Lagu Minang Terbaru 2017 dan Liriknya

IDJOEL.COM – Daftar Lagu Minang Terbaru dan Liriknya memang selalu berkembang. Di antara berbagai macam lagu terbaru Minang ada yang paling populer, salah satunya yang dibawakan oleh Elsa Pitaloka dan Boy Sandy.

Musik sudah menjadi bagian dari hidup masyarakat Indonesia. Lagu-lagu berbahasa daerah adalah salah satu bukti betapa dekatnya musik dengan masyarakat. Beberapa lagu daerah yang cukup populer adalah lagu dengan bahasa Minang Sumatra. Lagu dengan bahasa khas suku Minangkabau ini memiliki berbagai macam aneka lagu yang enak didengar dan menjadi favorit. Lagu Minang terbaru juga selalu berkembang, membuktikan bahwa musik Minangkabau menjadi idola di Indonesia.

Banyak sekali lagu Minang yang cukup populer di antara masyarakat Indonesia. Beberapa diantaranya dinyanyikan oleh penyanyi terkenal seperti Elsa Pitaloka. Ada beberapa lagu-lagu Minang yang kami rekomendasikan untuk menjadi koleksi chart musik milik Anda. Lagu-lagu yang kami rekomendasikan ini cukup populer, sehingga Anda mungkin juga akan tertarik untuk mengoleksi dan mendengarkannya. Berikut daftar lagu baru Minang yang paling populer.

Daftar Lagu Minang Terbaru dan Liriknya

1. Elsa Pitaloka – Balulua Tangih Ka Dado

Lagu Minang terbaru Balulua Tangih Ka Dado ini merupakan salah satu lagu dengan bahasa Minangkabau yang dinyanyikan oleh Elsa Pitaloka. Lagu ini merupakan lagu yang memiliki tema percintaan antara perempuan dan laki-laki. Lagu ini memberikan pesan dari pihak perempuan tentang pesan kepada sang kekasih, bahwa cintanya bukan sebuah permainan.

Lirik lagu Minang terbaru Balulua Tangih Ka Dado yang dibawakan oleh seorang wanita cantik bernama Elsa Pitaloka ini pada dasarnya bercerita tentang rasa cinta yang ada pada diri seorang perempuan kepada kekasihnya. Lagu ini memiliki kisah bagaimana seorang perempuan yang risau karena mengetahui bukan hanya dirinya yang ada di hati sang kekasih. Berikut adalah penggalan lirik yang ada dalam lagu tersebut.

  • Usah-usah lah.. lukoi denai cando iko
  • Lah balulua tangih ka dado
  • Nan padiah samakin taraso
  • Ingek-ingek lah,, cinto ko bukan pamainan
  • Dulu basaksikan ka Tuhan
  • Nyato kini uda putuihkan

Sama halnya dengan Lagu Anak Islami, Di dalam penggalan lirik tersebut tersirat bahwa adanya penegasan bahwa cintanya merasa dipermainkan. Si perempuan sudah tidak ingin lagi merasa sakit hati, dan rasa sakitnya semakin menjadi-jadi. Inilah mengapa lagu ini termasuk dalam daftar lagu sendu yang dapat dijadikan koleksi lagu-lagu Minang yang Anda miliki.

2. Boy Sandy – Seso Malam Langang

Sama Halnya Lagu anak Islami, Lagu Minang terbaru yang satu ini dibawakan oleh seorang penyanyi laki-laki dengan bahasa Minangkabau yang khas. Lagu Seso Malam Langang sendiri menceritakan tentang kerinduan di malam sepi kepada seorang wanita yang merupakan kekasih. Si laki-laki yang merasa rindu rupanya resah karena sudah jarang bertemu apalagi mengetahui kabar sang kekasih pujaan hati.

Baca Juga : Tangga Lagu Prambors

Lirik lagu Minang terbaru Seso Malam Langang yang dibawakan oleh Boy Sandy ini pada dasarnya menceritakan tentang kerinduan kepada seorang gadis yang sudah lama meninggalkan si pria. Lagu ini juga menyiratkan perasaan resah dan gelisah ketika menunggu si gadis yang tak kunjung datang dan tidak memberi kabar. Semua yang ada dalam pikiran si pria hanyalah hal-hal yang berhubungan dengan si gadis, dan itu selaras pada suasana malam langang. Rasa rindu yang menggebu-gebu kemudian disampaikan pada sebuah lagu rindu. Berikut adalah sepenggal lirik yang ada dalam lagu tersebut:

  • Rusuahnyo hati di malam langang
  • Bayang-bayang bulan talampok awan
  • Bintapun anggan mambari tarang
  • Lah jaleh tando turunnyo hujan
  • Adiak sayang jo alah den rintang
  • Rindu-rindu hati nan acok datang
  • Samantaro adiak lah mulai anggan
  • Lah jarang datang jo kirim pasan

Di dalam sepenggal lirik tersebut semakin dipertegas bahwa kerinduan yang dialami si pria sangatlah besar. Hingga ia merasa bahwa alam pun juga ikut merasakan rindu yang dimilikinya. Ia berpesan kepada si gadis dari jarak jauh tentang kerinduan yang dia alami. Lagu ini juga memberikan pesan kepada si gadis supaya datang atau sekedar memberi pesan untuk si pria supaya kerinduannya bisa diobati.

