Hari Diabetes Sedunia 14 November Diperingati Setiap Tahun

1181
Advertisement

Hari Diabetes Sedunia 14 November Diperingati Setiap Tahun – Tiap tanggal 14 Bulan november tahun berjalan senantiasa diperingati Hari Diabetes Seluruh dunia. Peringatan bertujuan untuk mempertinggi kewaspadaan global terhadap risiko penyakit Diabetes. Peringatan hari Diabetes Seluruh dunia ini ditujukan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat di beragam belahan dunia menggiatkan beragam aktivitas untuk mencegah angka kesakitan Diabetes yang makin meningkat tiap tahunnya.

Peringatan Hari Diabetes Seluruh dunia diawali oleh IDF dan WHO. Tanggal yang diambil yaitu 14 Bulan november karena tanggal tersebut merupakan hari kelahiran dari Frederick Banting, dimana beliau bersama dengan Charles Best menemukan bahwa memang insulin dapat dipakai untuk pengobatan pasien diabetes pada tahun 1922.

Advertisement

Semenjak tahun 1991 tiap tahunnya, IDF ataupun International Diabetes Federation dan juga WHO telah menetapkan tanggal 14 Nopember selaku Hari Diabetes. Akhirnya pada tahun 2007, Hari diabetes ini resmi Sebagai Hari Diabetes Dunia.

WHO memperkirakan kali ini ada lebih dari 346 juta orang menderita diabetes di seluruh dunia. Angka ini diperkirakan bisa 2 kali lipat pada tahun 2030 kalau tidak dilakukan intervensi. Data WHO tahun 2008, di Indonesia, diabetes adalah penyebab kematian nomor satu dari angka kematian yang disebabkan oleh Penyakit Tidak Menular.

Diabetes mellitus (DM) didefinisikan selaku suatu penyakit ataupun gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid dan juga protein selaku akibat insufisiensi fungsi insulin. Insufisiensi fungsi insulin dapat disebabkan oleh gangguan ataupun defisiensi produksi insulin oleh sel-sel beta Langerhans kelenjar pankreas, ataupun disebabkan oleh kurang responsifnya sel-sel tubuh terhadap insulin.

Baca juga : Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami dan BPJS Kesehatan: Apa Itu Jaminan Kesehatan, Maksud dan Tujuan?

Advertisement