Daftar Hewan Terkecil di Dunia Saat Ini

658
Advertisement

Ada beberapa Hewan Terkecil di Dunia yang berhasil ditemukan. Selain Hewan Terbesar di Dunia, manusia juga penasaran mengenai keberadaan hewan-hewan yang kecil. Hal ini tentu saja merupakan hal yang unik yang baru ditemukan oleh manusia. Selain itu, biasanya hewan kecil tersebut juga merupakan Hewan Langka dalam jumlah yang terbatas. Hewan kecil tersebut merupakan hewan mini yang pastinya akan terlihat, imut, lucu, dan tentu saja menggemaskan. Di sini akan disebutkan beberapa ragam hewan kecil yang sudah ditemukan.

1. Tikus imut – Pygmy Jerboa

Advertisement

Salah satu hewan kecil ini yang sudah ditemukan dan diketahui cukup banyak orang adalah Pygmy Jerboa. Pygmy ini merupakan tikus terkecil yang berhasil ditemukan. Salah satu hewan pengerat ini akan membuat banyak orang takjub dan tidak ragu untuk memeluk bulunya yang halus. Ukuran tubuh dari tikus mini ini bukan berarti ia memiliki kecepatan yang lamban. Malahan, tikus ini dapat berlari hingga kecepatan 15 mil per jamnya ketika sedang melakukan pemburuan. Kaki dari tikus kecil ini lebih panjang di bagian belakangnya, oleh karena itu ia menggunakan ekor untuk menjaga keseimbangan.

Hewan Terkecil Tikus imut

2. Bumblebee – Kitti Hognosed

Bumblebee yang merupakan seekor kelelawar. Kelelawar ini juga dikenal sebagai kitti Hog-nosed yang hanya memiliki berat seberat pecahan uang logam 100. Kelelawar kecil ini banyak ditemukan di negara Thailand dan menjadi salah satu hewan yang sedang terancam kepunahan. Kelelawar ini sangat kecil hingga malah banyak dikira menjadi miniature hewan.

Hewan Terkecil Bumblebee - Kitti Hognosed

3. Leptotyphlops Carlae

Leptotyphlops Carlae yang merupakan ular terkecil yang dapat ditemukan. Bagi Anda yang takut pada salah satu spesies reptile ini, perlu melihat ular mini tersebut. Ular tersebut berukuran sangat kecil dan hanya memiliki panjang sekitar 10 cm saja. Ular ini malah cenderung menyerupai cacing. Anakan dari ular ini akan memiliki panjang hanya setengah dari ular yang dewasa. Ular mini ini juga hanya bertelur sebanyak satu butir saja untuk setiap bertelurnya, sehingga banyak ilmuwan yang mengatakan hewan ini juga terancam mengalami kepunahan.

Leptotyphlops Carlae Hewan Terkecil

4. Horseshoe atau limulidae

Ada juga kepiting Horseshoe atau limulidae yang merupakan kepiting paling kecil yang dapat ditemukan. Kepiting jenis ini masuk dalam Arhtopoda ini merupakan hewan kecil yang memiliki lengan dan tubuh diartikulasikan.

Horseshoe atau limulidae

5. Pygmy Marmoset

Pygmy Marmoset merupakan salah satu jenis monyet. Monyet terkecil ini merupakan hewan yang berhabitat asli di daerah ekuador. Ukuran tubuhnya yang sangat mini hanya memiliki panjang sekitar 15 cm saja. Panjang tersebut sudah diukur dari ekor hingga kepala, ukuran yang sangat mini bukan? Tentu akan sangat mirip seperti boneka monyet yang sangat lucu. Spesies ini hidup dengan cara berkelompok di dalam hutan. Makanan dari monyet kecil ini adalah getah dari pohon.

Pygmy Marmoset Hewan Terkecil

6. Hippocampus Denise

Hippocampus Denise yang merupakan kuda laut terkecil yang ada di dunia. Panjang dari kuda laut ini hanya sepanjang 16 milimeter saja. Kuda laut kecil ini hanya dapat ditemukan di Samudera pasifik dengan cara menyelam hingga kedalaman 90 meter di bawah air.

Hippocampus Denise Hewan Terkecil

7. Sphaerodactylus Ariasae

Sphaerodactylus Ariasae yang merupakan kadal terkecil sebagai reptile terkecil selain ular yang berhasil ditemukan. Kadal kecil tersebut dapat ditemukan di Pulau Karibia di lepas pantai dari Republik Dominika. Panjang dari kadal kecil ini hanya sekitar kurang lebih 16 milimeter saja.

Sphaerodactylus Ariasae Hewan Kecil

8. Ikan Kecil Sumatera

Ikan ini hanya memiliki panjang 7,9 milimeter saja. Hewan kecil yang ditemukan di Sumatera ini hampir tak terlihat karena ukurannya yang sangat kecil. Tubuh dari ikan ini juga sangat rapuh, oleh karena itu hewan ini merupakan salah satu ikan yang sedang terancam kepunahan. Kepunahan tersebut juga disebabkan oleh habitat aslinya berupa rawa gambut mulai menipis karena banyak digunakan perusahaan kelapa sawit.

Ikan Kecil Sumatera

9. Brookesia Micra

Brookesia Micra yang merupakan sebuah chameleon terkecil yang ada di dunia. salah satu hewan vertebrata tanah terkecil ini hanya memiliki panjang sekitar 29 milimeter saja. Chameleon ini hanya dapat Anda temukan di Madagaskar saja sebagai habitat aslinya.

Brookesia Micra Hewan Paling Kecil

Baca Juga : Buah dan Sayur Terbesar Di Dunia

Selain Hewan Terkecil di Dunia tersebut, masih ada beberapa hewan lain, di antaranya; Paedophryne Amauensis atau katak terkecil di dunia, Octopus Wolfi yang merupakan gurita terkecil, Speckled Padloper yang merupakan kura-kura, Boo yang merupakan anjing terkecil dengan ukuran 10 cm, Thumbelina yang merupakan kuda setinggi 43 cm.

Advertisement