Cara Mengetahui Batu Akik Asli Atau Palsu

1717
Advertisement

Cara Mengetahui Batu Akik Asli Atau Palsu – Beberapa bulan belakangan ini Indonesia lagi demam batu akik alias cincin berliontin batu, pada jaman jawa kuno dahulu kala batu akik ini diartikan selaku perhiasan yang amat bernilai dan juga untuk jenis batu-batu tertentu hanya digunakan oleh kaum bangsawan.

Nah!! Cara Mengetahui Batu Akik Asli Atau Palsu, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menguji apa-kah batu permata tersebut asli ataupun palsu. Batu akik palsu adalah batu sintetis hasil olahan pabrik yang dibuat sangat menyerupai batu asli.

Advertisement

Hal yang pertama, kita dapat mengujinya dengan memperhatikan urat-urat alam yang tampak dalam batu akik. Untuk melihatnya diperlukan sebuah peralatan kaca pembesar ataupun mikroskop dikarenakan serat-serat dalam batu tersebut terkadang kala amat kecil. Bila asli, serat pada batu nampak seperti retak-retak sebab dipastikan tidak ada batu mulia yang mulus tanpa serat.

Selanjutnya Cara Mengetahui Batu Akik Asli Atau Palsu dengan patokan pada tingkat kekerasan batu dengan menggunakan peralatan khusus yang disebut dengan “hardness set pensil“. Kamu juga dapat menguji keaslian batu kecubung atau batu combong serta batu akik populer lainnya dengan cara memeriksa kadar beratnya dengan timbangan air. Terakhir menggunakan refraktometer untuk me-ngetahui pantulan sinar batu.

Batu-batu sintetis atau pun batu palsu pada umumnya memiliki ciri-ciri tampak bening seperti kaca, tidak nampak serat di dalamnya. Massanya lebih ringan untuk ukuran batu yang sama dengannya. Terjadi perubahan bila Kamu membakarnya dan juga gampang tergores ataupun lecet kalau terjatuh dan tergesek benda keras.

Batu Imitasi adalah sebuah batu tiruan yang terbuat dari kaca atau plastik. Bila anda masih ragu-ragu juga tentang batu akik, sebaiknya bertanyalah kepada ahlinya demi Mengetahui Batu Akik Asli Atau Palsu dan keaslian barang yang anda dapatkan.

Inilah Kiat-kiat dalam membedakan batu akik asli dan juga palsu:

Pertama, Batu akik asli terbentuk dari alam dan juga prosedur penyempurnaannya dengan cara diukir lalu digosok agar yang tersisa cuma warna (corak) yang dihasilkan dari alam. Sedangkan batu akik palsu tersebut dibentuk melalui tahapan proses seperti biasa yang orang lakukan seperti pemanasan, radiasi, pewarnaan, dan juga penggunaan bahan-bahan kimia untuk menghasilkan batu yang indah.

Kedua. Untuk mengenali mana alsi atau sintesis, Batu akik asli memiliki serat di dalamnya sehingga nampak seperti retak. Warnanya juga lebih redup, ini untuk batu akik yang masih baru. Sedangkan batu  sintesis tidak memiliki banyak serat sehingga batunya nampak lebih terang.

Ketiga. Untuk Mengetahui batu akik asli selanjutnya adalah dengan memakai Senter. Pakailah senter dan juga kaca pembesar untuk melihat batu akik. Batu akik yang asli kalau disorot dengan senter bakal nampak noda. Berlainan dengan batu akik buatan, umumnya bersih tanpa noda. Kaca pembesar dapat dipakai untuk menatap serat di dalam batu.

Keempat. Ada jugak yang menguji batu akik dengan menggunakan tablet dan juga handphone touch screen. Batu akik yang asli umumnya dapat menggeser ataupun merubah layar touch screen di tablet dan juga handphone.

Kelima. Batu akik asli lebih berat dibandingkan dengan batu akik buatan.

Keenam. Ujikanlah Batu akik anda di laboratorium. Ini merupakan cara yang amat spektakuler. Di Jakarta Gems Center (JGC), Jatinegara, Jakarta Timur disediakan layanan laboratorium untuk me-ngetahui keaslian batu akik yang dibeli. Laboratorium tersebut terdapat di lantai dua.

Ketujuh. Dapat disertifikasi. Batu akik yang asli kini telah dapat disertifikasi. Kalau ragu dengan keaslian batu akik yang dibeli, cobalah untuk minta sertifikat keaslian dari batu tersebut. Pembeli Bakik (Batu Akik) jugak dapat melaksanakan sertifikasi batu akik di Pusat Promosi dan juga Informasi Batu Mulia dan juga Batu Aji Indonesia. Di JGC, posisinya berada di lantai dua.

Ciri-ciri Batu Sintetis / Plastik:

  1. # Bening seperti kaca pada umumnya, tidak akan terlihat serat-serat di dalamnya.
  2. # Terasa lebih ringan dibandingkan dengan batu akik asli.
  3. # Akan mudah ada perubahan jika anda membakarnya.
  4. # Akan mudah tergores atau lecet jika terjatuh atau di gesekan dengan benda keras lainnya
Beberapa Jenis Batu Natural dan Sinteticnya:
  1. # Blue Sapphire(Natural) Vs King Sapphire (Sintetic)
  2. # Ruby (Natural) Vs Merah Siam (Sintetic)
  3. # Star Ruby/Sapphire (Natural) Vs American Star (Sintetic)
  4. # Emerald / Zamrud (Natural) Vs Zamrud Chatam/Chatum (sintetic)
Baca Juga : Batu Black Jade
Itulah sekelumit informasi terkait Cara Mengetahui Batu Akik Asli Atau Palsu. Sampai jumpa diartikel lainnya. Terima kasih
Advertisement