Harga Batu Akik Sekarang Turun Jadi Rp 5 Ribu

1517
Advertisement

Harga Batu Akik yang pada dasarnya dapat mencapai ratusan juta rupiah dan bahkan ada yang miliaran rupiah Seperti Batu akik termahal yang mencapai 2 Miliar rupiah dan batu akik motif bulu macan yang harganya dapat mencapai ratusan juta rupiah, kini mulai turun. Ada sejumlah faktor yang menyebabkan harga batu mulia tersebut turun.

Berdasarkan apa yang ditelesuri di pasar-pasar, kini telah banyak batu sintetis (batu palsu) yang dijual bebas. Para pembeli tidak me-ngetahui apa-kah batu yang dibeli asli ataupun tidak. (Baca : Cara Mengetahui Batu Akik Asli atau Palsu)

Advertisement

Selain hal yang demikian yang menyebabkan harga batu akik jadi murah juga  tidak adanya standarisasi harga batu akik yang dijual bebas. Sejumlah pembeli dan juga penjual dapat transaksi sesukanya tanpa ada aturan yang mengikat.

“Akibatnya harga batu akik ini jadi anjlok, ” keluh Seorang pedagang batu akik di Gorontalo.

Ada juga hal yg lain yang dikeluhkan pedagang batu akik ialah sikap para pejabat di lingkungan pemerintahan yang cuma datang meminta batu akik pada pedagang, beserta lebih memilih mem-beli batu milik pedagang dari daerah yg lain.

Seperti yang diberitakan dalam sebuah festival batu akik yang digelar di Gorontalo terjadi hal yang sangat mengejutkan, sebab kebanyakan para pedagang mengobral batu akik seharga Rp 5 ribu.

Dengan Harga Batu Akik yang terbilang sangat murah tersebut, pengunjung dapat membawa pulang dua bongkahan batu akik hanya dengan 5 ribu rupiah.

Baca juga : Batu Akik Mata Dewa dan Batu Akik Zamrud. Sampai

Advertisement