Cara Merawat Batu Kalimaya Teh

1463
Advertisement

Batu Kalimaya Teh termasuk salah satu jenis batu akik kalimaya yang memiliki warna dasar seperti teh. Batu akik ini memancarkan warna pelangi dari dalam jika seseorang memakainya.

Batu kalimaya teh merupakan salah satu Batu kalimaya yang warnanya menyerupai teh. Seperti kita ketahui, seiring dengan perkembangan zaman kini batu kalimaya kian terkenal, baik di Indonesia maupun di mancanegara. Hal ini dikarenakan, batu akik jenis ini termasuk batu yang paling mahal dan paling indah. Batu kalimaya seringkali disebut juga batu black opal. Black opal merupakan sebutan dari batu kalimaya hitam. Batu kalimaya juga digolongkan ke dalam beberapa variasi warna dan jenis, seperti batu kalimaya kelapa, batu kalimaya kristal, batu kalimaya hitam, batu kalimaya susu dan batu akik kalimaya teh.

Advertisement

Berdasarkan ciri-cirinya sendiri, tentu kita sudah mengetahui jika batu kalimaya teh ini memiliki warna persis seperti teh. Warnanya terlihat keruh kecoklatan, meskipun begitu ciri khas batu ini tak pernah terlepas dari karakteristik kalimaya teh. Batu kalimaya terkenal dengan pesona keindahannya yang sangat menawan jika dibandingkan batu akik lainnya. Bahkan, sebutan ratu segala permata ini memang sangat pantas disematkan untuk batu akik ini. Batu cincin kalimaya teh ini sebenarnya bisa ditemukan di daerah Banten. Tak hanya itu saja, batu cincin jenis kalimaya juga tersedia di mancanegara, seperti Australia, Afrika dan negara lainnya.

BATU KALIMAYA TEH

Negara pemasok terbesar batu kalimaya teh ini sebenarnya masih dipegang oleh Australia. Bahkan pasalnya, Australia ini telah memproduksi sebanyak 97% sebagai pemasok terbesar kalimaya yang ada di dunia. Adapun kota pemasok terbesar batu kalimaya ini di Australia adalah terdapat di kota Coober Pedy. Beralih ke Indonesia, batu permata kalimaya teh di Indonesia sendiri terdapat di kecamatan Maja, tepatnya berada di sungai Kali Maja. Batu ini memiliki tingkat kekerasan hingga 6.5 skala mohs. Pasalnya batu kalimaya yang berasal di Indonesia sendiri memiliki kualitas terbaik.

Sama seperti jenis batu kalimaya banten lainnya, batu kalimaya teh ini juga dibanderol dengan harga jutaan hingga belasan jutaan rupiah. Banyak orang yang kian memburu batu akik jenis ini baik di Indonesia sendiri maupun hingga di mancanegara. Batu kalimaya yang berwarna dasar teh ini memiliki pancaran warna pelangi mempesona yang keluar di dalam batu akik tersebut. Dengan keunikan karakternya inilah, batu kalimaya ini memiliki nilai jual tinggi. Nah, bagi Anda yang memiliki batu kalimaya berjenis teh, tentu harus melakukan perawatan khusus agar batu tersebut tetap mengkilau.

Adapun Cara merawat batu kalimaya teh ini adalah dengan mempersiapkan sebuah wadah berbentuk botol transparan, dan air teh. Untuk caranya sendiri pertama-tama buat air teh terlebih dahulu dengan menyeduhnya menggunakan air panas, lalu diamkan hingga 2 hari, lalu masukkan batu akik kalimaya ini pada botol. Kemudian masukkan seduhan air teh yang sudah didiamkan hingga 2 hari sebelumnya, lalu rendam batu kalimaya tadi hingga 1 minggu. Setelah itu, jemur hingga 1 jam dalam 24 jam. Lalu, amati perubahan di dalam batu akik tadi secara terus menerus.

Batu akik teh kalimaya ini memang merupakan sejenis bebatuan yang paling banyak dicari kolektor batu akik. Batu kalimaya asli bisa menjadi salah satu aksesori pelengkap perhiasan Anda. Sama halnya dengan batu akik lainnya, batu kalimaya jenis ini juga termasuk batu yang bisa Anda jadikan sebagai perhiasan, untuk cincin, liontin pada kalung dan lain sebagainya. Tak hanya itu saja, batu kalimaya teh juga memiliki khasiat yang positif yang bisa dirasakan bagi pemiliknya.

Advertisement