Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar

941
Advertisement

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja terdapat beberapa poin penting yang harus diperhatikan antara lain yaitu bahasa yang digunakan harus singkat, padat dan juga jelas.

Membuat surat lamaran kerja sangat berpengaruh pada kelangsungan karier Anda untuk diterima atau tidak di perusahaan tersebut. Karena setiap perusahaan memiliki kriteria untuk memilih calon karyawan yang sesuai untuk menduduki jabatan yang dibutuhkan. Karena hal ini akan lebih baik jika Anda menulis surat lamaran kerja dengan baik dan rapi. Karena isi dari tulisan Anda dan bahkan kata-kata yang Anda tuliskan bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pemimpin perusahaan yang Anda maksudkan. Agar Anda tidak keliru dalam membuat surat lamaran, sebaiknya Anda ikuti beberapa tips berikut ini.

Advertisement

1. Pastikan nama perusahaan benar

Cara membuat surat lamaran kerja ini mungkin terdengar sepele, namun ternyata ada juga pengirim surat lamaran kerja yang menuliskan nama perusahaan salah. Salah penulisan huruf misalnya dengan menambah atau mengurangi huruf pada perusahaan tersebut, sudah cukup membuat kesan yang tidak baik apalagi jika Anda salah dalam menuliskan perusahaannya. Jadi, pastikan dahulu bahwa perusahaan yang Anda tuju adalah bernama “A” sehingga surat Anda sampai dengan selamat ke perusahaan tersebut.

2. Singkat padat dan jelas

Cara untuk membuat surat lamaran kerja yang kedua adalah menuliskan sesuai dengan kebutuhan dengan kata-kata yang singkat. Selain menggunakan kata-kata singkat, Anda juga harus dapat membuat bahasa yang lugas dan padat. Sehingga begitu dibaca perusahaan akan segera tahu maksud dan tujuan Anda. Surat lamaran yang terlalu panjang tidak akan efektif, dan mungkin perusahaan akan malas untuk membacanya.

3. Bersih dan rapi

Cara membuat surat lamaran kerja berikutnya adalah menjaga surat lamaran tetap bersih dan rapi. Untuk membuat surat lamaran yang bersih dan rapi, Anda bisa mengetikkannya dengan menggunakan komputer. Surat lamaran yang bersih dan rapi akan mudah dibaca dan dipahami jadi akan lebih baik jika Anda menggunakan fasilitas ini. Kemudian agar surat selalu rapi, sebaiknya surat lamaran tidak di lipat. Karena ini juga akan memudahkan untuk dibaca. Anda boleh menulis surat lamaran dengan menggunakan tangan jika perusahaan memintanya.

4. Jangan lewatkan isi yang penting

Membuat surat lamaran kerja yang baik adalah dengan cara berurutan, sehingga awali dengan pembukaan. Kemudian sebutkan dimana Anda mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut. Kemudian ceritakan pekerjaan yang saat ini sedang Anda geluti. Anda juga boleh menginformasikan tentang pendidikan tertinggi Anda jika ini diperlukan atau diminta oleh perusahaan. Pada saat Anda membuat penutup, ingatkan kembali bahwa Anda sangat ingin bekerja di perusahaan tersebut. Kemudian jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih.

5. Baca ulang

Membuat surat lamaran kerja dengan membaca ulang adalah hal penting dalam membuat surat lamaran. Dengan demikian diharapkan tidak ada kesalahan atau kata-kata yang kurang pantas dalam surat tersebut. Selain itu, pastikan tata bahasa yang Anda gunakan sudah sesuai. Sehingga Anda bisa memberikan kesan positif pada pembacanya.

Baca Juga : Cara Membuat Paspor Online

Setelah surat lamaran Anda tulis dengan benar, menggunakan bahasa yang bagus, lugas dan penuh arti maka Anda bisa melanjutkan untuk mengecek kembali apa yang menjadi syarat-syaratnya. Pastikan Anda tidak menggunakan bahasa gaul, bahasa yang kurang sopan pastikan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kemudian jangan lupa untuk menandatangani surat lamaran yang akan Anda kirimkan, kecuali jika surat lamaran dikirim via online. Perlu Anda ketahui bahwa tanda tangan ini menunjukkan keaslian Anda, dan bahkan dari tanda tangan seseorang bisa membaca karakter Anda.

Demikian cara membuat surat lamaran kerja ini semoga bermanfaat.

Advertisement