Cara Membuat Telur Asin

1031
Advertisement

Cara Membuat Telur Asin pada dasarnya cukup mudah, simpel dan praktis. Anda hanya membutuhkan telur bebek segar, garam kasar dan juga air sebagai pelarut dari garam kasar.

Resep telur asin sendiri tidaklah rumit bahkan sangat mudah dibuat. Telur asin merupakan salah satu makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Makanan ini berbahan dasar telur bebek, rasanya yang asin atau gurih merupakan sensasi yang berbeda. Jika Anda bosan dengan olahan telur yang itu-itu saja, Anda dapat mencoba membuat telur asin. Makanan ini dapat dijadikan lauk pendamping atau hanya sekedar camilan. Telur asin dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama, tidak mudah basi.

Advertisement

Untuk Anda yang ingin membuat telur asin, siapkan bahan dan alat berikut:

  • Telur bebek segar 10 butir (jika ada pilih yang usianya 1-2 hari)
  • Garam kasar atau garam krosok 500 gram
  • Air bersih 1,5 liter
  • Stoples besar atau ember yang ada penutupnya

Jika bahan dan alat tersebut sudah Anda persiapkan, Anda dapat memulai langkah pembuatannya. Ini dia cara membuat telur asin simpel dan praktis versi Resep Masakan Indonesia:

  1. Langkah pertama, rendam telur bebek menggunakan air bersih. Jika ada telur yang melayang sebaiknya sisihkan.
  2. Langkah berikutnya yaitu bersihkan kulit telur bebek dengan cara menggosoknya menggunakan kain kasar. Gosok secara perlahan jangan sampai telur pecah. Cara ini perlu dilakukan untuk membuka pori-pori kulit telur. Jika sudah bersih semua, tiriskan dan simpan.
  3. Langkah selanjutnya, larutkan garam menggunakan air bersih secukupnya. Gunakan air dingin saja, jangan menggunakan air panas atau hangat. Tuang larutan tersebut ke dalam wadah (stoples atau ember) yang Anda siapkan sebelumnya.
  4. Cara membuat telur asin selanjutnya yaitu masukkan telur ke dalam wadah, pastikan seluruh telur terendam larutan garam secara sempurna. Tutup wadah sampai rapat agar hasilnya maksimal.
  5. Rendam dan simpan selama 12 hari atau lebih, semakin lama semakin enak.
  6. Rebus telur sampai matang, jika sudah matang telur asin siap disantap.

Itulah cara buat telur asin yang simpel dan praktis. Selain menggunakan air, Anda juga dapat menggunakan pasir dan juga abu gosok. Caranya hampir sama, hanya saja air diganti menggunakan pasir atau abu gosok. Cukup mudah bukan cara membuat makanan telur asin ini? Anda dapat mempraktekkan cara membuat telur asin ini di rumah.

Advertisement