Jika jenis makalah yang satu ini yang hendak kamu buat, maka kamu harus bersiap untuk terjun langsung dan melakukan sebuah observasi terhadap pokok pembahasan dalam makalahmu nanti. Makalah ini bersifat subjektif dan memungkinkan kamu untuk berargumentasi mengenai makalah yang kamu buat.

5. Makalah Ilmiah

Cara membuat makalah ini adalah dengan menyusunnya berdasarkan sebuah karya tulis ilmiah yang sudah dibuat oleh seseorang. Makalah ilmiah ini juga bukan merupakan sebuah makalah yang bersifat subyektif.

6. Makalah Kajian

Jika kamu menemukan sebuah permasalahan yang layak dijadikan bahasan dalam makalahmu dan masalah tersebut bersifat kontroversial, maka bisa dikatakan jenis makalah yang nanti akan kamu buat masuk ke dalam jenis makalah kajian.

Setelah mengetahui jenis-jenis makalah, kamu sudah mulai bisa mempertimbangkan makalah seperti apa yang akan kamu buat nantinya. Namun untuk bisa membuat makalah dengan susunan sistematis yang benar, mengetahui jenis-jenisnya saja masih belum cukup. Berikut ini adalah susunan kerangka dalam sebuah makalah yang baik yang bisa kamu jadikan contoh sebelum membuat makalahmu sendiri.

Susunan dalam Makalah Yang Baik dan Benar

Supaya makalah yang kamu buat menjadi makalah yang baik dan benar, maka kamu harus memperhatikan beberapa poin-poin penting yang harus ada didalam sebuah makalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan tidak boleh terlewatkan adalah sebagai berikut:

  1. Cover atau sampul

Pada sebuah cover makalah, kamu harus memasukan judul makalah, tujuan pembuatan makalah tersebut, logo atau gambar institusimu, penulis atau namamu sebagai pembuat makalah, nama institusi serta tahun pembuatannya.

  1. Judul Makalah

Lembaran ini ada tepat setelah lembar sampul. Biasanya berisi judul serta nama penulisnya.

  1. Kata Pengantar

Kata pengantar dalam sebuah makalah juga tidak bisa sembarangan dibuat. Kamu harus memperhatikan salam pembuka, pembuka, sedikit cerita mengenai proses penulisannya, ucapan terimakasih, paragraf penutup, salam penutup serta namamu sebagai penulisnya.

  1. Bab I

Pada bab awal ini kamu bisa memasukan rumusan masalah dimana membahas masalah apakah yang akan diulas dalam makalah yang kamu susun.

  1. Bab II

Bab dua ini merupakan inti bahasan atau bab isi mengenai uraian bahasan. Biasanya berisi definisi, ulasan materi, alur perbandingan jika diperlukan dan yang terakhir adalah penyelesaian.

  1. Bab III

Bab ketiga ini berisi penutup dri bahasan yang ada didalam makalahmu. Disini kamu bisa memasukan ucapan terimakasih dan mempersilahkan kepada calon pembaca makalahmu apabila akan memberikan kritik dn juga saran terhadap makalah yang kamu buat.

  1. Daftar pustaka

Ini juga merupakan bagian dari makalah yang tidak boleh terlewatkan dalam tata cara membuat makalah yang baik. Disini kamu harus mencantumkan darimana saja atau sumber mana saja yang memberikanmu materi pada makalahmu. Misalnya berupa buku atau makalah-makalah tertentu.

Baca Juga : Contoh Pidato Singkat

Demikian artikel mengenai cara membuat makalah dengan mudah yang bisa kamu jadikan acuan untuk membuat makalahmu sendiri. Semoga bermanfaat dan tugas makalahmu bisa menjadi makalah yang baik.

tags: