Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

215
Advertisement

Surat Lamaran Kerja – Zaman sekarang terkenal dengan masa-masa sulit cari kerja. Jika dahulu untuk bisa masuk dalam suatu bidang pekerjaan semua lebih ditentukan pada koneksi ataupun jaringan penyalur (agen) maka kini pekerja yang baik dan ingin menunjukkan profesionalitas dirinya tentu saja harus berani mempromosikan diri sendiri. Cara paling umum untuk memberikan ruang bagi para calon pekerja agar bisa memperkenalkan juga mempromosikan ide-idenya adalah dengan membuat sebuah surat lamaran kerja. Meskipun sudah cukup umum didengar, namun ternyata model dan tipe penulisan surat lamaran pekerjaan antara satu orang dengan yang lain bisa berbeda-beda. Anda bisa membuat sebuah surat lamaran pekerjaan yang baik apabila memiliki format ataupun Contoh surat lamaran kerja yang sudah teruji, selain itu juga formatnya harus mudah dikenali jika surat tersebut adalah jenis surat lamaran pekerjaan.

Jangan Anda meremehkan pentingnya membuat surat lamaran kerja. Bagi sebagian orang mungkin masih saja ada yang mengira bahwa surat lamaran pekerjaan semata-mata adalah pengantar untuk memperkenalkan diri. Makna sebenarnya lebih dari itu, lho! Dengan surat lamaran pekerjaan yang baik paling tidak sudah menjadi bukti profesionalitas Anda yang siap memasuki dunia kerja. Katakan saja selamat tinggal pada penerimaan diri yang asal-asalan, sebelum memulai untuk Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar Anda harus tahu pada karakter dan potensi diri Anda sendiri. Jadi melalui lembar-lembar CV dan surat lamaran pekerjaan ini, Anda bisa mulai mempelajari kelebihan juga profesionalitas yang ingin Anda.

Kriteria Surat Lamaran Pekerjaan

Advertisement

Baiklah, memasuki dunia kerja melalui jalan koneksi memang belum punah betul dalam masyarakat kita, namun bukankah meskipun dengan jalan ‘dalam’ Anda tetap membutuhkan surat lamaran pekerjaan? Bidang kerja, terutama dalam kawasan bisnis kreatif akan cenderung kebal terhadap berbagai macam koneksi dan lebih melihat kemampuan para pekerjanya pada semangat yang dia miliki. Jadi menguasai contoh surat lamaran pekerjaan yang benar bisa membuat Anda lebih mudah memasuki dunia kerja yang Anda inginkan. Selain itu, tentu saja sebenarnya untuk bisa melamar sebuah pekerjaan Anda tidak bisa asal setor CV semata, namun harus dilengkapi dengan selembar surat lamaran pekerjaan yang benar.

Untuk bisa pandai membuat Surat lamaran pekerjaan sebenarnya Anda tidak harus menjadi orang yang pandai menulis ataupun berpengalaman dalam bergaya bahasa. Sebagai salah satu jenis surat formal, surat lamaran pekerjaan justru menuntut profesionalitas pelamar dengan memakai bahasa Indonesia yang baku, baik, benar, dan singkat. Mengapa singkat? Karena surat-surat resmi biasanya dibuat untuk keperluan tepat guna, dan diharapkan dapat memuat tujuan yang ingin disampaikan dalam surat tersebut, tentu termasuk pula dalam penulisan surat lamaran pekerjaan.

Untuk lebih jelasnya, berikut criteria dan tata cara menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar versi Blog Bangjoel, yaitu:

1. Tanggal dan alamat jelas

Tanggal dan alamat merupakan satu hal yang sering dilupakan dalam penulisan satu contoh surat lamaran pekerjaan. Meski begitu, salah menuliskan tanggal akan membuat surat Anda kehilangan tanggal kadaluarsa. Apalagi jika sampai salah menyebutkan alamat, tentu hal ini bisa menggagalkan harapan Anda seketika menyadarinya. Karena itulah, satu hal pertama kali harus Anda perhatikan adalah penulisan tanggal dan alamat surat lamaran pekerjaan Anda. Kalau perlu usahakan untuk memeriksa kembali ketepatan dua hal ini sebelum Anda mengirimkan surat lamaran pekerjaan pada perusahaan terkait yang Anda incar.

