Cara Membuat Paspor Online Lengkap

747

Cara Membuat Paspor Online Yang Lengkap sangat mudah melalui situs Ditjen Imigrasi RI. Untuk membuat paspor online sendiri tentunya harus menyiapkan data-data KTP, Kartu Keluarga, Ijazah atau Akte.

Paspor termasuk salah satu dokumen penting yang resmi dikeluarkan kepada seseorang pejabat dengan wewenang yang berasal di suatu negara. Paspor juga bisa disebut sebagai dokumen perjalanan yang telah dibuat oleh Perwakilan RI yang ada di luar negeri dan Direktorat Jenderal Imigrasi. Dokumen penting ini umumnya digunakan ketika kita berada dalam perbatasan sebuah negara agar memperlihatkan identitas diri kita sendiri sebagai salah satu warga negara asing untuk negara yang dikunjungi.

Paspor sendiri biasanya diberi cap atau stempel maupun segel berikut visa oleh petugas setempat di negara tersebut. Akan tetapi, ada beberapa negara yang memiliki perjanjian khusus dimana setiap warga negara asing dari negara tertentu bisa memasuki negara yang lain berdasarkan kelengkapan dokumen lainnya selain paspor. Dalam pembuatan paspor sendiri, Anda harus datang ke kantor imigrasi yang terdekat dengan meminta izin untuk pembuatan paspor berdasarkan syarat-syarat yang telah ditentukan. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan dunia teknologi masa kini kita bisa memanfaatkan media online untuk membuat paspor. Ada beberapa cara membuat Paspor online sangat mudah yang bisa Anda lakukan.

Bagi Anda yang ingin membuat paspor sendiri dengan mudah yang Lengkap, bisa mengikuti cara membuat paspor online seperti berikut ini:

1. Submit Data Melalui Situs Ditjen Imigrasi RI

2. Siapkan terlebih dahulu berkas atau dokumen yang Anda butuhkan untuk pembuatan paspor lewat online, seperti fotokopi KTP, Fotokopi Ijazah/Akta lahir/surat nikah dan fotokopi kartu keluarga. Biasanya untuk kebutuhan upload file secara online, kita membutuhkan file dalam bentuk softcopy maka berkas-berkas tadi di scan terlebih dahulu dalam bentuk file gambar.

Membuat Pasport Online

3. Setelah itu, buka situs dari Ditjen Imigrasi Indonesia sendiri kemudian lihat bagian atas menu website tersebut, setelah itu arahkan kursor terlebih dahulu melalui layanan publik lalu layanan online lalu masuk ke layanan paspor online. Setelah itu pilih layanan paspor online, yang kemudian masuk ke halaman baru.

4. Pada halaman baru Anda dapat memilih menu sesuai kebutuhan. Untuk pembuatan paspor baru, maka Anda dapat memilih bagian pada permohonan personal dengan mengklik link permohonan tersebut.

Biaya Membuat Paspor

5. Berikutnya isi formulir yang telah disediakan. Anda bisa memilih paspor biasa di bagian form permohonan. Untuk jenis paspor sendiri Anda bisa memilih 48H perseorangan. Di bagian kolom identitas diri, Anda bisa mengisi data diri sesuai dengan form isian yang tertera pada halaman ini. Sebaiknya isi kelengkapan data diri Anda sesuai dengan KTP.

Tips Membuat Paspor

6. Cara membuat paspor online yang lengkap berikutnya adalah dengan mengupload data-data pendukung seperti kelengkapan file yang dibutuhkan di atas, seperti fotokopi KTP, fotokopi akte/ijazah dan kartu keluarga.

Cara Cepat Membuat Paspor

7. Di halaman selanjutnya Anda harus memilih lokasi kantor imigrasi beserta tanggal untuk pengurusan. Pastikan dalam memilih kantor imigrasi untuk tidak salah memilih. Anda harus memilih kantor imigrasi terdekat. Selanjutnya pilih “next”.

Membuat Paspor

8. Setelah itu, lakukan proses verifikasi dan Anda bisa mengklik “bukti permohonan” setelah itu Anda akan mendapatkan “tanda terima pra permohonan” Anda harus mencetak halaman pada tanda terima tadi untuk dibawa saat mengurus di bagian kantor imigrasi.

9. Proses Verifikasi Data

Selanjutnya adalah proses verifikasi data. Jika Anda sudah mengisi data-data di situs Ditjen Imigrasi RI maka Anda wajib mendatangi kantor imigrasi RI di tanggal dan tempat yang telah Anda isi pada bagian menu “Tanda Terima Pra Permohonan”. Jangan sampai Anda melewati tanggal atau waktu yang telah ditentukan apabila Anda melanggarnya, maka Anda harus melakukan submit ulang.

10. Pengambilan Paspor

Paspor sendiri bisa diambil sampai 3 hari setelah Anda melakukan proses pengajuan paspor di kantor imigrasi. Biasanya tanggal pengambilan sendiri ditentukan petugas kantor imigrasi tersebut.

Baca Juga : Contoh Kata Pengantar Makalah dan Foto Selena Gomez 

Ya, itulah tahapan-tahapan cara membuat paspor online yang Lengkap sendiri melalui situs Ditjen Imigrasi RI. Semoga bermanfaat!