Hukum Mencukur Bulu Kemaluan

IDJOEL.COM – Hukum Mencukur Bulu Kemaluan dalam Islam bagi pria dan wanita adalah sunah. Mencukur bulu kemaluan sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan di sekitar kemaluan.

Apa Hukum mencukur bulu kemaluan? Ya, sebelum kita membahasnya ada beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai buku kemaluan. Bulu kemaluan adalah sebuah tanda yang menyatakan bahwa seseorang, baik laki-laki ataupun perempuan telah mengalami pubertas atau kematangan. Sebab adanya pertambahan dan perubahan hormon ketika menjelang masa transisi atau peralihan seorang remaja menuju dewasa. Kehadiran bulu kemaluan sendiri tidak dapat di katakan sebuah masalah sebab hal ini adalah kodrat alamiah semua orang yang mengalami pubertas. Hanya saja, pada sebagian orang kehadiran bulu yang terdapat pada area kemaluan menjadikannya merasa risih.

Hukum mencukur bulu kemaluan sendiri sebenarnya tidak ada larangan, terlebih lagi menurut Agama Islam sendiri, Nabi selalu menganjurkan setiap umatnya agar selalu membersihkan diri, yaitu salah satunya dengan mencukur bulu kemaluan dengan teratur. Namun, untuk ada tata cara mencukur bulu kemaluan tersendiri karena kita juga tidak diperkenankan menghilangkan bulu di sekitar kemaluan tersebut. Sebab kehadiran rambut kemaluan ini memiliki manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Bulu Kemaluan

Sebelum kita membahas hukum mencukur bulu kemaluan, ada baiknya kita mengenal manfaat dari bulu kemaluan, sebagai berikut ini:

  1. Untuk melindungi area di sekitar tumbuhnya bulu kemaluan, sebab area ini tergolong sangat sensitif, khususnya untuk kemaluan wanita yakni vagina.
  2. Dapat memberikan kehangatan di sekitar area tumbuhnya bulu kemaluan.
  3. Bentuk dari proses pubertas atau kematangan secara seksual.
  4. Tempat berkumpulnya pengeluaran dari feromon, sebagai zat kimia untuk mengatur aktivitas seks.
  5. Meminimalisir terjadinya gesekan ketika berhubungan intim.

Walaupun bulu kemaluan terletak di area yang tersembunyi, tidak berarti bulu kemaluan tersebut lepas dari perawatan, sama halnya ketika kita membersihkan bulu rambut yang ada kepala maupun yang ada di ketiak. Untuk itu, baik perempuan maupun laki-laki sebaiknya selalu menjaga kerapian dan kebersihan bulu kemaluan agar tetap dijaga.

Mencukur Bulu Kemaluan

Tips Untuk Merawat Bulu Kemaluan

Dalam Hukum Islam, hukum mencukur bulu kemaluan adalah sunah bagi setiap umat Muslim, seperti yang sudah dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW. Jika Anda hendak mencukur bulu kemaluan, sebaiknya perhatikan beberapa tips merawat bulu kemaluan di bawah ini:

  1. Bulu kemaluan lebat yang tak pernah dibersihkan atau dirapikan bisa menyebabkan tumbuhnya kuman, bakteri, kutu hingga jamur sehingga bisa menyebabkan timbulnya beragam penyakit. Maka dari itu, kenapa Islam menjelaskan mengenai hukum mencukur bulu kemaluan untuk kepentingan kebersihan. Adapun mencukurnya harus sesuai dengan tata cara yang tepat.
  2. Sangat tidak dianjurkan bagi Anda untuk mencukur bulu kemaluan melalui cara yang salah, yakni dengan mencabutnya sebab dapat menyebabkan luka iritasi pada area tumbuhnya bulu kemaluan tadi. Nah, luka kecil inilah yang menjadi pemicu masuknya jamur atau kuman sebagai penyebab infeksi di area kemaluan.
  3. Cara merawat bulu kemaluan berikutnya adalah dengan memperhatikan kesehatan kulit. Apabila ada kemerahan, bintil, gatal, perih dan nyeri bisa jadi sebagai indikasi kulit yang tidak sehat. Sehingga dapat mempengaruhi keadaan dari bulu pubis. Jika Anda merasakan hal ini, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan atau berkonsultasi ke dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jadi, sebelum Anda mencukur bulu kemaluan maka harus memperhatikan tata cara dan hukum mencukur bulu kemaluan dengan tepat agar Anda tidak salah mengaplikasikannya.