3. Susi – Usah Manyimpan Duto

Lagu Minang terbaru yang dibawakan seorang penyanyi wanita asal Minangkabau bernama Susi ini merupakan salah satu lagu yang cukup populer. Lagu ini sendiri menceritakan tentang keluh kesah si perempuan yang dinyanyikan dalam lagu. Lagu ini ditujukan oleh seseorang yang mengecewakan si wanita. Secara garis besar, lagu ini menceritakan tentang kekecewaan yang dialami seorang wanita terhadap kekasihnya.

Lirik lagu Minang terbaru Usah Manyimpan Duto yang dinyanyikan seorang penyanyi bernama Susi ini pada dasarnya menyimpan makna lagu yang teramat dalam. Lagu ini menceritakan sebuah kekecewaan yang dirasakan si wanita terhadap kekasihnya. Lagu ini memang berkisah dengan cerita yang sedih, tentang bagaimana si pria telah mempermainkan hati si wanita. Ketika di awal kisah percintaan mereka sangatlah romantis, sangat berkesan pada si wanita. Namun ternyata kenyataannya semua yang indah itu hanya semu. Berikut adalah penggalan lirik dari lagu ini:

  • Sapandai-pandai tupai malompek
  • Nan sakali ka jatuah juo
  • Indak guno lidah basilek
  • Usah uda menyimpan duto

Di dalam sepenggalan lagu tersebut, disiratkan bahwa cinta yang sebusuk miliki si pria tidak akan bertahan lama. Semua yang ditutupi pasti akan terkuak juga. Hal ini selaras dengan makna di bait peribahasa yang berbunyi “sepandai-pandainya tupai melompat, pasti akan terjatuh juga”. Peribahasa tersebut ditujukan kepada si pria yang dikiaskan seperti seekor tupai.

4. Ratu Sikumbang – Kaba Dari Rantau

Lagu Minang terbaru yang satu ini dinyanyikan oleh Ratu Sikumbang. Lagu dengan bahasa daerah Minangkabau ini berkisah tentang kegelisahan seseorang yang rindu pada kampung halamannya. Di dalam lagu ini, penyanyi berkisah bahwa ia rindu pada ayah dan bunda, juga sanak saudara yang ditinggal di kampung. Ia pun sedih jika harus mengingat dan membayangkan kampungnya, dan ia berkata bahwa dimanapun ia berada ia tetap mencintai keluarga di kampung.

Lirik lagu Minang terbaru Kaba Dari Rantau yang dibawakan oleh Ratu Sikumbang ini pada dasarnya berkisah tentang kerinduan yang sangat dalam terhadap kampung halamannya. Di kampung halamannya tersebut, banyak sanak saudara dan juga keluarga yang ia tinggal selama di perantauan. Berikut merupakan sepenggalan lirik dari lagu tersebut:

  • Taraso hancua di dado
  • Bilo kampuang tabayang di mato
  • Takana kawan-kawan sapamainan sadonyo
  • Tapi apolah ka dayo denai
  • Kok pulang di kampuang alunnyo tapakai
  • Tapi bia pun denai ka lapuak di rantau
  • Namunnyo nan kampuang
  • Tatap ka denai kana pun cinto

Dari sepenggalan lagu tersebut, semakin ditegaskan bahwa si penyanyi sangat rindu pada kampung halamannya bahkan hingga merasa sedih ketika membayangkan kampung halamannya. Semua yang ada di kampung tersebut, baik ayah, ibu, saudara hingga teman-teman sepermainannya terpaksa harus ia tinggalkan demi suatu urusan di tanah rantau. Di dalam akhir lirik, terdapat ungkapan tulus yang dinyanyikan yaitu seberapa jauh jarak yang memisahkan antara penyanyi dengan kampung halamannya, ia akan selalu mencintai dengan hatinya.

Menarik Juga : Lagu Naruto Shippuden dan Tangga Lagu Pop Terbaru

Itulah Daftar Lagu Minang Terbaru dan Liriknya khas Minang yang dinyanyikan berbagai macam penyanyi andalan khas Minangkabau. Lagu-lagu tersebut tentu memiliki cerita tersendiri, dan akan cocok untuk Anda yang sedang mencari suasana hati ditemani lagu-lagu berbahasa daerah. Kita memiliki jati diri sendiri dan kita wajib mencintai dan bangga akan keberadaan budaya Indonesia, khususnya pada bahasa daerah yang digunakan dalam lirik lagu Minang terbaru tersebut.

tags: