Gambar DP BBM Ucapan Selamat Natal Menurut Hukum Islam

1251
Advertisement

Gambar DP BBM Ucapan Selamat Natal Menurut Hukum Islam – Umat Islam haram me-ngikuti Pakar Kitab (Yahudi dan juga Nasrani) dalam merayakan Hari Natal ataupun hari raya mereka, beserta mengucapkan ucapan “Selamat Natal” Mengirim Gambar Foto DP BBM Selamat Natal, sebab ini adalah bagian dari kegiatan khas keagamaan mereka, ataupun syiar agama mereka yang batil. Kita pun dilarang meniru mereka terkait hari raya umat Kristiani.

Keharaman terkait ucapan, DP BBM, ataupun merayakan Natal bagi umat Islam itu dinyatakan dalam al-Kitab, as-Sunnah dan Ijma’ Sahabat.  dalam al-Qur’an, Allah SWT berfirman:

Advertisement

وَالَّذِينَ لا يَشْهَدُونَ الزُّورَ وَإِذَا مَرُّوا بِاللَّغْوِ مَرُّوا كِرَاماً [الفرقان:72]

“Dan orang-orang yang tidak menyaksikan kemaksiatan, dan apabila mereka bertemu dgn (orang-orang) yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berguna, mereka lalui (saja) dengan menjaga kehormatan dirinya.” (Q.s. al-Furqan [25]: 72)

Mujahid (Mufassir), dalam menafsirkan ayat tersebut diatas menyebutkan bahwa, “az-Zûr (kemaksiatan) itu ialahh hari raya kaum Musyrik. Begitu pun pendapat yang sama diutarakan oleh ar-Rabî’ bin Anas, al-Qâdhî Abû Ya’lâ dan ad-Dhahâk.” Ibn Sirîn berkomentar, “az-Zûr adalah Sya’ânain. Sedangkan Sya’ânain adalah hari raya kaum Kristiani. Mereka menyelenggarakannya pada hari Ahad sebelumnya untuk Hari Paskah. Mereka merayakannya dengan membawa pelepah kurma. Mereka mengira itu mengenang masuknya Isa al-Masih ke Baitul Maqdis.”[1]

Wajh ad-dalâlah (bentuk penunjukan dalil)-nya adalah, jika Allah SWT memuji orang-orang yang tidak menyaksikan az-Zur (Hari Raya kaum Kafir), padahal hanya sekedar hadir dengan melihat atau mendengar, lalu bagaimana dengan tindakannya jika lebih dari itu, yaitu merayakannya. Bukan sekedar menyaksikan.

Disisi lain, Tindakan Sahabat Rasuluulah SAW (Umar) dengan syarat yang ditetapkannya untuk Ahli Dzimmah telah disepakati oleh semua para sahabat, dan para fuqaha’ setelahnya, bahwa Ahli Dzimmah tidak boleh mendemonstrasikan hari rayanya di wilayah Islam. Para sahabat sepakat, bahwa merayakan hari raya mereka saja tidak boleh, lalu bagaimana jika kaum Muslim melakukannya, maka tentu tidak boleh lagi.

‘Umar pun berpesan:

إِيَّاكُمْ وَرِطَانَةَ الأَعاَجِمِ، وَأَنْ تَدْخُلُوْا عَلَى الْمُشْرِكِيْنَ يَوْمَ عِيْدِهِمْ فِيْ كَنَائِسِهِمْ فَإِنَّ السُّخْطَةَ تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمْ [رواه أبو البيهقيإسناد صحيح].

“Tinggalkanlah bahasa kaum ajam (non-Arab). Janganlah kalian memasuki (perkumpulan) kaum Musyrik dalam hari raya mereka di gereja-gereja mereka. Karena murka Allah akan diturunkan kepada mereka.” (Hr. al-Baihaqi dengan Isnad yang Shahih).

Dari Penjelasan diatas sangat jelas bahwa mengirimkan DP BBM Ucapan selamat Natal itu sama juga seperti mengucapkan selamat natal yang hukumnya adalah Haram .

Baca juga : Hukum Merayakan Natal Bagi Umat Islam Versi Muhammadiyah

Demikian Gambar DP BBM Ucapan Selamat Natal Menurut Hukum Islam. Terima kasih

Advertisement