2. Gaya bahasa lugas

Surat lamaran pekerjaan bukanlah Cerita Cinta Romantis atau Cerita Lucu Singkat, itu sudah jelas. Karena itulah dalam penulisannya Anda tidak perlu menggunakan gaya bahasa mendayu yang entah sampai mana kata-kata Anda akan berakhir. Syarat mutlak dalam menulis sebuah surat resmi seperti surat lamaran pekerjaan adalah dengan memakai gaya bahasa lugas nan ringkas. Jika yang ditulis adalah surat lamaran pekerjaan maka sebutkan secara ringkas dalam isi surat bahwa Anda menulis surat terkait untuk keperluan melamar pekerjaan dan mengisi posisi tertentu yang sedang membuka lowongan.

3. Gunakan format yang baik dan baku

Ini dia satu aspek yang seringkali juga membawa kebingungan, pasalnya banyak sekali format surat lamaran pekerjaan yang beredar dari dunia maya ataupun dunia nyata. Sebagai seorang pemula yang baru memulai perjuangannya untuk melamar kerja, bisa jadi niat Anda akan maju mundur karena merasa ragu dalam membuat format surat lamaran yang tepat. Contoh surat lamaran pekerjaan dengan format yang baik akan memuat poin-poin penting ayang ingin Anda sampaikan dalam bundle surat lamaran dan portofolio Anda.

Bukan rincian dokumen yang harus Anda sebut dalam isi surat lamaran pekerjaan seperti dokumen bla bla bla yang berisikan bla bla bla, namun sekedar poin-poin nama dokumen tersebut. Contohnya dalam bagian isi sebutkanlah bahwa Anda akan melengkapi surat lamaran pekerjaan tersebut dengan lembaran 1. CV, 2. Fotokopi ijazah, 3. Fotokopi KTP, dan selanjutnya. Sertakan dokumen-dokumen pendukung dalam lampiran di belakang surat lamaran yang akan dikemas satu bundle bersama map lamaran pekerjaan Anda.

4. Sopan

Aspek terakhir Contoh surat lamaran kerja yang baik terkait dengan moralitas Anda sebagai seorang pelamar. Kecuali Anda sedang melamar pekerjaan dalam bisnis kreatif, usahakan untuk selalu menggunakan gaya penuturan yang sopan. Kesopanan ini menjadi modal penting untuk menunjukkan bahwa Anda bukanlah seorang pribadi yang angkuh atau pula sombong. Beberapa perusahaan terutama yang bergerak dalam bisnis kreatif biasanya memperbolehkan pelamarnya untuk memakai gaya bahasa penuturan nan santai dan apa adanya, namun ini berarti Anda harus lebih teliti menilai perusahaan yang akan Anda bidik. Usahakan untuk mencatat dan memperhatikan spesifikasi yang diinginkan perusahaan tersebut.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Setelah Anda mempelajari aspek juga kriteria yang mesti Anda perhatikan dalam satu contoh surat lamaran kerja, maka sudah saatnya Anda berlatih untuk menulis surat lamaran kerja untuk diri Anda sendiri. Meskipun seandainya Anda tidak berencana melamar pekerjaan di waktu dekat, namun memiliki skill ini akan sangat membantu di kemudian hari. Di bawah ini adalah contoh dari surat lamaran pekerjaan dengan format yang biasa dipakai untuk lamaran resmi:

Nomor                   : 01

Perihal                  : Lamaran pekerjaan

Lampiran             : 01 (satu) bundel

Kepada Yth;

Direktur/Bagian personalia PT. Wiguna Sejati

Di tempat

Dengan Hormat,

Berdasarkan dari informasi yang saya dapatkan dari pamflet lowongan pekerjaan PT. Wiguna Sejati saya:

Nama                    : Suwarso Anggara

Alamat                  : Dukuh Kretek, Ds. Budi Mulyo, Sleman, Yogyakarta

TTL                         : 30 Januari 1991

Pendidikan         : Sarjana Ekonomi Islam

Agama                  : Islam

Memberanikan diri untuk mengajukan lamaran kerja (atau bisa diganti dengan kepentingan yang lain) sebagai bagian manajemen di perusahaan yang Bapak/ibu pimpin.

Untuk melengkapi permohonan ini saya lampirkan dengan hormat data-data sebagai berikut:

  • Curriculum Vitae
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Ijazah terakhir
  • Portofolio sertifikat

Besar harapan saya permohonan ini mendapatkan feedback positif dan saya diterima dalam perusahaan Bapak/Ibu. Untuk perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Kudus, 30 Januari 2016

Pemohon,

Suwarso Anggara

Baca JugaContoh Surat Kuasa Khusus Yang Baik dan benar

Nah, isilah titik-titik dari form Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar di atas dengan data yang berkaitan dengan diri Anda dan juga spesifikasi atau syarat yang diwajibkan untuk dilampirkan dalam surat lamaran Anda. Semoga sukses dengan pekerjaan yang Anda inginkan!

Advertisement