Daftar Kenaikan Gaji PNS TNI POLRI Tahun 2018

4353
Advertisement

Daftar Kenaikan Gaji PNS TNI POLRIKepala Ekonom Bank Mandiri Destry Damayanti menganggap rencana pemerintah Sekarang untuk menaikkan gaji PNS, polisi, dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebesar 6 persen masih wajar. Dia menilai besaran kenaikan gaji PNS, polisi, dan juga TNI ini memang diperlukan berkenaan dengan kompensasi biaya hidup mereka terkait dengan inflasi tahunan yang bisa jadi terjadi.

Besaran kenaikan gaji PNS, polisi, dan juga TNI ini ada baiknya kalau diimbangi juga dengan peningkatan produktivitas pegawai.

Advertisement

Menteri Koordinator Perekonomian berujar, Sesuai dengan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2016, Pemerintah RI berencana mempertinggi gaji PNS, polisi, dan TNI sebesar 10 persen. “Gaji PNS, polisi, dan TNI me-ngikuti inflasi saja, ” tuturnya dalam konferensi pers di Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta.

Menurut Menko Perekonomian, jumlah kenaikan gaji PNS, polisi, dan TNI tersebut didasarkan pada inflasi yang diprediksi mencapai 4, 4 persen. “Paling tidak, kalau tahun depan inflasi ternyata mencapai lima persen, maka masih ada selisih satu persen dari kenaikan gaji mereka.

Tujuan Kenaikan Gaji PNS TNI POLRI 2016

Kebijakan menaikkan gaji PNS, polisi, dan juga TNI bertujuan untuk meringankan beban hidup PNS. Sebab, kalau tidak ada kenaikan gaji dan tahun depan inflasi benar-benar mencapai 10 persen, pemasukan PNS akan habis untuk biaya hidup yang makin tinggi.

Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan menyatakan bahwa aturan tersebut belum dapat berlaku untuk tahun depan. Maka dari itu, Rencana Kenaikan Gaji PNS minimal 6% akan tetap terealisasi.

“Kenaikan gaji 6% tetap akan berlaku untuk tahun depan, ” tegas Akolani ketika berbincang dengan media di kantornya, Jakarta.

Perihal yang sama berlaku untuk duit pensiunan PNS beserta anggota TNI/Polri naik 4%. Lalu Uang makan PNS dan juga Uang lauk Pauk anggota TNI/Polri naik Rp 5.000 / hari men-jadi masing-masing Rp 30.000 / hari dan juga Rp 50.000 / hari.

Demikian Daftar Kenaikan Gaji PNS TNI POLRI Tahun 2016. Semoga bermanfaat.

Advertisement