Cara Mengetahui Batu Akik Bacan Asli Lewat HP

1435
Advertisement

Cara Mengetahui Batu Akik Bacan Asli – Batu akik makin hari makin digemari oleh masyakarat Indonesia. Demi mendapatkan batu akik, Semua orang dapat saja merogoh kocek dari ratusan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah, tergantung jenis batu yang diingini.

Butuh kejelian yang spektakuler dan juga sikap hati-hati untuk dapat mem-beli batu akik sebab harganya yang tergolong mahal.

Advertisement

Wawan Darmawan, berprofesi sebagai Pedagang batu akik di Pasar Dargo, Semarang, Jawa Tengah, mengungkapkan bahwa perbedaan batu akik imitasi dan juga batu akik asli adalah :

“Yang membedakan akik bacan asli tersebut dapat dilihat dari segi uratnya, beratnya, dan juga tingkat kekerasannya. Akik imitasi atau akik palsu kebanyakan tidak memiliki serat, berat dan juga tingkat kekerasannya lebih rendah dari yang batu akik asli, ” katanya.

“Berlian tersebut itu tingkat kekerasannya adalah 10, rubi dan safir berada pada tingkat kekerasan 9, bacan berada pada tingkat kekerasan 6 sampai dengan 7,” terang Wawan Darmawan.

Namun disisi lain, Wawan Darmawan juga mengakui tingkat keaslian batu akik sulit dimengerti oleh sebagian masyarakat awam. Cara mengetahui batu akik asli atau palsu harus benar-benar dikuasali Calon pembeli batu akik.

Sebab begitulah, mem-beli batu akik juga berbicara soal rasa saling percaya yang dipertaruhkan antara calon pembeli dan penjual batu akik yang kian menjamur. “Kuncinya di kepercayaan, ya di kepercayaan masing-masing. Caranya Gimana? minta garansi, kalau palsu dapat dikembalikan, ” Ungkap Wawan.

Menurut Wawan Darmawan, menjaga kepercayaan konsumen adalah suatu hal utama bagi pedagang dan juga pengrajin batu akik. “Kalau ketahuan jual akik palsu, maka hal tersebut dapat dipastikan bakal mengurangi kepercayaan si pembeli. Kita juga malu dengan pedagang yang lainnya, ” beber Wawan lagi.

Nah!! Khusus untuk batu akik bacan, kata Wawan Darmawan, ada cara yang sederhana dan praktis mengenai aslinya ataupun palsunya batu mulia tersebut. Batu akik bacan coba ditempelkan ke layar sentuh tablet smartphone Samsung dan  dipakai untuk menjalankan aplikasi. Hasil kita akan Mengetahui Batu Akik Bacan Asli itu asli kalau Layar itu bergerak.

“Kalau bisa bergerak berarti batu itu adalah asli. Batu Bacan dan Garut Hijau tersebut dapat menggerakkan layar tablet Samsung. Di luar batu Bacan dan Garut Hijau, Ponsel Samsung tidak bisa bergerak,” Ujar Wawan.

Baca juga : Cara Membedakan Batu Bacan Asli dengan Palsu

Advertisement