Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Baik

291
Advertisement

Menulis Contoh Kata Pengantar Makalah bisa menjadi pekerjaan yang gampang-gampang susah, pasalnya sedikit-banyak kata pengantar akan mempengaruhi bagaimana kesan pembaca pada tulisan ilmiah kita dalam lembar-lembar berikutnya. KH. Abudrrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur bahkan pernah berujar, “Jika kamu ingin melihat isi dan kualitas sebuah buku, maka bacalah bagian pengantarnya dan pendahuluannya.” Nah, jadi sudah jelas bahwa kata pengantar sangat berpengaruh erat pada persepsi. Salah satu tulisan ilmiah yang sering dibuat oleh mahasiswa mulai dari semester pertama adalah makalah. Setiap makalah harus diawali dengan kata pengantar yang menjadi awal mula bahasan atau penjelasan tentang tema yang akan dibahas. Contoh kata pengantar makalah yang baik dan benar haruslah memberikan latar belakang singkat mengenai tema yang akan Anda bicarakan dalam presentasi makalah, sekaligus batasan tema tersebut.

Contoh Kata Pengantar Makalah dan Aspek-Aspek Yang Harus Di Penuhi

Ibarat pintu, kata pengantar adalah jendela yang membuka wawasan pembaca sebelum masuk dalam sajian tema utama yang Anda siapkan dalam bagian pembahasan. Maka, untuk bisa membuat pembaca terarah dengan sempurna, Anda harus memperhatikan aspek-aspek apa saja yang mesti dipenuhi dalam Membuat Makalah. Tulisan yang baik, sudah diketahui oleh semua intelektual, adalah tulisan yang memiliki awal mula kokoh dan penutup bahasan yang menyeluruh. Nah, apa sajakah aspek-aspek yang membuat kata pengantar tulisan ilmiah menjadi kokoh?

Advertisement

Berikut Blog Idjoel menjelaskan beberapa aspek yang mesti Anda perhatikan dalam menulis kata pengantar sebuah makalah, diantaranya adalah:

1. Latar belakang singkat

Contoh kata pengantar makalah memang harus memiliki kata pondasi latar belakang yang singkat, padat, namun masih enak dibaca. Untuk bisa menulis kata pengantar seperti ini, Anda bisa mencoba untuk membaca buku-buku bertema hampir serupa dengan makalah Anda dan sekaligus menjadi referensi tulisan Anda. Jangan segan untuk membaca kembali paragraph pertama kata pengantar makalah Anda, karena Anda pasti akan menemukan perbaikan-perbaikan yang membangun tiap kali selesai membaca.

Latar belakang yang baik tidak mesti memiliki redaksi nan panjang. Untuk menulis kata pengantar ini Anda cukup menyisakan ruang 200 sampai 300-an Kata Kata yang akan menjadi wakil tema makalah yang Anda tulis. Kata pengantar makalah tidak sama dengan abstrak, karena abstrak tulisan adalah ringkasan bahasan tulisan ilmiah Anda dari awal sampai akhir, sementara kata pengantar hanya berfungsi sebagai pembuka wawasan sekaligus pembatas sebuah pokok bahasan.

2. Bahasa yang menarik

Selanjutnya, perhatikan gaya bahasa Anda. Menulis makalah memang identik dengan penggunaan footnote dan referensi dari buku-buku tertentu. Namun, usahakan Anda tidak mengutip bagian dari sebuah buku referensi secara terletak dalam bagian kata pengantar. Mengapa? Karena kata pengantar akan secara otomatis menunjukkan potensi dan sejauh mana Anda menguasai materi. Penyebutan kutipan langsung dalam kata pengantar akan memberikan kesan bahwa Anda semata-mata akan pamer kutipan dalam makalah yang Anda tulis, bukan pamer wawasan.

Yang paling penting dalam sebuah presentasi adalah wawasan Anda dan penguasaan materi, karena itu akan kurang baik kesan yang Anda timbulkan jika terlalu banyak buka-tutup buku referensi. Begitu pula dengan bagian kata pengantar, Anda tidak bisa melakukan kutipan langsung saat Anda belum menunjukkan hasil wawasan Anda sendiri yang telah membaca referensi.

