Cara Menanam Pohon Sengon Yang Baik dan Benar

528
Advertisement

Cara Menanam Pohon Sengon yang baik memang ketika kondisi tanah tersebut basah. 3 tahap menanam pohon sengon yakni persiapan bibit, persiapan lahan dan penanaman benih.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi, melakukan budidaya sengon merupakan salah satu pilihan yang tepat, karena budidaya pohon sengon sangat memberikan keuntungan yang cukup besar. Selain itu, dengan melakukan budidaya pohon sengon, Anda pun ikut berpartisipasi di dalam usaha penghijauan yang dicanangkan oleh pemerintah. Keuntungan apabila melakukan investasi budidaya sengon sangat tinggi, yakni ketika usia panen 5 tahun hingga 7 tahun Anda bisa menjualnya dan finansial Anda pun dapat bertambah. Maka dari itu, tidak heran apabila banyak investor yang mengerjakan bisnis budidaya Pohon Sengon. Nah, apabila Anda tertarik melakukan budidaya pohon sengon, simak pemaparan Cara Menanam Pohon Sengon Yang Baik dan Benar berikut ini yang admin kutip dari blog Petani Indonesia.

Advertisement

Membudidayakan pohon sengon ini sebaiknya dilakukan ketika awal musim hujan karena Anda tidak perlu lagi menyiram bibit pohon sengon tersebut agar tetap hidup. Namun apabila Anda tinggal di daerah yang dingin atau pegunungan, maka untuk menanam pohon sengon ini dapat dilakukan kapan saja. Hal tersebut berkaitan dengan cara menanam pohon sengon yang baik memang ketika kondisi tanah tersebut basah atau selalu basah. Apalagi perawatan pohon sengon ini sangat mudah dan tidak membutuhkan tenaga ekstra.

Perawatannya hanya perlu menyianginya selama 3 bulan sekali atau tergantung beberapa tanaman liar yang tumbuh disekitar pohon sengon tersebut. Selanjutnya Anda perlu memangkas dahan yang tidak dibutuhkan agar pohon sengon dapat tumbuh dengan besar dan tidak kurus. Berikut ini beberapa langkah di dalam menanam pohon sengon yang mudah dan sederhana. Yang paling penting dan diperhatikan adalah memasuki usia pohon sengon 1 hingga 3 tahun, namun setelah itu pohon sengon bisa ditinggal.

1. Persiapan bibit

Anda bisa melakukan pembibitan dengan cara membeli benih di toko pertanian, ambillah bibit yang sudah siap tanam. Namun apabila Anda tidak membeli bibit yang belum siap tanam maka prosesnya akan lama.

2. Persiapan lahan

Cara menanam pohon sengon yang kedua, Anda lakukan adalah pembukaan lahan, pembersihan lahan dan pembuatan lubang tanam untuk menanam benih siap tanam yang sudah Anda beli.

3. Penanaman benih pohon sengon

Setelah Anda memasukkan benih siap tanam pohon sengon, maka Anda perlu menancapkan penyangga di sebelah benih dan jaraknya diatur. Fungsinya agar pohon sengon ketika sudah mulai tumbuh maka tidak akan roboh tertiup angin dan tumbuhnya dapat ke atas tidak ke samping.

Perlu Anda ketahui bahwa Anda juga harus melakukan pemupukan. Sebaiknya menggunakan pupuk kompos dari daun-daun tanaman yang sudah ditimbun. Ada beberapa hal terkait dengan ladang atau kebun yang Anda tanami pohon sengon tersebut. Bahwa ladang atau kebun tersebut dapat Anda manfaatkan untuk menanam komoditas menguntungkan lainnya seperti palawija, kacang tanah, dan lain sebagainya. Dengan melakukan trik seperti itu, maka keuntungan yang bisa Anda dapatkan pun relatif besar. Itulah beberapa cara menanam pohon sengon dan beberapa tip untuk berinvestasi lainnya yang bisa menambah keuntungan Anda.

Perlu Anda ketahui, pohon sengon yang sudah siap panen adalah pohon sengon yang sudah berusia sekitar 4 hingga 5 tahun setelah melakukan cara menanam pohon sengon yang benar. Apabila pohon sengon tumbuh dengan normal maka akan mempunyai diameter batang kayu 30 cm lebih dan dapat dijual dengan harga 400 ribu per pohonnya. Tips bagi Anda, apabila Anda memanen sebaiknya dilakukan dengan bertahap agar lahan yang Anda gunakan tidak gundul. Dengan begitu, tidak mengakibatkan tanah longsor dan erosi yang merugikan diri Anda sendiri dan orang lain.

Nah, bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk melakukan budidaya pohon sengon. Apabila Anda tertarik untuk melakukannya, maka ikuti prosedur yang sudah dipaparkan di atas. Semoga informasi mengenai Cara Menanam Pohon Sengon Yang Baik dan Benar ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Advertisement