Harga Batu Giok Aceh Asli Kian Melambung

2408
Advertisement

Harga Batu Giok Aceh Asli Kian Melambung – Harga giok di Aceh Tengah kian melambung, seiring dengan permintaan akan batu giok yang terus mengalami meningkat dalam beberapa bulan terakhir ini. Untuk 1 Kg, harganya ada yang seperti harga emas, Harga batu giok aceh mencapai jutaan rupiah, seiring belum ada regulasi dari pemerintah Aceh itu sendiri, kecuali harga yang berlaku di pasar bebas.

Berbicara mengenai Harga Batu Giok Aceh Asli, Edi, salah seorang kolektor batu di Aceh Tengah mengatakan bahwa berlaku hukum ekonomi, dimana harga semakin tinggi, kalau barang2nya sedikit, tetapi permintaan tinggi. Lebih-lagi untuk kali ini, indocrase jenis solar maupun bio solar, mencapai jutaan rupiah / kg, lebih-lagi harga dapat lebih tinggi kalau kualitas batu giok aceh yang dijual bermutu tinggi.

Advertisement

“Sebenarnya indocrase banyak jenisnya, ada solar dan juga bio solar. jenis tersebut cuma bahasa pasaran aja,” ujarnya. Disampaikan, untuk batu giok indocrase, terbagi kedalam berbagai ratusan jenis, diantaranya jenis solar, bio solar, lumut, totol gerimis, totol jarum, belimbing, neon, beserta beragam jenis lainya.

Selain batu akik, penamaan batu giok, bukanlah nama sebenarnya ataupun nama ilmiah, melainkan cuma penyebutan disesuaikan dengan bentuk dan juga warnanya saja. Harga Batu Giok Aceh kisaran harganya mulai dari harga Rp 3 juta, hingga dengan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Sebab memang batu mulia dari daerah ini berkualitas tinggi, ”bebernya.

Sebelumnya dilaporkan, bongkahan batu giok dibeli oleh pedagang pengumpul yang harganya berkisar antara Rp 150 ribu hingga Rp 400 ribu/kg, tergantung kualitas dan juga jenisnya. Pedagang batu giok, Iman, Seorang warga Belang Kolak Takengon menyatakan, semenjak sebulan terakhir, banyak warga yang berburu batu giok ke wilayah Linge. Iman menyebutkan bahwa perburuan tersebut bukanlah cuma untuk dijual, disebabkan harganya yang menggiurkan, tetapi juga dipakai selaku perhiasan pribadi. (Baca : Batu Giok Aceh jadi perhiasan kaum wanita)

“Harga batu giok yang dibeli di lokasi penggalian berkisar antara Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu / kilogram, dan ada juga yang mencapai Rp 400 ribu / kilogram, ” ujarnya. Menurut dia, batu giok asal Gayo tidak kalah me-narik dengan batu giok di kawasan lainnya di Aceh.

Lihat juga : Foto foto batu akik dari berbagai jenis yang indah

Advertisement