3. Batasan pembahasan

Beberapa studi ilmu dalam dunia perkuliahan tidak bisa terlepas dari batasan masalah yang akan dibahas ketika melakukan presentasi. Batasan masalah juga berguna untuk memberikan peringatan dini pada audiens agar pertanyaan yang akan diajukan untuk menguji wawasan Anda tidak terlalu melebar. Jadi, contoh kata pengantar makalah yang baik seharusnya menyebutkan batasan masalah dalam tulisannya. Anda juga tidak mau bukan jika tiba-tiba audiens yang menjadi kawan Anda dalam presentasi mengajukan pertanyaan yang jauh dari tema, dan lebih parahnya tidak bisa Anda jawab? Meskipun interupsi penyelewengan bahasan bisa Anda lakukan saat sesi tanggapan, namun hal ini juga akan mengurangi image Anda sebagai pembahas.

4. Tujuan penulisan makalah

Selain batasan masalah, akan lebih lengkap pula jika Anda juga menuliskan tujuan penulisan makalah dalam kata pengantar Anda. Menulis tujuan penulisan tidak akan sesulit menulis latar belakang, karena Anda dapat mencari contoh formatnya dalam makalah-makalah lain yang se-tema dengan makalah Anda. Untuk Anda yang masih semester awal, akan lebih mudah bila Anda sering-sering meluangkan waktu ke perpustakaan ketika menulis makalah. Carilah makalah atau bahkan skripsi yang hampir sama dengan tema yang Anda bahas, dijamin Anda akan mampu menulis kata pengantar, bahasan, dan melakukan presentasi dengan lebih mudah.

Contoh Penulisan Kata Pengantar Makalah Yang Sesuai

Dalam contoh kali ini, terdapat sebuah kata pengantar makalah dari studi ilmu budaya yang berjudul ‘Sejarah Perayaan Imlek di Indonesia’. Anda bisa mengamati dan paling tidak mendapatkan gambaran seperti apa contoh kata pengantar makalah yang baik yang kriterianya telah disebutkan di awal tadi.

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang Masalah

Setiap agama mempunyai ritual masing-masing dalam peribadatannya. Baik menggunakan simbol ataupun gerakan yang didalamnya mengandung makna dan arti bagi mereka yang menjalankannya. Salah satu agama yang kini diakui sebagai agama resmi ke-enam di Indonesia adalah Kong Hu Chu. Tahun baru Imlek merupakan perayaan orang Tionghoa, yang tidak hanya dirayakan oleh pemeluk agama Kong Hu Chu saja, namun sudah menjadi semacam ritual budaya khusus bagi para peranakan China di Indonesia. Malam tahun baru Imlek dikenal dengan Chuxi (malam pergantian tahun). Di Tiongkok adat dan tradisi wilayah yang berkaitan dengan perayaan Tahun Baru Imlek sangat beragam.

Perayaan Imlek dirayakan di daerah dengan populasi suku Tionghoa. Bagi orang Tionghoa perayaan Imlek merupakan momen hari libur besar. Perayaan itu berpengaruh juga di tetangga geografis Tiongkok, serta interaksi dengan negara lain seperti Korea, Vietnam, Jepang, Malaysia, Hong Kong, Filipina, dan juga Indonesia sendiri. Imlek telah menjadi budaya tradisional dari negara-negara tersebut. Sejarah Imlek yang pada awalnya terkesan sarat dengan mitos dan dongeng, kini sudah dianggap sebagai local Wisdom yang dibudayakan dalam masyarakat.

2. Pokok Pembahasan

Dalam makalah ini akan tema tentang Imlek yang dibahas dengan acuan dua rumusan masalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana sejarah perayaan Imlek di Indonesia?
  2. Bagaimana tata pelaksanaan Imlek dalam tradisi Tionghoa?
  3. Tujuan Pembahasan

Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui sejarah perayaan Imlek di Indonesia serta dapat mengetahui tata-cara pelaksanaan Imlek di Indonesia.

Baca Juga : Cerita Lucu Singkat dan Contoh Pidato Singkat

Nah, bagaimana, apakah Anda sudah mendapat gambaran dari Contoh Kata Pengantar Makalah Untuk Presentasi di atas? Meskipun bidang keilmuan Anda berbeda dari contoh di atas, namun Anda bisa mendapatkan gambaran format seperti apakah kata pengantar makalah yang baik. Bahasa sebuah kata pengantar seyogyanya singkat saja, namun tidak memerlukan poin-poin yang terlalu ringkas. Usahakan Anda selalu belajar akan tema yang akan Anda bahas, sebelum memutuskan untuk menulis makalah.

Advertisement