Cerita Jodha Akbar dan Sejarahnya

1109
Advertisement

Cerita Jodha Akbar dan Sejarah di Belakangnya didasari oleh kisah percintaan antara raja Jalaludin Akbar dengan istrinya yang bernama Jodha Bai. Kisah cinta ini memiliki lintas agama, antara Islam dan Hindu.

Kisah cinta memang selalu menjadi cerita yang disenangi banyak orang. Banyak sekali kisah-kisah cinta fiktif yang tersebar di kalangan masyarakat. Diantara cerita-cerita fiktif tersebut beberapanya diangkat ke dalam layar Film, dengan tujuan supaya dapat memberi hiburan bagi banyak masyarakat penggemar cerita cinta. Tidak hanya cerita-cerita fiktif, nampaknya kini sudah cukup populer untuk mengangkat kisah cinta berdasarkan sejarah dunia. Cerita-cerita yang real inilah yang mengangkat rating suatu film. Terutama apabila ditambahi banyak bumbu dan intrik di dalam cerita. Salah satu cerita berdasarkan sejarah yang diangkat ke dalam Film Terbaru dan cukup populer di Indonesia adalah Cerita Jodha Akbar.

Advertisement

Cerita Jodha Akbar mengisahkan sebuah perjalanan cinta sejati diantara seorang raja Jalaludin Akbar dan ratu Jodha Bai. Kisah cinta tersebut diliputi dengan konflik-konflik politik pada masa pemerintahan Mughal. Kisah yang berlangsung pada tahun 1560-an atau sekitar abad 16 ini sangat menarik, terutama menyangkut tentang sejarah kerajaan Islam. Raja Jalal sendiri dikisahkan memiliki 36 orang istri dan selir yang berasal dari berbagai latar belakang dan agama yang berbeda. Ratu Jodha yang sangat dicintai sang raja sendiri memiliki agama Hindu, berbeda dengan sang Raja yang beragama Islam.

Singkat Cerita Jodha Akbar Dalam Sinetron

Di dalam sinetron yang mengangkat kisah Jodha Akbar ini tentu akan lebih menonjolkan kisah cinta diantara raja dan ratu daripada konflik di dalam istana yang terjadi. Sinetron ini memang menarik, bahkan sempat memiliki rating tertinggi di televisi Indonesia. Kisah yang menyentuh antara percintaan lintas agama ini tentu disukai banyak penikmat tayangan televisi, terutama untuk para ibu rumah tangga yang sedang beristirahat di depan televisi.

Jalaludin Akbar dalam cerita Jodha Akbar sendiri adalah seorang raja kerajaan Mughal yang telah diangkat menjadi raja sejak usianya masih 13 tahun. Ayahnya yang bernama Humayun lah yang meninggalkan tahtanya untuk si Jalal kecil. Namun, sebelum menikah nampaknya Jalal sudah dinikahkan oleh ayahnya dengan seorang putri bernama Ruqaiya Sultan Begum. Pernikahan ini pun didasari atas perjodohan yang dilakukan Raja Humayun dengan paman Ruqaiya.

Cerita Jodha Akbar

Sama halnya Kim Hyun Joong, Dalam sejarah yang diserap dalam sinetron cerita Jodha Akbar, Raja Jalal juga menikahi saudara Ruqaiya Sultan Begum, yaitu Salima Sultan Begum. Keduanya resmi menjadi istri Raja Jalal, dan disusul dengan pernikahan sang Raja dengan seorang putri bernama Jodha Bai. Pernikahan antara Raja Jalal dengan Jodha Bai sendiri sebenarnya hanya didasari karena ingin menyelamatkan kerajaan Mughal dan imperium Rajput yang ketika itu dikuasai oleh ayah Jodha Bai. Pernikahan yang sama sekali tidak memiliki ikatan agama tersebut kemudian menimbulkan banyak rasa benci pada banyak orang. Namun pernikahan dengan segala permasalahan tersebut justru malah membuat timbulnya rasa cinta sang raja kepada Jodha Bai yang melebihi dari istri-istri sebelumnya. Ruqaiya selaku istri pertama raja pun cemburu karena mengetahui perasaan cinta raja yang lebih tinggi kepada Jodha daripada kepadanya. Ia pun diceritakan selalu membuat rekayasa politik untuk menjauhkan Jodha dengan sang raja.

Kisah-kisah konflik dan intrik dari Ruqaiya itulah yang menjadi bumbu dalam cerita Jodha Akbar. Episode-episodenya selalu menciptakan permasalahan-permasalahan baru yang menjangkiti hubungan cinta sejati diantara Raja Jalal dan Ratu Jodha. Selain ratu Ruqaiya, kisah sinetron ini kemudian ditambahkan lagi dengan permasalahan-permasalahan yang ditimbulkan oleh Adam Khan. Adam Khan sendiri dikisahkan sebagai saudara angkat sang Raja yang sangat tangguh dan menjadi jenderal atau panglima besar perang. Namun, ketangguhan yang dimiliki Adam Khan tidak selaras dengan wataknya yang kurang baik.