Pilihan Cara Mencukur Bulu Kemaluan

Jika Anda sudah mengetahui hukum mencukur bulu kemaluan yang sudah di jelaskan di atas, ada beberapa metode atau cara mencukur bulu kemaluan yang bisa dipilih dengan mempertimbangkan baik buruknya berikut ini:

1. Memakai Metoda Electrolysis

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencukur bulu kemaluan adalah dengan metode electrolysis. Metode ini merupakan teknik mencabut bulu secara permanen hingga habis, hanya saja harganya terbilang cukup mahal. Selain itu, seperti sudah dijelaskan pada pembahasan hukum mencukur bulu kemaluan di atas di mana kita tidak dianjurkan untuk mencabut bulu hingga habis, maka Anda wajib berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis.

2. Metode Laser

Selain metode electrolysys, teknik mencukur bulu kemaluan berikutnya adalah dengan menggunakan metode laser yang juga tergolong mahal. Hal yang pasti untuk melakukan metode cukur rambut yang satu ini, tentu harus dilakukan oleh orang yang benar-benar sudah ahli. Biasanya ketika menggunakan laser maka kulit akan menjadi sedikit bengkak dan kemerahan. Untuk itu, sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter spesialis terlebih dahulu.

3. Memakai Krim Penghilang Rambut Kemaluan

Untuk pria juga bisa memakai cara memakai krim penghilang rambut kemaluan. Namun, Anda juga perlu waspada karena tidak semua jenis krim cocok di aplikasikan di daerah kemaluan karena bisa menyebabkan terjadinya iritasi. Jadi, sebelum melakukan cara ini Anda wajib mengkonsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis.

4. Memakai pisau cukur

Bagi pria ataupun wanita, sebenarnya bisa saja memakai pisau cukur hanya saja terkadang untuk wanita memang tidak bisa menimbulkan iritasi terlebih lagi jika dicukur habis. Berdasarkan hukum mencukur bulu kemaluan, kita cukup membersihkan dan merapikannya saja tanpa harus membuat kulit teriritasi akibat mencukur bulu kemaluan sampai habis.

Walaupun hukum mencukur bulu kemaluan termasuk sunah, tentunya kita harus benar-benar memakai cara yang tepat dan aman agar tidak terkena dampak mencukur bulu kemaluan tersebut. Ada baiknya jika Anda mencukur bulu kemaluan dengan cara digunting saja agar tidak membuat kulit di sekitar area kemaluan terkena iritasi.

Lalu, apa sih manfaat dari mencukur bulu kemaluan itu? Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mencukur bulu kemaluan, yaitu sebagai berikut:

1. Menjaga Kebersihan Daerah Kemaluan

Dengan memotong bulu kemaluan secara rapi dan teratur, membuatnya menjadi lebih bersih dibandingkan Anda membiarkannya. Sebab, bulu kemaluan panjang yang tak terawat, menjadikannya sebagai sarang kuman atau bakteri yang bisa menyebabkan beragam penyakit timbul.

2. Memaksimalkan Ukuran Kemaluan Pria

Kemaluan pria yang tak mempunyai bulu kemaluan atau yang dipotong pendek, maka ukurannya akan terkesan lebih besar ketika terjadi ereksi. Hal inilah yang membuatnya bisa mengoptimalkan ukuran dari kemaluan pria.

3. Menarik Pasangannya

Manfaat yang didapat lainnya setelah mencukur bulu rambut dengan rapi bagi pria khususnya, adalah bisa menarik pasangan. Bulu kemaluan pria yang dicukur rapi, tentu terlihat lebih bersih dan menarik bagi pasangannya, sehingga membuat hubungan seksual terasa lebih nyaman.

4. Terlihat Lebih Sehat

Apabila Anda rajin mencukur bulu kemaluan, maka kemaluan Anda akan terkesan lebih sehat dan terawat. Selain itu, kemaluan Anda juga akan terlihat lebih rapi dan terhindar dari masuknya kuman atau bakteri pada bulu kemaluan.

Pilihan Editor : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Dengan penjelasan mengenai Hukum Mencukur Bulu Kemaluan Pria dan Wanita dan tata cara untuk mencukur rambut kemaluan dengan benar inilah, maka Anda bisa selalu menjaga dan merawat bulu kemaluan agar terhindar dari berbagai macam infeksi. Semoga bermanfaat!

tags: ,