Hikmah, Makna Dan Keutamaan Tahun Baru Islam Hijriyah 1 Muharram

3408
Advertisement

Hikmah, Makna Dan Keutamaan Tahun Baru Islam Hijriyah 1 Muharram – Tahun Baru Islam 1 Muharram mempunyai arti bulan haram ataupun bulan suci.. Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal ST, MSc, Ustadz Pesantren Darush Shalihin di Dusun Warak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta jua menyatakan sedikitnya ada dua arti mengapa 4 bulan suci Dzulqa’idah, Dzulhijjah, dan juga Rajab selain Muharram disebut bulan haram.

“Al Qodhi Abu Ya’la rahimahullah menyatakan, ”Dikatakan bulan haram sebab ada dua arit, yaitu :

  1. Pada Bulan tersebut diharamkan beragam pembunuhan. Orang-orang Jahiliyyah dimasa Rasulullah SAW pun meyakini demikian.
  2. Pada bulan tersebut larangan untuk melaksanakan perbuatan yang haram lebih ditekankan ketimbang bulan yang lainnya sebab bulan tersebut sangat mulia. Demikian pula ketika itu amatlah baik untuk melaksanakan amalan ketaatan. ”Dikarenakan ketika itu ialah waktu amat baik untuk melaksanakan amalan ketaatan, sampai-sampai para salaf amat suka untuk melaksanakan puasa pada bulan haram tersebut.
Advertisement

Sufyan Ats Tsauri menyatakan, ”Pada bulan-bulan haram, saya amat senang berpuasa di dalamnya. ”

Ibnu ’Abbas RA menyatakan, ”Allah SWT mengkhususkan 4 bulan tersebut bulan haram, dianggap selaku bulan suci, melaksanakan maksiat pada bulan tersebut dosanya lebih besar, dan juga amalan sholeh yang dilakukan akan mendapatkan pahala yang amat sangat banyak.

Rasulullah SAW bersabda, ”Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada syahrullah (bulan Allah) yaitu Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.”

Bulan Muharram benar-benar sangat istimewa sebab disebut syahrullah yaitu bulan Allah, dengan disandarkan kepada lafazh jalalah Allah. Sebab disandarkannya bulan ini kepada lafazh jalalah Allah, ini-lah yang memperlihatkan keagungan dan juga keistimewaannya.

Perkataan yang amat bagus dari Ustadz As Zamakhsyari, kita nukilkan dari Faidhul Qodir, Rahimahullah menyatakan, ”Bulan Muharram ini disebut sebagai bulan syahrullah (bulan Allah), disandarkan kepada lafazh jalalah ’Allah’ untuk memperlihatkan mulia dan juga agungnya bulan tersebut, seperti mana pula kita menyebut ’Baitullah’ (rumah Allah) ataupun ’Alullah’ (keluarga Allah) ketika menyebut Quraisy.

Baca Juga Informasi lainnya yaitu Ucapan Selamat Tahun Baru Islam dan Kata Kata Mutiara Cinta. Sekian Informasi mengenai Hikmah, Makna Dan Keutamaan Tahun Baru Islam Hijriyah 1 Muharram ini menjadi bermanfaat bagi kita semua.

Advertisement