Dalam sejarah Jodha Akbar, Adam Khan adalah salah satu anak yang dimiliki oleh Maham Angga yang merupakan pengasuh raja Jalal. Sebagai rasa kasih, Raja Jalal pun mengangkat Adam Khan menjadi saudara angkatnya. Di dalam kisah sinetron yang cukup mengharukan ini, pada akhirnya Adam Khan meninggal karena dijatuhi hukuman oleh raja Jalal sendiri. Ia didakwa karena telah menghilangkan nyawa saudaranya yaitu Adgah Khan. Maham Angga, selaku pengasuh Raja Jalal ketika kecil sendiri meninggal tidak lama setelah Adam Khan. Ia meninggal karena depresi atas kepergian anak-anaknya. Di dalam episode Jodha Akbar ini memiliki adegan yang sangat dikenang penggemarnya, yaitu pada saat raja Jalal memeluk dan menangis bersama Maham Angga sebelum kematian membawakan ajalnya.

Kisah Cerita Jodha Akbar dan Taj Mahal

Di dalam sinetron cerita Jodha Akbar, Jodha Bai ternyata menyembunyikan kehamilannya hingga pada waktu melahirkan tiba. Ia pun memiliki anak kembar yang diberi nama Hassan dan Hussein. Namun sayangnya, si kembar yang dilahirkan ini meninggal ketika mereka masih bayi. Tidak lama setelah itu, Jodha kembali hamil dan melahirkan Jahangir dan Danial. Jahangir merupakan putra raja yang kemudian meneruskan tahta Raja Jalal.

Kisah Jodha Akbar

Kisah cerita Jodha Akbar dan monumen Taj Mahal kemudian berlanjut pada Jahangir yang dewasa dan memiliki empat orang anak. Sesuai sejarahnya, keempat anaknya ini dinamakan Shahryar, Khurram, Parviz, dan Khusraw. Dari keempat anak raja ini, Khuram lah kemudian yang memiliki tahta kerajaan Mughal, meneruskan milik ayahnya sang raja Jahangir. Dari tangan Khuram lah Taj Mahal dibangun. Taj Mahal sendiri dibangun cukup lama, selama 22 tahun tepatnya pada tahun 1630 hingga 1653. Taj Mahal yang megah dan sangat terkenal di dunia ini melibatkan sekitar 20 ribu pekerja.

Taj Mahal sendiri akhirnya dinobatkan dalam 7 Keajaiban Dunia atau lebih dikenal sebagai Seven Wonders of The World. Taj Mahal juga menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO. Taj Mahal juga memiliki kisah cinta yang mengharukan. Dikisahkan Taj Mahal adalah sebuah bentuk cinta dari sang raja untuk mengenang istri yang paling dicintai yaitu Mumtaz Mahal. Mumtaz Mahal sebenarnya memiliki nama yaitu Mumtaz ul Zamani. Ia sebelumnya memiliki nama julukan Arjuman Banu Begum.

Dalam cerita Jodha Akbar, Mumtaz Mahal adalah seorang putri dari Abdul Hasan Asaf Khan. Kota Agra sebagai kota tinggal Mumtaz Mahal sendiri sangat bersuka cita karena kecantikan Mumtaz Mahal. Ia dinikahi oleh pangeran Khuram pada usia 14 tahun. Pangeran Khuram kemudian setelah menjadi raja dipanggil sebagai Raja Syah Jehan. Mumtaz Mahal adalah istri ke-3 dari Syah Jehan yang meninggal setelah melahirkan anak ke 14 nya, yaitu seorang putri.

Baca Juga : Biodata Audi Marissa Pacar dan Kariernya

Taj Mahal sendiri dibangun atas permintaan Mumtaz Mahal kepada suaminya sebelum ia meninggal. Konon, Mumtaz Mahal meminta sang raja untuk berhenti menikah dan membangun monumen cinta untuk menunjukkan kepada dunia tentang bukti cintanya pada Mumtaz Mahal. Sang raja yang sangat mencintai istrinya inilah kemudian lantas setuju dan segera membangun monumen megah sebagai bukti cinta yang ada pada keduanya. Di bangunan Taj Mahal itulah Mumtaz disemayamkan beserta besarnya cinta yang dimiliki Syah Jehan. Cerita Jodha Akbar sendiri merupakan cerita klasik percintaan nenek moyang percintaan Taj Mahal.

Advertisement