Contoh Cerpen Persahabatan Sejati Terbaru 2018

328

Cerpen Persahabatan Sejati paling terbaru 2018 itu sendiri tidak lepas dari makna persahabatan itu sendiri. Persahabatan, sebuah ikatan yang tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu bentuk lain dari cinta kasih. Persahabatan dan kerjasama ikut menjadi faktor pembangun kebudayaan manusia. Benarkah? Iya, karena manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial, jadi secara alamiah akan terdorong untuk mendekat dan melakukan sesuatu untuk ataupun bersama orang lain. Pernahkah Anda menyadari hal ini? Ketika Anda sendiri dan kebetulan tengah dipersempit oleh masalah, disana kedatangan seseorang yang berjuluk ‘sahabat’ akan membuat semua beban menjadi tersamarkan. Karena maknanya yang tidak pernah pudar selama manusia masih menjadi manusia, maka persahabatan akan tetap menginspirasi seseorang untuk melakukan suatu bentuk penghargaan. Banyak pula yang mengabadikan sebuah model juga kisah persahabatan menjadi bentuk cerita yang bisa dia kenang seumur hidup, berupa novel, prosa, ataupun cerita pendek.

Aspek-Aspek Yang Terbangun dan Membangun Sebuah Cerita Pendek

Untuk bisa menulis sebuah cerpen, khususnya cerpen persahabatan, Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang akan menjadi kekuatan cerita gubahan Anda. Nah, sebelum mempelajari semua hal tersebut, yang pertama kali harus Anda lakukan adalah melepaskan semua ekspektasi. Ya, biasanya sebuah cerita yang bagus adalah mereka yang menulis dengan apa adanya. Tanpa tujuan tertentu, cerita akan mengalir dengan lebih mudah. Banyak Contoh cerpen persahabatan sejati yang baik ditulis sebagai bentuk penghargaan tulus pada ceritanya, bukan karena ingin mendapat penghargaan pada tulisannya.

Baiklah, mari sekarang kita belajar tentang aspek-aspek apa saja yang bisa membuat sebuah cerpen menjadi bagus. Idjoel menjelaskan Beberapa hal yang pasti dimiliki dalam sebuah tulisan cerpen diantaranya yaitu;

1. Plot

Beberapa orang menyebut dengan setting atau latar belakang. Untuk bisa menentukan plot, Anda tidak perlu berpikir terlalu rumit kok! Cukup bayangkan saja akan memiliki latar belakang seperti apa cerita yang Anda buat. Misalnya cerpen persahabatan ini berlatar di sebuah SMA Negeri di daerah Yogyakarta, dengan setting waktu tahun 90-an, maka semua atribut yang akan dikenakan oleh tokoh Anda mesti disesuaikan pula dengan setting ini. Misalnya sang tokoh memiliki kendaraan sebuah motor vespa dengan sepatu hippe yang sudah sering lepas solnya, sementara sahabat “sang Hero” yang akan menerangi seluruh hidupnya adalah seorang pemuda bergitar yang gemar sekali mendendangkan lagu-lagu Rhoma Irama. Dengan memiliki pengaturan latar, maka Anda akan memiliki gambaran seperti apa cerita akan berlanjut nantinya. Jika ide Anda didapat dari pengalaman pribadi, pengaturan setting tentu saja akan lebih mudah dilakukan.

2. Gaya Bahasa

Cerpen persahabatan sejati yang baik tentu saja harus memiliki pengaturan gaya bahasa yang tepat dengan settingnya. Anda tidak bisa misalkan. Menulis sebuah Cerita Cinta Romantis flashback tentang romantisme persahabatan tahun 90-an yang belum dipengaruhi oleh gadget dengan menyisipkan gaya bahasa anak gaul di masa kini. Karena itu, sebenarnya sebuah Cerita Singkat sekalipun tetap memerlukan riset paling tidak agar cerita buatan Anda tidak mengalami gap-gap yang akan menunjukkan ketidak profesionalan si penulis cerita. Gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan latar cerita Anda, ya! Jika Anda belum memiliki pengetahuan tentang gaya bahasa tersebut, Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan dengan membaca cerita pendek penulis lain yang mengambil latar belakang hampir sama dengan cerita Anda. Mudah, bukan?

