Harga dan Khasiat Batu Tiger Eye

912
Advertisement

IDJOEL.COM – Batu Tiger Eye atau mata harimau ini ternyata tidak semahal rata-rata batu akik lainnya, seperti apa istimewanya batu yang kedengaran sangar ini?

Batu Tiger Eye atau dalam Bahasa Indonesianya adalah Mata Harimau ini adalah salah satu primadona batu akik yang memiliki pesona luar biasa. Dinamakan mata harimau karena memang jika kita memandanginya, batu itu nampak seperti mata harimau yang tengah merenung tajam. Batu ini juga dikenal dengan nama Tiger Iron yang coraknya memiliki kemiripan dengan batu cincin berjenis Cats Eye atau Mata Kucing. Ciri keduanya hampir sama pula tapi Tiger Eye ini mempunyai garis melintang yang lebih dominan dan lebar daripada si mata kucing. Berikut ini ulasan menarik seputar asal-muasalnya serta khasiat yang tentu dinantikan oleh para penggemar batu akik.

Advertisement

Mengenal Batu Akik Tiger Eye Lebih Dalam

Batu Tiger Eye atau batu mata harimau ini diberi nama demikian karena memang jalur dan warna cahaya yang dipancarkan dan bila dilihat secara seksama, kita bisa melihat bahwa warna domainnya merupakan campuran kuning dan hitam terkombinasi dengan warna oranye dan cokelat. Bahkan dalam skala Mohs, kekerasan dari batu yang dapat ditemukan di Cina, Jerman, Australia Barat, Rusia, dan Afrika Selatan ini adalah 7. Batu ini juga diminati oleh semua kalangan masyarakat meski terkadang ada beberapa yang masih suka bingung dalam membedakannya dengan batu mata kucing yang memang sekilas tampak mirip.

Kesamaan yang ditemukan antara batu akik Tiger Eye dan batu Cats Eye adalah sifatnya yang sama-sama Chatoyant alias sama-sama bisa memantulkan kilau atau sinar dari garis di bagian tengah batu; tapi jika soal perbedaan, unsur pada kedua batulah yang menjadi intinya. Soal harga batu akik Tiger Eye, lebih rendah dari harga batu Cats Eye; meski menjadi salah satu primadona, tidak perlu merogoh kocek terlalu berlebih bila ingin mendapatkan batu akik satu ini. Informasi harga yang beredar di pasaran ternyata hanya dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah saja, tapi ukuran batu menentukan tinggi harganya.

Batu Tiger Eye dan Cats Eye memiliki pesona yang berbeda meski sekali lihat nampak sejenis atau kembar, Chatoyant keduanya tidak sama; Chatoyant atau Chatoyancy adalah warna atau kilau cahaya hasil pantulan dalam band fibrosa parallel tipis yang berubah. Efek tersebut berasal dari kandungan struktur serat pada batu itu sendiri. Jika ingin efek terbaik dari si batu, batu kudu dipotong dan diasah secara tepat dalam bentuk cabochon supaya efek batu akik Tiger Eye itu sendiri betul-betul terpancar dan terlihat.

Cincin Batu Tiger Eye

Khasiat Batu Tiger Eye

Layaknya batu akik lainnya, meski tergolong tidak terlalu mahal, ada beberapa khasiat batu akik Tiger Eye yang diyakini bakal dirasakan dan dialami oleh para pemilik batu, seperti halnya:

  1. Mengatasi tekanan darah tinggi.
  2. Menenangkan pikiran waktu sedang ada masalah.
  3. Meningkatkan kepercayaan diri dan rasa aman.
  4. Jimat keselamatan ke manapun si pemilik pergi.
  5. Membuat penyakit yang berhubungan dengan lambung dan pencernaan terasa lebih ringan.
  6. Mencegah kecanduan alkohol.
  7. Membuat mata rabun menjadi lebih jelas.
  8. Melindungi dari binatang buas.
  9. Membuat hidup lebih tentram dan menciptakan keharmonisan.
  10. Menambah keberanian dan keperkasaan untuk kaum laki-laki.
  11. Meningkatkan energi dalam tubuh.
  12. Meningkatkan kinerja organ dalam tubuh, seperti hidung, tenggorokan, ginjal, limpa, dan organ lainnya.

Baca Juga : Batu Red Borneo

Percaya tidaknya akan khasiat yang dibawa oleh batu Tiger Eye tersebut kembali lagi kepada orangnya masing-masing. Biasanya batu ini dimanfaatkan untuk membuat liontin atau cincin, tapi bisa cukup dengan menyimpannya di dalam dompet. Perawatannya pun mudah, hanya dengan mencuci dengan sabun biasa plus lap lembut, batu akik Tiger Eye bisa digosok perlahan dan mengeringkannya hanya cukup diangin-anginkan saja.

Advertisement