Harga Batu Merah Delima Asli dan Khasiat Akik MD

3153
Advertisement

Harga Batu Merah Delima – Batu merah delima ialah jenis batu akik langka yang tidak sembarang orang dapat memiliki, disamping harganya yang amat mahal dapat mencapai ratusan juta rupiah, batu ini juga diyakini cuma dapat dimiliki orang-orang pilihan yang beruntung saja.

Harga batu merah delima kini semakin tinggi nilai jualnya, terutama sejak tren batu akik yang semakin memasyarakat, merah delima juga semakin dikenal. Harganya batu akik ini terus naik tajam, karena banyak kolektor yang ingin memiliki. Jika seseorang bisa memiliki batu merah delima, itu bisa menjadi nilai lebih tersendiri. Selain bentuknya yang indah kemerahan, ternyata merah didalam merah delima juga tersimpan mitos sebagai batu bertuah. Sebagian masyarakat mempercayai kalau batu merah delima memiliki kekuatan alami yang bisa melindungi pemiliknya. Meskipun demikian, tapi ada juga yang tidak mempercayainya. Hanya sebatas memiliki nilai seni sehingga mereka mengoleksinya.

Advertisement

Batu merah delima yang ada kali ini umumnya diperjual belikan dengan sebutan batu ruby. Namun ada juga yang kebanyakan orang percaya bahwa memang batu akik delima ghaib memang benar-benar ada dan juga disebut mustika merah delima.

Cara Mengetahui Batu Akik Merah Delima Asli dapat diperhatikan tips-tips dibawah ini.

Tingginya nilai jual Batu Merah Delima menyebabkan munculnya banyak bentuk Batu Merah Delima tiruan. Namun ada sejumlah cara untuk menguji keaslian batu merah delima ini, diantaranya:

  1. Letakkan Batu Merah Delima tersebut ke dalam gelas mengandung air putih bersih. Tunggu dalam sekejap, maka air maupun gelasnya bakal berubah warnanya men-jadi merah. Lebih-lagi gelas-gelas yang ada di sekitarnya juga dapat berubah warna men-jadi merah akibat pengaruh batu tersebut, Maka batu itu asli.
  2. Keaslian sebuah buah Batu Merah Delima juga terletak kepada kekuatannya. Instansi yang berwenang untuk mengujinya umumnya memiliki alat untuk dapat mengetahui kekuatan Batu Merah Delima. Kalau batu tersebut tidak pecah bila dipukul dengan kekuatan tertentu, dapat dijamin keasliannya.
  3. Harga Batu Merah Delima amat mahal, dari ratusan juta hingga miliaran rupiah. Sebab tersebut bila ada pedagang yang menjual batu permata jenis ini dengan harga cuma sejumlah juta, maka patut dipertanyakan keasliannya.

Bagi Anda yang belum pernah melihat merah delima, sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu ciri dari batu ini. Ketika Anda berencana untuk membeli, setidaknya Anda sudah tahu cirri-ciri merah delima. Hal ini bertujuan agar supaya Anda tidak tertipu dengan batu palsu. Terlebih lagi jika Anda yang menjual dengan harga batu merah delima yang murah. Kita harus teliti apakah batu tersebut asli atau palsu. Harga batu merah delima asli tentu bisa mencapai jutaan rupiah. Kemudian, seperti apa ciri-ciri batu mustika merah delima yang asli, Anda bisa melihat keaslian batu dari beberapa sisi.

Khasiat Batu Merah Delima

Menurut cerita, bagi siapa saja yang beruntung dan juga berhasil memiliki sebuah batu merah delima maka manusia tersebut bakal men-jadi manusia sakti mandraguna, dapat menghilang, berwibawa, disegani, dicintai banyak orang, anti sajam, ataupun apa saja yang dinginkan dapat terkabul (mitos).

Namun hingga kali ini belum pernah ada kabar siapa saja pemilik batu tersebut ataupun bisa jadi saja pemiliknya tidak menceritakannya pada orang lain sebab harus menjaga pantangan agar batu merah delima tersebut tidak menghilang.

Batu merah delima termasuk dalam jenis batu mustika. Banyak juga yang memberi nama Ruby Saphire. Sesuai dengan namanya, batu merah delima memiliki ciri warna merah gelap. Kadang ada juga yang memiliki warna seperti merah darah. Keunggulan dari batu merah delima adalah batu ini termasuk dalam jenis batu mulia atau permata. Sudah barang tentu harga batu merah delima cukup menguras kantong kita. Bahkan, ada merah delima yang harganya bisa mencapai puluhan juta. Jenis tersebut yang termasuk dalam mustika merah delima yang diyakini memiliki kekuatan.

Batu merah delima jika dilihat dari sisi ilmiah merupakan bebatuan permata yang terbentuk atas beberapa unsur mineral. Selain itu, terbentuknya merah delima juga dipengaruhi oleh faktor vegetasi alamiah. Proses ini bisa bersumber dari hewan, tumbuhan yang terbentuk dalam kurun waktu ratusan bahkan ribuan tahun. Semakin lama usia batu tersebut, maka tingkat kekerasan dan kualitas batu semakin baik. Jika sudah demikian, maka akan semakin mahal pula harga batu merah delima. Tergantung pada jenis merah delima, ada jenis merah delima siam, retak seribu dan sebagainya. Harga batu merah delima siam dan sejenisnya juga mahal.

Meneliti keaslian batu merah delima sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda harus melihat dari ciri khas yang terdapat pada batu merah delima, seperti bentuk atau ukurannya, merah delima menyerupai biji merah delima. Memiliki warna merah yang natural, berbeda dengan batu palsu biasanya terdapat gelembung di dalam batu. Itu bisa dipastikan kalau batu merah delima palsu atau sintetis. Harga batu merah delima palsu biasanya setengah harga dari harga asli. Cara melihat keaslian batu ini juga memiliki ciri. Jika dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air, maka air yang ada di dalam gelas akan berubah warna merah menyala.

Baca Juga : Batu Kalimaya Banten dan Batu Black Opal khas Banten.

Jika Anda kurang yakin dengan kualitas dan keaslian, ada lembaga khusus tentang penelitian geologi yang bisa Anda mintai bantuan. Anda bisa membuktikan kualitas batu tersebut, apakah asli atau palsu. Jika batu tersebut asli, maka bisa disertakan sertifikat sehingga keaslian batu merah delima bisa dipertanggung jawabkan. Demikian beberapa hal yang perlu Anda ketahui jika ingin membeli batu dengan harga batu merah delima yang melambung. Semoga bermanfaat dan salam gems lover.

Advertisement