Gereja Di Aceh Tanpa Izin 10 Jumlahnya

964

Gereja Di Aceh – Pertikaian massa terjadi di Kabupaten Aceh Singkil. Berita yang tersebar baik melalui Video Youtube ataupun dari Surat kabar Online di Masyarakat setempat, Penyebab kerusuhan karena Ulah Gereja yang membabi buta mendirikannya, Gereja Di Aceh Tanpa Izin 10 Jumlahnya yang pada Akhirnya Massa yang merasa dirugikan menuntut agar sebagian gereja di daerah itu dibongkar, karena dikira menyalahi ketentuan atau Tak Berizin (Gereja Liar).

” Pertikaian antara umat Islam VS Nasrani itu pemicunya adalah pada tahun 1979 M, ada kesepakatan dari Pentolan Nasrani cuma bangun satu gereja serta empat undung-undung. Terakhir berkembang orang-orang minta Pemkab menertibkan gereja yang tidak berizin, ” kata Kabag Humas Pemkab Aceh Singkil, Kaldum.

Menurut Kabag Humas Pemkab Aceh Singkil, Desakan massa itu menguat mulai sejak sepekan yang lalu. Karena langkah Pemkab dikira lamban, jadi Massa ini merasa kewajiban batin untuk membereskannya.

” Lantaran langkah Pemkab dikira lambat. Awalannya mereka ingin membongkar, namun tidak direspon. Maka dari itu pecah pertikaian hari ini, ” tutur Kaldum.

Buntut kerusuhan itu, Gereja Tak Berizin di Kecamatan Gunung Meriah dibakar massa. Bahkan Disisi lain, jatuh dua korban tewas dan empat luka-luka.

Aceh Singkil Rusuh, Satu Tewas dan Tujuh Lainnya Terluka

Dalam Berita Islam hari ini. Kerusuhan di Desa Sukai Makmur, Kabupaten Aceh Singkil, Propinsi Aceh, sudah memakan korban. Satu orang warga tewas, sedangkan sebagian yang lain terluka, termasuk juga TNI, Karena Ulah Teroris Nasrani yang menembak dengan Senjata Rakitan.

“Sebetulnya ini terjadi antara dua kelompok masyarakat, motifnya berlatar belakang agama. Se orang tewas, dari warga dan tujuh orang lainnya luka-luka,” kata Bupati Aceh Singkil, Safriadi.

Diantara ketujuh orang yang terluka itu, tutur Bapak Bupati Aceh Singkil, enam datang dari warga, sedang yang lainnya adalah prajurit TNI. Semua korban sudah dibawa ke rumah sakit untuk dirawat.

Insiden Kerusuhan Aceh di Singkil berlangsung di Desa Sukai Makmur, kiranya sekitar jam 11.00 WIB. Kerusuhan Aceh Singkil Karena Ulah Gereja Tak Berizin alias Liar dan akhirnya Massa yang sudah habis kesabarannya mendatangi salah satu gereja di Desa Sukai Makmur, serta membakarnya.

Dalam Kasus Islam Vs Kristen, Massa yang emosinya terluap-lupa tersebut yang jumlahnya beberapa ratus orang, menurut sang bupati, membakar satu bangunan gereja serta satu undung-undung atau rumah beribadah memiliki ukuran kecil. Saat-saat akan menuju ke tempat ketiga, Mujahidin Aceh Singkil ini dicegat oleh polisi serta tentara.

Safriadi menyebutkan kondisi di daerahnya saat ini sudah mulai tenang dengan penjagaan penambahan dari polisi serta TNI.

Berikut 10 gereja yang  sepakat untuk dibongkar, karena gereja liar yaitu:

  1. GKPPD Ds Sukamakmur, Kecamatan Gunung Meriah
  2. GKPPD Pertabas
  3. GKPPD Kuta Tinggi
  4. GKPPD Tutuhan
  5. GKPPD Dangguran, Kec. Simpang Kanan.
  6. GKPPD Mandumpang
  7. GKPPD Siompin
  8. GMII Siompin, Kecamatan Suro
  9. GKPPD Situbuhtubuh, Kecamatan Danau Paris.
  10. Gereja Katolik Lae Balno, Danau Paris.

Baca Juga : Foto Bayi Lucu dan Apa Itu Wahabi Salafi. Sampai jumpa