3. Penokohan

Bagian selanjutnya dan yang cukup sulit dari yang lain adalah penokohan. Maksud penokohan ini bukan hanya tulisan Anda mesti memiliki satu dua orang yang akan menjadi pemeran dalam cerita Anda, namun Anda juga mesti menentukan karakter tokoh tersebut. Penokohan akan memberikan nyawa bagi pemeran cerita Anda. Jika Anda gagal melakukan penokohan dengan konsisten dari awal sampai akhir cerita, maka bisa jadi cerpen Anda akan terkesan sebagai tulisan yang kurang bernyawa dan tidak enak dibaca.

4. Alur

Bagian terakhir yang tidak boleh ketinggalan dari sebuah Cerpen persahabatan terbaru 2018 yang baik tentu saja adalah alur cerita. Tidak semua alur sebuah cerpen harus berjalan dari depan ke belakang, Anda juga bisa membuat alur flashback alias dari depan ka belakang, ataupun alur kombinasi yang berganti-ganti antara masa depan dan masa lalu. Apapun alur cerita yang akan Anda pilih, sebaiknya tentukan dahulu titik koneksi diantaranya semua bagian cerita, tentu saja agar cerita Anda menjadi tulisan utuh yang enak dinikmati. Seperti sepotong kue, seperti apa bentuk hiasan kue yang mengelilingi dan sekaligus membentuknya, tentu aka nada satu desain utuh yang menjadi ketersambungan saat kue tersebut sudah siap disajikan. Terkadang memang ada sih alur cerpen yang chaotic atau didesain berantakan, namun yang bisa membuat cerpen semacam ini biasanya adalah tokoh atau cerpenis yang sudah berpengalaman makan asam garam dunia alur cerita, hingga dia bisa menemukan ketersambungan dalam cerita yang tak teratur.

Mulai Buat Cerita Anda Sekarang

Jadi sekarang Anda sudah mengenal aspek-aspek yang harus ada dalam sebuah tulisan cerita, lalu apa yang harus kita lakukan selanjutnya? Tentu saja adalah menulis cerita Anda sendiri. Satu hal yang paling sulit dalam menulis cerpen adalah menentukan darimana tulisan akan dimulai. Perhatikan contoh permulaan cerpen berikut ini:

Dibutuhkan banyak proses untuk menyeduh secangkir teh menjadi minuman yang hangat. Kita harus menanam, kita harus menuai, kita perlu sumbangan sinar matahari dan bantuan gunting-gunting pemotong. Kita perlu cangkir dan sendok. Kehidupan instan memungkinkan kita mendapat secangkir teh nikmat dengan cepat, asal ada selembar uang lima ribuan di kantong. Namun menulis selamanya sama, kita menanam ribuan ramuan kata untuk menyeduh satu baris kalimat. Perlu ketenangan seorang petani yang mencintai bulir padi. Kini petani yang beranjak tua itu mengenalkan hidup dan kedewasaan pada anaknya. Anak petani ingin menanam kata-kata sendiri. Mencintainya, dengan secangkir seduhan tehnya sendiri.”

Nah, contoh diatas adalah paragraf permulaan dari satu contoh cerpen persahabatan sejati tentang seorang anak petani yang ingin berdamai dengan masa lalunya, dan mulai ‘bersahabat’ dengan ayahnya yang ‘hanya’ seorang petani. Sang Anak petani menemukan bahwa, bagaimanapun perbedaan hidup antara dia dan ayahnya sangat jauh, namun ternyata terdapat kesinambungan yang mengembalikan lagi rasa hormat sang anak pada ayah, sekaligus manusia pada alam.

Baca Juga : Cerita Lucu Pendek Terbaru 2018

Paling tidak contoh di atas bisa menjadi pengantar Contoh Cerpen Persahabatan Sejati Terbaru 2018 yang ingin Anda tulis. Satu hal yang perlu Anda catat terakhir kali adalah, bahwa cerita yang bertema persahabatan tidak harus menceritakan hubungan antara manusia dengan manusia yang sejajar, namun bisa pula antara manusia yang terpaut usia bahkan terpaut ruang dan waktu yang begitu jauh. Banyak juga cerita pendek surealis yang menceritakan hubungan persahabatan antara manusia dengan makhluk-makhluk ‘yang bukan manusia’. Semua tergantung pada pengalaman, wawasan, dan kreatifitas sang penulis cerita.